Cara Membuat Flashdisk Untuk Install Windows Dengan Software Rufus

Setelah kita membahas bagaimana caranya menjadikan falshdisk sebagai bootable windows menggunakan wintoobotic, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat flashdisk untuk install windows dengan dengan mudah menggunakan software rufus.
seperti yang kita tahu cata ini menjadi cara yang sangat berguna untuk temen-temen install windows. terutama untuk temen-temen pengguna notebook atau laptop yang tidak mempunyai CD/DVD drive. selain itu proses instalasi windows menggunakan flashdisk lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan CD/DVD. juga bisa mempermudah untuk update BIOS, memeriksan dan menganalisa sistem operasi pada komputer.

Software rufus ini memilki ukuran yang dibilang sangat kecil yaitu hanya sekitar 459Kb. dan pastinya yang kita tunggu-tunggu software ini gratis hehe

Rufus juga mempunyai opsi FreeDOS, jadi dapat digunakan untuk booting suatu komputer dalam modus DOS atau disebut (Disk Operating System). Modus DOS ini sangat bermanfaat khususnya dalam melakukan proses untuk upgrade BIOS yang membutuhkan DOS command prompt.

Berdasarkan official website Rufus, software Rufus mampu bekerja dua kali lebih baik dan lebih cepat dibandingkan program sejenisnya untuk membuat bootable windows seperti Universal USB Installer v1.8.7.5, RMPrepUSB v2.1.638, WiNToBootic v1.2, UNetbootin v1.1.1.1.

Sepertinya temen-temen udah gak sabar lagi ya, kita langsung aja ke TKP cara membuat flashdisk untuk install ulang / bootable windows.

Cara Penggunaan RUFUS

1. Kalau temen-temen yang belum punya software nya bisa download dulu di situsnya disini
2. Sesudah download buka aplikasi rufus, lalu akan muncul tampilan seperti berikut


3. Jika flashdisk sudah dimasukan kedalam komputer software ini secara otomatis flashdisk akan terdeteksi sesuai dengan ukuran flashdisk, sistem file, voulume label dari flashdisk tersebut.


4. Jika flashdisk tidak terdeteksi, temen-temen bisa pilih opsi lanjutan dari rufus, untuk menampilkan opsi tingkat lanjut temen-temen tinggal klik disebelah teks Format Options seperti yang saya tandai dengan kotak merah. kemudian centang pada "List fixed (non-flash) or unpartitioned USB disks".


5. Agar flash disk menjadi bootable windows, pilih file ISO atau window yang akan menjadi bootable dengan cara klik icon disebelah opsi Create a bootable disk using. setelah terpilih rufus akan menggunakan data dari file ISO tersebut untuk pembuatan bootable windows. agar proses format menjadi lebih cepat biarkan opsi pada Quick formaat tetap aktif.


6. Kemudian klik tombol Start untuk memulai pembuatan data bootable ke flash disk. akan muncul peringatan, bahwa seluruh data yang tersimpan didalam flash disk akan dihapus.
7. Klik OK untuk memulai pembuatan bootable windows atau bisa klik Cancel jika ingin membatalkan.


8. Pertama rufus akan memformat Flash drive yang telah kita tentukan. setelah itu baru rufus akan melakukan proses pengcopyan file pada file iso tersebut ke dalam flasdisk. tunggu proses hingga selesai



9. Jika sudah selesai install flashdisk temen-temen sudah siap untuk install windows.


selamat mecoba, terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments