Pengertian DNS Server Dan Fungsi DNS Server

Pengertian DNS Server Dan Fungsi DNS Server - Dalam perkembangan seputar teknologi jaringan atau juga internet, sekarang ini ada yang dinamakan dengan DNS (Domain Name System). secara tidak langsung DNS ini telah membantu banyak orang ketika sedang berselancar di dunia internet seperti browsing, web server, kirim email, dan lain-lain. DNS bertugas untuk menterjemahkan sebuah domain ke IP address. bisa dibilang DNS seperti jembatan penguhubung antara domain dan IP address, sehingga kita dapat melakukan tujuan kita berselancar di internet.

DNS yang telah berhubungan dengan IP address akan berhubungan juga dengan DHCP server, DHCP server yang akan bertugas membantu membuat IP address dengan otomatis. untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih jauh tentang Pengertian DNS Server Dan Fungsi DNS Server.

Pengertian Dari DNS Server

Apa DNS (Domain Name System) itu??

DNS Server Berdasarkan Dari Wikipedia
Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

Apa DNS Server itu?

DNS Server adalah sistem server yang akan menerima permintaan dari user untuk melihat dan mengetahui sebuah alamat IP address yang dipakai oleh suatu domain. Contoh misalhnya domain dari google.com, dengan menggunakan tool online dari ipadress.com, kemudian anda bisa menemukan dan mengetahui IP address dari google yaitu 172.217.21.206. untuk lebih jelas bisa lihat gambar dibawah :



Fungsi Dari DNS

Pada umumnya kegunaan dan fungsi dari DNS maupun fungsi dari DNS server tersebut sangatlah diperlukan di dalam sebuah jaringan internet. untuk gambaran cara kerjanya bisa dilihat pada gambar berikut.




Fungsi DNS Domain Name System

1. DNS dapat berfungsi untuk menerjemahkan domain atau hostname menjadi alamat IP address atau sebaliknya menerjemahkan dari alamat IP address menjadi domain atau hostname. Misalnya untuk contoh kasus ini kita gunakan google.com lagi, orang-orang lebih sering mengetikan google.com dibandingkan dengan IP addressnya yaitu 172.217.21.206. dikarenakan naman google.com lebih mudah di ingat oleh kebanyakan pengguna internet.

2. DNS dipergunakan untuk melihat dan mengetahui informasi dengan lengkap tentang sebuah hostname yang ada pada internet baik itu berupa alamat lokasi server atau hostname, waktu yang digunakan, dan alamat IP address.

Fungsi DNS Server

Fungsi dari DNS server adalah sebagai database sebuah server untuk menyimpan alamat IP address yang berguna sebagai penamaan atau pemberi ID pada sebuah hostname. sehingga ketika kita mengetikan sebuah nama hostname seperti google.com maka DNS server tersebut akan segera menterjemahkan kepada IP address lalu menghubungkan ke google.com dan pada akhirnya akan muncul google.com pada layar kita. 

Bisakah Kita Membuat DNS Server?

Tentu bisa, Jika kita menggunakan modem atau sebuah router untuk meng-akses jaringan internet, maka kita bisa membuat sebuah DNS server sendiri. untuk membuat DNS server ini anda bisa mengatur melalui "internet protocol version 4 (TCP/IPv4) properties". sebelum melakukan pengaturan DNS anda perlu mmengetahui IP address dari LAN yang sedang kita gunakan dan subnet masknya.

Untuk contoh kita akan coba menggunakan IP address 192.168.100.1 dan subnet masknya 255.255.255.0

Untuk masuk ke "internet protocol version 4 (TCP/IPv4)" anda bisa buka open network and sharing center -> pilih koneksi yang digunakan -> setelah muncul tab status klik properties -> di sana akan anda akan menemukan internet protocol version 4 (TCP/IPv4) -> kemudian klik properties -> setelah tab setting muncul setting IP addressnya seperti yang akan kita masukan tadi seperti dibawah.


Setelah IP address dan subnet mask di isi kemudian klik advance ->  pilih DNS -> Klik Add -> dan kita masukan 192.168.100.1 seperti gambar dibawah ini :

Baca Juga : Cara Setting IP address Atau Mengganti IP Address


Jika sudah yakin klik ok untuk menyelesaikan setting.

Jika semua persiapan sudah dilakukan kita bisa langsung testing di laptop yang. untuk melakukan tes kita harus setting juga laptop tersebut seperti contoh di atas, dengan menggunakan IP address dan subnet mask yang sama.
Setelah semuanya sudah di setting, coba ketikkan google.com atau situs yang lainnya pada browser anda. Jika bisa muncul google.com atau situs yang kita masukan, maka DNS yang kita gunakan bekerja dengan baik.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Pengertian DNS Server Dan Fungsi DNS Server. semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian, Terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments