Pengertian Thin Client Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya



Pengertian Thin Client - Thin client merupakan salah satu bentuk dari jaringan komputer terpusat. coba bayangkan ketika anda di laboratorium komputer yang dipenuhi dengan banyak komputer, dan seluruh komputer yang ada diruangan tersebut terhubung dengan jaringan yang bersumber dari 1 komputer yang berperan sebagai server, maka dari itu semua komputer yang tersambung pada 1 komputer tersebut di sebut dengan client.

Client komputer itu hanya berupa mouse, monitor, dan keyboard saja. sedangkan hardisk, ram, CPU dan komponen-komponen lainnya ada pada komputer server, sehingga jika anda menjalankan suatu program pada client komputer itu sama saja dengan menjalankan program yang ada pada server.

Bagi komputer server client komputer merupakan "user" seperti yang ada di sistem operasi. namun semua user aktif ketika semua client komputer digunakan.

Kelebihan Thin Client


Pastinya ada alasan tersendiri mengapa menggunakan thin client, berikut adalah alasannya

1. Dengan menggunakan thin client kita cukup melakukan mengelola aplikasi yang ada pada server saja, seperti yang sudah kita bahas di atas, software yang terinstal pada server komputer dapat juga digunakan oleh client komputer. sehingga kita tidak perlu repot-repot banyak menginstal untuk seluruh client komputer.

2. manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan thin client jika diterapkan di sekolah, kantor, dan perusahaan, anda bisa meminimalkan atau menghemat biaya isfrastruktu pada komputer, karena pada komputer client hanya memerlukan monitor, keyboard dan penghubung untuk ke server.

Kekurangan Thin Client

Di setiap kelebihan pasti akan ada kekurangan. berikut contoh kekurangan menggunakan thin client

Agar berjalan dengan baik thin client memerlukan jaringan yang reliable. dikarenakan aplikasi yang terdapa pada komputer diakses menggunakan jaringan. akan berdampak negatif bagi komputer client tidak mendapatkan jaringan yang bagus.

Thin client memerlukan sfesifikasi server komputer yang tinggi, dikarenakan server tersebut pasti akan digunakan oleh banyaknya client komputer yang tersambung, Administratos harus melihat perkiraan dari Hardisk, RAM, dan komponenpendukung lainnya agar komputer serser dapat menangani seluruh client komputer yang tersambung.

Terima kasih semoga artikel Kelebihan Dan Kekurangan Dari Thin Client ini bisa bermanfaat ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments