5 Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Menyala

Cara mengatasi wifi android tidak bisa menyala - Agar kita dapat mengakses internet tentunya kita harus terhubung ke suatu jaringan koneksi internet, baik itu menggunakan data seluler ataupun menggunakan koneksi Wifi. Kedua jenis koneksi jaringan tersebut memiliki tujuan dan juga fungsi yang sama yaitu agar pengguna Android dapat mengakses internet dan juga mendapatkan konten-konten internet. Yang pasti koneksi internet di Indonesia sekarang sudah menjadi lebih baik, terutama dengan hadirnya koleksi jaringan 4G yang telah disediakan oleh berbagai provider provider yang ada di Indonesia. Selain itu internet service provider Telkom Speedy atau sekarang lebih dikenal sebagai indihome, telah meningkatkan layanan nya menjadi lebih baik.

Tetapi meskipun koneksi internet jaringan di Indonesia saat ini sudah lebih baik, tetapi akan terasa percuma jika smartphone Android yang kita gunakan mengalami error, yaitu Wifi yang tidak mau berfungsi. Biasanya ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan wifi pada Android tidak dapat menyala. Biasanya dikarenakan karena adanya daya sistem yang error dan bahkan hal yang tidak kita inginkan yaitu komponen Wifi yang ada pada smartphone telah mengalami kerusakan, tetapi mudah-mudahan tidak ada kerusakan pada komponen WiFi jika memang WiFi kamu tidak dapat berfungsi. Maka dari itu sebelum kamu pergi ke tempat service untuk bahasa HP smartphone Android tersebut, ada baiknya kita mencoba memeriksanya terlebih dahulu. Untuk memeriksa wifi Android yang tidak bisa menyala, ada 5 pembahasan yang akan saya bahas untuk lebih lengkapnya kalau bisa ikuti artikel ini sampai selesai.

5 cara mengatasi wifi android tidak bisa menyala 



1. Cek WiFi di ponsel Android


Tentunya Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu memeriksa settingan Wifi yang ada pada smartphone Android kamu, ketikan pada pengaturan WiFi memang sudah diaktifkan.

2. Restart Smartphone Android


Cara kedua untuk memperbaiki WiFi Android yang tidak mau menyala, kamu bisa melakukan restart pada smartphone Android biasanya cara ini merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi Wifi yang tidak mau menyala. Karena dengan melakukan hal tersebut smartphone Android akan memuat ulang semua sistemnya.

3. Lakukan ON/OFF WiFi


Cara berikutnya mengatasi Wifi yang tidak mau menyala, kamu bisa coba mengatasi hal tersebut dengan cara melakukan On atau Off pada WiFi di smartphone Android, coba kamu lakukan hal tersebut sejarah Tuliskan baru sehingga WiFi dapat Menyala kembali.

4. Cek Kondisi WiFi Di Ponsel Android


Untuk dapat mengetahui Wifi yang ada pada smartphone android kamu dapat berfungsi dengan baik atau tidak,  kamu bisa menggunakan fitur dari aplikasi phone tester, aplikasi tersebut akan memeriksa bagian-bagian perangkat yang ada pada smartphone Android kamu. Tetapi jika kamu sebagai pengguna Asus Zenfone kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan. Kamu hanya perlu membuka kalkulator lalu ketikan ' 12345+' setelah itu Klik tombol = nantinya akan muncul menu dan kamu pilij 'WiFiBus_Test'. Kemudian kamu tunggu prosesnya hingga selesai biasanya hanya beberapa detik saja. Jika misalnya hasil yang keluar bertuliskan 'PASS'. Maka dapat dipastikan bahwa Wifi yang ada pada smartphone Android kamu tidaklah bermasalah, biasanya ada masalah pada sistem Android.

5. Factory Reset


Langkah berikutnya yang bisa kamu coba yaitu menggunakan factory reset agar semua pengaturan yang ada di Android kembali ke pengaturan awal. Sehingga sistem sistem yang ada pada smartphone Android pun kembali ke mode default. Tetapi saya sarankan Jika kamu akan melakukan hal ini kamu harus membackup semua data yang ada pada smartphone Android terlebih dahulu agar nantinya data-data tersebut bisa kembali Kamu pernah kan.

Tambahan : flash ulang


Jika misalnya factory reset saja tidak cukup untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kamu menginstal ulang firmware yang ada pada smartphone Android yang kamu gunakan. Untuk cara flash ulang smartphone Android tentunya masing-masing smartphone akan mempunyai cara yang berbeda-beda.

Catatan : mudah-mudahan Wifi yang ada pada suatu hari kamu bukanlah ada sebuah masalah pada hardware, jika mungkin cara diatas tidak berhasil Sebaiknya kamu menservis smartphone Android kamu. Karena saya sudah sempat mengalami hal tersebut,  wifi tidak mau on meskipun setelah beberapa kali diaktifkan namun sakit tersebut menjadi off kembali. Hal itu dikarenakan karena kerusakan pada hardware.

Itulah 5 cara mengatasi wifi Android tidak bisa menyala yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu kamu menemukan solusi yang tepat untuk menghadapi masalah kamu. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments