4 Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer Dengan Mudah

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer - Untuk anda yang bekerja pada yang di sehari-harinya bekerja di bidang apapun yang selalu berhubungan dengan komputer pasti anda akan selalu menyimpan data yang anda simpan dan anda gunakan didalam komputer tersebut. tetapi di satu ketika anda tidak sengaja data atau file dari kerjaan anda terhapus karena mungkin anda tidak sengaja menekan tombol delete. tetapi jangan panik dulu, bukan berarti data dan file anda hilang secara permanen dan tidak bisa dikembalikan.



Ada 4 cara yang bisa anda coba untuk mengembalikan data yang terhapus pada komputer anda. berikut cara-caranya

(Baca Juga : Cara Menghapus Virus Shortcut Dengan CMD )

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer

1. Periksa Di Recycle Bin




Mungkin untuk sebagian dari temen-temen masih belum tahu atau kurang memperhatikan fungsi dari Recycle Bin ini. pada setiap komputer dengan sistem operasi windows pada dasarnya telah disediakan fitur Recycle Bin. fungsi dari Recycle Bin ini merupakan tempat dari file atau data yang sudah kita hapus. sebenarnya untuk pengguna windows recycle bin sepertinya sudah tidak asing lagi karena biasanya recycle bin otomatis akan muncul pada desktop windows anda.

Jika ada file yang memang tidak sengaja anda hapus anda bisa memeriksan pada recycle bin untuk melihat apakah file atau data anda masih ada atau tidaknya di recycle bin, tapi biasanya file tersebut tidak akan hilang jika sebelumnya anda tidak pernah menghapus data dari recyle bin atau Empty Recycle Bin.

2. Gunakan Restore Previously Versions




Untuk cara kedua ini anda bisa gunakan setelah anda tidak menemukan file yang anda cari pada recycle bin.

Untuk melakukannya anda langsung menuju tempat dimana file atau data anda tersimpan sebelumnya. setelah anda pada folder atau tempat dimana file tersebut sebelumnya ada hanya tinggal klik kanan pada folder atau tempat tersebut kemudian pilih menu Restore Previously Versions. dengan langkah ini ada kemungkinan file anda bisa kembali, Namun sebelumnya anda harus membuat System Restore terlebih dahulu, bisa anda baca di sini Cara Membuat System Restore

3. Cek File Yang Ada Di dalam Data Backup File

Jika cara 1 dan 2 belum bisa Mengembalikan data yang terhapus, coba anda mengingat kembali apakah sebelumnya anda sudah pernah melakukan backup data ke Flashdisk, CD/DVD, hardisk, dan media eksternal lainnya. jika anda sudah melakukannya anda bisa memeriksa semua media eksternal yang telah anda backup. ada kemungkinan juga data tersebut dapat di temukan dalam media eksternal.

Catatan :

Jika anda belum pernah menyimpan data backup di media eksternal, saya harapkan agar hal ini menjadi pembelajaran untuk kita agar nanti kedepannya kita backup data -data penting kita agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

4. Gunakan Software Yang Berfungsi Untuk Recovery File

Jika semua cara yang kita bahas tidak ada yang memuaskan anda, ada 1 saran lagi yang mungkin bisa anda coba yaitu dengan menggunakan software untuk mengembalikan data yang terhapus.
saya sarankan untuk menggunakan software yang bernama Recuva dan Undelete 360 untuk mengembalikan data anda.
kedua software tersebut adalah software gratis yang semoga bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah anda, untuk mendownload software tersebut anda bisa mencarinya di google. :-)

Semoga dari sharing kita kali ini Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer bisa membantu anda yang sedang mengalami kesulitan.
Terima kasih, semoha bermanfaat ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments