Cara Mengatasi Error Grub Rescue Di Windows 7/8/10

Halo sahabat troublekit, seperti biasa ni admin ingin mengajak temen-temen belajar bersama mengatasi masalah seputar komputer. pada kali ini kita akan belajar apa yang sudah saya pelajari yaitu Cara Mengatasi Error Grub Rescue Di Windows 7. penyebab hal tersebut dikarenakan adanya kesalahan pada pengaturan grub, ketika komputer yang saya gukanan masih dual boot kemudian saya hapus salah satu OS yang digunakan yaitu linux. saya menghapusnya melewati disk management dan dan ingin mencoba tidak menggunakan software EasyBCD yang pernah kita bahas pada artikel Cara Menghapus Dual Boot, dan hasilnya muncul tampilan grub rescue seperti di pada gambar.


Jika anda sama mengalami hal tersebut dan ingin mengatasinya anda hanya perlu mengikuti prosedur berikut ini

Cara Mengatasi Error Grub Rescue :

1. Yang harus anda siapkan adalah CD/DVD instalasi dari windows 7 atau windows yang anda gunakan.
2. Caranya seperti kita akan menginstal ulang, namun ketika pada menu awal jangan klik instal now. tapi kita akan masuk ke Repair your computer seperti contoh gambar berikut


3. jika ada pilihan lain kita pilih next saja hingga muncul recovery tool, kemudian kita pilih Command Prompt pada menu recovery tool seperti gambar berikut.


4. Setelah muncul jendela Command Prompt ketikkan bootrec.exe /fixmbr di lanjutkan dengan menekan enter.
5. setelahnya ketikan bootrec.exe /fixboot lalu tekan enter
6. belum selesai setelah itu masukan kembali satu perintah bootrec.exe /rebuildbcd pada Command Prompt. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut


7. Setelah ada yang bertuliskan Successfully pada setelah kita memasukan 3 perintah tersebut, kita akan kembali ke menu recovery tool. pada tahap akhir ini kita hanya perlu memilih Startup Repair dan menunggu proses hingga selesai.


Setelah semua proses selesai komputer akan restart, biasanya setelah ini tidak akan muncul lagi grub rescue
Terima kasih sudah berkunjung pada pembelajaran kita kali ini tentang Cara Mengatasi Grub Rescue pada windows 7 ini, selain pada windows 7 anda bisa menggunakan cara ini untuk windows 8 dan windows 10.
Reactions

Post a Comment

2 Comments