5 Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Yang Tidak Berfungsi

Cara mengatasi rotasi layar android yang tidak berfungsi - Halo sahabat blogger, Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi solusi jitu tentang cara mengatasi masalah seputar rotasi layar Android yang tidak dapat berfungsi. Pada artikel ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan mengatasi hal tersebut. Fitur auto rotasi yang ada pada smartphone Android tidak dapat kita pungkiri lagi Memang lah memiliki banyak sekali kegunaan. Karena fitur ini akan memudahkan kita untuk dapat melihat tampilan layar sesuai dengan pandangan yang kita anggap nyaman, seperti misalnya kita juga perlu mengganti rotasi ketika kita akan mengambil foto, mengetik sehingga dapat memperlebar ukuran keyboard, dan juga banyak lagi fungsi lainnya. Tetapi pertanyaannya Bagaimana jika rotasi yang ada pada Android tidak dapat berputar ataupun berfungsi? 

Pada dasarnya fitur rotasi layar smartphone Android menggunakan teknologi sensor accelerometer agar smartphone Android mengetahui gerakan tangan yang telah dilakukan oleh si pengguna saat memutar atau membalikan smartphone. Jika kita mengaktifkan fitur rotasi layar yang ada permainan sepakbola Android yang sore ini akan terus-menerus bekerja jika kita tidak menonaktifkannya. Dan tentu saja jika terjadi kerusakan pada auto-rotate, kita tidak dapat memutar layar ataupun memindahkan layar dari mode potret ke mode landscape, yang nantinya pasti akan menyulitkan kita untuk melakukan sebuah tasking.

Penyebab auto rotate Android tidak berfungsi



Penyebab dari smartphone Android yang tidak dapat melakukan rotasi pada layarnya biasanya terjadi karena beberapa alasan, biasanya penyebab itu adalah dikarenakan kita telah memasang custom ROM yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone Android yang kita gunakan, tidak juga terkadang hal itu dapat terjadi setelah kita melakukan sehingga terjadi kerusakan pada sensor accelerometer smartphone Android. Pasti di benak kalian terlintas pertanyaan Bagaimana cara memperbaiki rotasi layar Android tidak berfungsi? Jawabannya kamu bisa simak tips berikut.

5 Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Yang Tidak Berfungsi


Jenis error yang biasanya terjadi pada smartphone Android yang mengalami error pada rotasi layar nya dapat disebabkan oleh hal yang beragam. Namun sebelumnya saya ingatkan di sininya saya akan menjelaskan cara mengatasi fitur auto rotate nya saja yang tidak berfungsi. Sehingga bisa disebut ini merupakan kesalahan teknis, karena jika kerusakan pada hardware hal ini akan sia-sia kita lakukan. Tetapi dalam upaya untuk mengatasi hal tersebut tidak ada salahnya jika kamu mengikuti langkah-langkah berikut terlebih dahulu, dan pastikan juga kamu telah mengaktifkan fitur auto rotate atau rotasi layar.

1. Test sensor accelerometer


Untuk menguji accelerometer kamu bisa ketikan pada menu telepon nomor berikut : *#0#*. Setelah itu kalau pilih tombol sensor kemudian disana Kau Pilih accelerometer.

2. Bersihkan cache smartphone


Jika kamu sudah melakukan cara diatas, selanjutnya kamu harus mencoba juga bersihkan cache dan history pada smartphone Android. Tujuannya adalah untuk membersihkan file-file sampah yang ada pada smartphone Android yang biasanya juga dapat menjadi penyebab fungsi dari sistem Android error. Untuk melakukan ini kamu membutuhkan sebuah aplikasi bantuan yaitu Clean Master

3. Merestart Android


Cara berikutnya yaitu dengan cara mematikan smartphone Android, kemudian kamu lepas semua yang ada pada smartphone Android, Yang saya maksudkan yaitu kartu sim baterai dan micro SD. Kemudian kamu tunggu beberapa saat, setelah itu kamu pasangkan kembali kartu sim baterai dan juga micro SD. Tujuan kita menggunakan cara ini yaitu agar srmarrphone Android merefresh dirinya dan memuat ulang sistem. 

4. Menggunakan aplikasi Ultimate Rotation control


Ultimate Rotation control merupakan sebuah aplikasi rotasi layar untuk android yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki rotasi layar smartphone Android yang mengalami error. Cara kerja dari aplikasi ini yaitu dengan cara memaksa rotasi layar Android agar dapat melakukan rotasi. Baik itu model landscape ataupun portrait. Jika kamu ingin mencoba menggunakan aplikasi ini untuk memperbaiki layar Android kamu kamu bisa download aplikasinya di Google Play Store.

5. Factory reset


Tips terakhir yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini untuk memperbaiki layar smartphone Android yang mengalami error auto rotate tidak dapat berputar, kamu bisa menggunakan factory reset jika memang sistem smartphone Android kamu yang mengalami error, dan bukan hardware yang mengalami kerusakan. Dengan menggunakan cara ini biasanya dapat mengembalikan auto rotate pada smartphone android kamu.

Itulah 5 cara mengatasi rotasi layar Android yang tidak berfungsi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga artikel ini dapat mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments