Tips Agar Aman Menggunakan Komputer Publik

Tips Agar Aman Menggunakan Komputer Publik  - Untuk anda yang sedang membaca artikel ini dimanapun berada, entah itu dirumah menggunakan komputer yang dipakai bersama seperti keluarga, teman, ataupun komputer publik lainnya seperti warnet. apakah anda menyadari bahwa mungkin ada beberapa hal yang akan menjadi ancaman bagi privasi atau rahasia anda yang tidak boleh diketahui publik.



Pada kesempatan kali ini kita akan sharing tentang tips agar aman menggunakan komputer publik. memang mungkin ada saja warnet atau pada komputer publik yang menjaga privasi dari user yang sudah menggunakan komputer tersebut, namun tidak sedikit juga warnet dan komputer  publik yang belum disetting cukup untuk menjaga privasi kita, contohnya ada dari beberapa komputer yang belum diatur secara otomotis menghapus cache atau cookie dari user sebelumnya. dan hal inilah yang biasanya privasi kita tidak aman. untuk mengatasi hal tersebut lah troublekit berbagi cara agar aman menggunakan komputer publik.

Tips 1 : Menghindari Autologin Pada Komputer Publik

Contohnya ketika anda sedang diwarnet atau komputer teman anda, misalnya anda login facebook dan biasanya disana ada kotak untuk Remember me / Ingat saya, jika kita log out dari facebook hal itu akan menyebabkan user yang selanjutnya bisa masuk secara otomatis ke akun anda. jika memang orang yang selanjutnya menggunakan komputer itu jahil pasti akun kita sudah dibuka oleh orang tersebut.

Tips 2 : Jangan Tinggalkan Jejak atau Hapus History

Ketika anda akan selesai menggunakan komputer tersebut dan meninggalkan komputer tersebut, anda jangan sampai meninggalkan jejak sebelum meninggalkan komputer anda hapus history dari browser yang anda gunakan.
Untuk menghapus history sangat mudah, saya akan memberi contoh dengan browser Google Chrome, ikuti langkah berikut untuk menghapus history :


  • Pada pojok kanan atas klik titik 3 -> pilih riwayat atau history atau jika anda ingin langsung masuk ke history silahkan tekan tombol Ctrl+H untuk masuk ke history, kemudian akan muncul seperti gambar berikut.
  • Setelah itu klik Hapus data penjelajahan kemudian akan muncul tab baru seperti berikut

  • Jika sudah klik Hapus data penjelajahan yang ada di bawah tab tersebut
Tips 3 : Deteksi data dari virus komputer

Pada komputer publik tentu saja pasti akan banyak orang yang akan menggunakannya secara bergantian, dan ketika anda ingin menggunakan flashdisk secara tidak sadar kadang kita tidak memperhatikan bahayanya ancaram dari virus terhadap data yang ada pada flashdisk anda. untuk menghindari ancaman dari virus yang ada pada komputer publik pada saat kita memasukan flashdisk sebaiknya kita scan terlebih dahulu flashdisk anda pada saat pertama tersambung dengan komputer tersebut dan ketika kita akan selesai menggunakan flashdisk tersebut.

Memang ada baiknya kita menggunakan komputer sendiri jika ingin lebih aman, namun di atas Tips Agar Aman Menggunakan Komputer Publik saya rasa akan sangat berguna jika anda sedang tidak menggunakan komputer pribadi anda.
Terima kasih semoga tips dari kami bisa bermanfaat ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments