Cara Membagi Bandwidth Tanpa Software Ke Komputer Client


Cara Membagi Bandwitch Tanpa Software Ke Komputer Client - Sebenarnya perlu anda ketahui untuk dapat membangun jaringan yang bagus kita memerlukan banyak sekali komponen dan beberapa setting yang perlu anda perhatikan. Misalnya dalam suatu kantor ataupun usaha anda akan memerlukan setidaknya satu jaringan pada 1 komputer server yang akan saling berhubungan satu sama lain dengan komputer client, dengan adanya hal tersebut akan ada banyak manfaat yang mungkin bisa kita peroleh dari setiap pengguna komputer.

Namun semakin banyak pengguna yang menggunakan akses internet pada client komputer berarti koneksi atau kecepatan internet kita akan menjadi lambat dan akan mengganggu aktifitas penggunaan internet. maka dari itu pada kesempatan kali ini troublekit akan mencoba membahas cara bagaimana membagi Bandwidth ke komputer client. hal ini akan mengantisipasi penggunaan internet yang berlebihan dari setiap komputer yang terhubung dengan komputer server.

Ada 2 Cara Untuk Membagi Bandwidth Yaitu :
1. Merubah settingan pada Windows atau Sistem operasi
2. Dengan menggunakan software bantuan untuk kontrol bandwidth

Namun pada kali ini kita tidak akan membahas membahas cara membagi bandwidth dengan software, melainkan membagi bandwidth tanpa software tambahan. ikuti cara berikut untuk memulai proses :

Cara Membagi Bandwidth Tanpa Software

Setting bandwidth pada sistem kita harus masuk ke program "local group policy editor". untuk mengatur "QoS Packet Scheduler"

1. Untuk menemukan QoS Packet Scheduler pertama anda buka program run (windows+R) ketikan gpedit.msc atau bisa ketikan gpedit.msc langsung pada pencarian menu start.

2. Setelah muncul tab "local group policy editor", di sana akan ada "Computer Configuration" dan di bawahnya ada 3 folder, anda pilih "Administrative Templates" dilanjutkan dengan memilih "Network". agar lebih jelas anda bisa liha gambar dibawah



3. Cari folder QoS Packet Scheduler dan klik folder tersebut, bisa dilihat pada bagian kanan ada yang namanya "Limit reservable Bandwidth", Klik pada bagian tersebut dan akan muncul tab baru.



4. Pada tab tersebut anda rubah Not configured menjadi Enable seperti gambar berikut :

5. Pada Bandwidth limit % anda atur bandwidth yang ingin anda batasi pada komputer tersebut. Jangan sampai di rubah jadi 0 ya, karena untuk nol artinya bandwidth pada komputer tersebut akan unlimited. jadi semakin besar anda memasukan angka maka bandwidth yang akan dibatasi untuk komputer tersebut semakin besar.


6. Jika sudah selesai anda bisa klik OK

Kelebihannya mungkin anda tidak perlu menggunakan software tambahan yang mungkin akan membebani komputer.
Kekurangannya jika anda memiliki banyak komputer client anda harus mengatur setiap komputer secara manual.

Demikian pembelajaran kita pada kali ini tentang Cara Membagi Bandwidth Tanpa Software.
Semoga tips dari troublekit bisa membantu, terima kasih :-)
Reactions

Post a Comment

0 Comments