Cara Mengatasi USB Device Not Recognizing


Mungkin sobat di rumah pernah melihat balon/pesan tersebut ketika kita memasukan flashdisk, mouse, keyboard, kabel data, atau apa saja ke USB port temen-temen?? Ada beberapa hal menjadi penyebab terjadinya masalah tersebut.

Sebelum temen-temen berkesimpulan bahwa USBnya yang rusak lebih baik temen-temen coba dulu di komputer atau laptop yang lain untuk memastikan apa yang menjadi permasalahan tersebut. jika di komputer atau laptop lain USB bisa berjalan dengan normal berarti masalahnya ada pada komputer kita. untuk mengatasi hal tersebut saya ada beberapa cara yang mungkin bisa temen-temen coba juga seperti berikut :

Restar Komputer
Biasanya cara ini cara paling ampuh dan aman untuk mengatasi masalah tersebut.

Gunakan System Restore
sobat sekalian bisa juga menggunakan System Restore pada komputer, system restore memungkinkan untuk mengembalikan setting dan konfigurasi pada sistem komputer dimana pada saat keadaan USB masih bisa terdeteksi. saya di ingat pada sistem restore ini program ataupun aplikasi yang ada di komputer akan hilang setelah system restore (namun tergantung settingan pada drive).

Untuk membuka System Restore temen-temen bisa buka melalui menu Start -> Programs -> Accessories -> System Tools -> System Restore.


Melepas kabel / power supply / battery untuk laptop
cara ini mungkin memang tidak populer bisa disebut aneh sih hehe, tetapi banyak yang telah berhasil dengan menggunakan cara ini setelah sedikit membaca berbagai ulasan tentang permasalahan ini pada situs Microsoft. Caranya dengan mematikan komputer dari sumber daya listrik dan lepas kabel yang berada di komputer kita. lalu tunggu beberapa saat kemudian pasang kembali sumberdaya listrik untuk komputer kita.

Dalam kasus laptop ternyata melepaskan kabel saja belum cukup untuk mengatasi hal tersebut, Namun kita juga harus melepas battery dari laptop kemudian tunggu beberapa saat lalu pasang kembali kabel / battery tersebut. Jika cara ini berhasil kemungkinan permasalahan ada pada chipset motherboard komputer tersebut. Dengan melepas sumber daya listrik motherboard akan melakukan meng-inisialisasi ulang pada sistem didalamnya.

Uninstall USB Host Controller melalui Device Manager
Cara ini juga Mendapat repon yang baik dari beberapa yang sudah mencobanya dan berhasil untuk mengatasi masalah USB Device Not Recognized, lebih lengkapnya ikuti proses berikut :

1. Masuk ke device driver dengan cara Buka Control Panel kemudian pilih Device Manager. Atau bisa klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties, kemudian temen-temen pilih menu Device Manager.
2. Setelah masuk device manager pilih “Universal Serial Bus Controllers” yang berada paling bawah dari menu kemudian klik 2x untuk menampilkan menu lanjutan.


3. Klik kanan pada daftar yang bertuliskan "Host Control" atau dartar yang saya tandai pada kotak, hanya yang ada kata "Host Controll" yang di uninstall, kecuali ada masalah dengan bagian USB port lainnya ( akan ada tanda peringatan jika device mengalami masalah )
4. Setelah uninstall selesai Restart komputer, Selanjutnya Windows secara otomatis melakukan installasi ulang pada driver USB di komputer temen-temen.

Setelah komputer hidup kembali masuk ke menu device menager kembali, pilih menu “Scan for hardware changes” di bagian menu “Universal Serial Bus COntrollers” jika windows tidak melakukan install ulang pada USB device.

Gunakan Microsoft FixIt
Cara ini di rekomendasikan untuk memperbaiki masalah seputar sistem windows anda, dengan menggunakan Tools langsung dari Microsoft yang telah didesain khusus untuk mengatasi USD yang mengalami masalah tidak terdeteksi. Untuk menggunakan tool ini bisa melalui halaman Diagnose and fix Windows USB problems automatically, langkah selanjutnya klik pada tombol Run Now, maka otomatis tools FixIt akan di download. Setelah download selesai jalankan tools tersebut Namun hal ini memerlukan koneksi internet, dikarekan untuk dapat mengunduh file dari microsoft.


Sebenarnya masih banyak cara lagi untuk mengatasi hal ini termasuk dengan menggunakan aplikasi atau software pihak ke 3.
untuk saat ini mungkin hanya sampai di sini dulu perjumpaan kita pada kali ini.
Semoga bermanfaat, terima kasih ^_^
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi USB Device Not Recognizing"

Back To Top