Cara Screenshot Di Laptop Dan Komputer Tanpa Software Tambahan Di Windows 7/8/10

cara screenshot di laptop dan komputer tanpa software tambahan - Kadang kita sangat membutuhkan mengambil gambar yang tidak bisa di simpan langsung di laptop atau komputer kita, sehingga kita membutuhkan mengambil gambar secara langsung atau screenshot.

Bagi kebanyakan orang screenshot merupakan bagian yang penting, karena saya pun demikian dengan adanya screenshot saya bisa lebih memperjelas tentang pembahasan di setiap artikel.

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot pada layar laptop atau PC anda. baik itu menggunakan software tambahan atau langsung bawaan dari windows. namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengambil screenshot di laptop dan komputer tanpa software tambahan.

Cara Mengambil Screenshot di Laptop dan PC

Cara untuk mengambil screenshot yang akan saya adalah cara yang saya anggap mudah dan gak pake ribet tidak perlu menggunakan software tambahan.

Cara ke 1 : Mengambil Screenshot Menggunakan Tombol "Print Screen SysRq" atau "PrtScn"
Mengambil Screenshot dengan Menggunakan Tombol Print Screen SysRq atau PrtScn adalah cara yang sangat mudah bisa dilakukan dengan cara berikut :

1. Untuk contoh saya akan mengambil screenshot pada layar desktop saya, kemudian saya akan mengambil screenshot dengan cara menekan tombol Print Screen SysRq atau PrtScn.



2. Setelah itu buka program paint, untuk membuka paint pilih "Menu start" -> all apps -> "Windows accessoris" -> "paint" . atau bisa lebih mudah lagi hanya ketikan "paint" pada pencarian menu start untuk windows 10


3. Jika program paint sudah terbuka klik kanan -> pilih paste, akan muncul seperti pada saat anda menekan tombol "Print Screen SysRq" atau "PrtScn"




Kekurangan dari cara ini, kita tidak bisa memilih daerah mana saja yang akan kita screenshot. yang artinya hanya bisa mengambil screenshot secara full yang ada pada monitor.

2. Menggunakan tombol Alt+PrtSc

Kalau tadi hanya mengambil screenshot dengan menggunakan tombol "Print Screen SysRq" atau "PrtScn" saja. cara ini kita akan menggunakan tombol "Alt+PrtSc", hampir sama dengan cara no 1, namun perbedaannya untuk cara no 2 ini hanya akan mengambil gambar pada pada aplikasi yang aktif saja. dan tidak full screen hanya programnya saja.

1. Tentukan dulu program yang akan di screenshot. untuk kali ini saya akan mengambil gambar browser chrome dengan tampilan restore down atau yang sudah di perkecil. pada browser saya akan menekan tombol "Alt+Prtc".



2. sama seperti cara ke 1 paste screenshot yang kita ambil tadi. untuk contoh hasil dari screenshot menggunakan tombol "Alt+Prtc" akan muncul seperti gambar di bawah, hanya program yang kita pilih yang di screenshot.



sama pada cara ke 1 kekurangan dari cara ini tidak bisa memilih area yang akan kita ambil.

3. Menggunakan Snipping Tool (Direkomendasikan)

Snipping tool ini adalah program asli bawaan dari windows yang berfungsi memang digunakan untuk melakukan screenshot pada layar.

1. Langkah pertama buka program "Snipping Tool" untuk membukanya ketikkan “snipping tool” pada tombol "Start Menu".

2. Jika ingin memulai screenshot, anda hanya tinggal klik New pada gambar seperti gunting, lalu pilih area mana yang ingin anda ambil untuk screenshot.

Ada beberapa  menu yang terdapat pada Snipping Tool ini yang mungkin bisa anda gunakan untuk mengambil screenshot. contohnya :



Menu Screenshot Snipping Tool

Rectangular Snip (default) : Dapat Digunakan untuk memilih layar laptop atau PC dengan bentuk persegi.
Free-form Snip : Dapat Digunakan untuk memilih area bebas (bisa dimana saja).
Full-screen Snip : Dapat Digunakan untuk mengambil screenshot satu layar penuh monitor.
Window Snip : Dapat juga memilih screenshot jendela program yang kita inginkan. seperti pada cara ke 2.

Demikian cara screenshot di laptop dan komputer tanpa software tambahan, semoga bermanfaat. ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments