Cara Ampuh Mengatasi Komputer Atau Laptop Yang Tidak Mau Masuk Windows

Cara Ampuh Mengatasi Komputer Atau Laptop Yang Tidak Mau Masuk Windows - Halo sahabat troublekit, buat anda yang buka artikel ini pasti sedang mengalami masalah tidak bisa masuk windows hehe
pada kesempatan kali ini kita akan, kita akan membahas cara mengatasi komputer yang tidak mau masuk windows, pada saat anda menyalakan komputer proses booting berhenti ditengah jalan dan hanya menampilkan blue screen atau error. selamat anda sudah mengalami masalah yang sering terjadi untuk pengguna komputer hehe. tidak bisa masuk windows adalah salah satu permasalahan dari proses booting saat yang tidak tidak sempurna. mungkin yang pernah saya alami seperti tampilan di bawah ini


Bagi anda yang baru pertama kali mengalami yang mengerikan tersebut mungkin akan bingung dan panik. jangan panik mas bro tenang aja hal itu bisa terjadi karena ada beberapa hal, dari pada langsung ke klinik komputer mending cari tahu dan coba solusi berikut :

Penyebab Komputer Yang Tidak Mau Masuk Windows

1. Ada beberapa file dari sistem operasi yang terhapus, biasanya terjadi saat kita mengotak atik Local Disk (C:\) atau tempat file dari sistem operasi di instal.
2. Adanya virus yang menjadi penyakin masalah ini, biasanya setelah kita setelah anda menginstal software, browsing internet, ataupun menggunakan flashdisk tanpa proteksi dari antivirus.
3. Sistem Operasi yang rusak atau bisa terjadi saat instalasi tidak sempurna.
4. Sistem BIOS yang tidak di setting dengan benar atau tidak sengaja di rubah.

Dari penyebab di atas alangkah baiknya jika kita mencoba untuk memeriksa dan mengatasi hal tersebut dengan cara yang bisa digunakan seperti berikut :

Cara Ke 1 : Menggunakan Safe Mode



1. Langkah pertama masuk ke windows safe mode, untuk beberapa komputer saat beberapa waktu menyalakan komputer tekan F5, namun untuk beberapa komputer akan ada perbedaan tombol bisa di perhatikan setiap sudut monitor saat menyalakan komputer untuk melihat tombol tersebut.

2. Jika sudah berhasil masuk ke windows safe mode berarti masalahnya ada pada proses loading yang tidak bisa dibaca oleh sistem, untuk mengatasi hal tersebut yang anda lakukan adalah dengan cara menggunakan "MSconfig", Buka RUN dengan menekan tombol windows+R kemudian ketikan MSconfig, lakukan setting seperti berikut :


Cara Ke 2 : Custom Windows Instalation

Cara ke 2 ini hampir sama saat kita akan melakukan instal ulang namun pada saat kita pada menu "Which type of installation do you want" kita pilih yang bawah yaitu Custom: Install Windows only (advanced). kemudian instalkan ke partisi tempat instalasi windows yang kita gunakan.

Cara Ke 3 : Periksa Setting BIOS

1. Masuk ke menu setting BIOS.
2. Kemudian rubah pada semua settingan BIOS menjadi default agar kembali ke pengaturan semula.

Cara Ke 4 : Kerusakan Pada Driver VGA

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab dari permasalahan komputer yang tidak bisa masuk windows. untuk masalah ini anda bisa uninstal driver VGA pada windows safe mode, kemudian install kembali driver VGA tersebut.

Jika masalah masih berlanjut, ada kemungkin jika permasalahan terjadi pada bagian hardware yang lain, biasanya yang mengalami kerusakan tersebut adalah Hardisk, VGA, RAM, dan bisa saja terjadi pada motherboard.

Demikian beberapa Cara Mengatasi Komputer Atau Laptop Yang Tidak Mau Masuk Windows yang bisa anda coba sendiri. semoga artikel ini dapat memecahkan masalah yang anda alami.
Terima Kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments