6 Cara Mengatasi laptop Lemot Saat Browsing

Mengatasi laptop lemot saat browsing - Halo sahabat blogger, tentunya di zaman yang serba cepat dan canggih ini kita tidak luput dengan yang namanya internet. Dimana kita bisa mendapatkan konten-konten informatif yang dapat kita dapatkan dari sebuah browser baik itu di laptop, komputer ataupun smartphone. Pada saat ini banyak sekali provider juga internet service provider telah menyediakan koneksi internet yang super cepat. Tetapi walaupun kita mempunyai koneksi internet yang cepat Terkadang ada saja masalah yang terjadi pada laptop atau komputer lambat saat browsingan. Tentu saja hal itu akan membuat kita merasa percuma dengan koneksi internet secepat apapun.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal itu terjadi, dan biasanya faktor utama yang harus kamu perhatikan yaitu Bagaimana cara seorang pengguna komputer merawat laptop atau komputer itu sendiri. Pastinya bukan tanpa alasan juga kenapa laptop atau komputer menjadi lambat ketika browsing.

Nah maka dari itu Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips 6 cara mengatasi laptop dan komputer lemot saat browsing. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

6 Cara Mengatasi laptop Lemot Saat Browsing



1. Menghapus virus, Malware, adware, dan lain-lain.


Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika merasa laptop menjadi lemot ketika browsing, bisa jadi Hal tersebut dikarenakan adanya virus pada komputer kita, sehingga menyebabkan lemot pada laptop saat browsing internet.

Solusi terbaik yang bisa saya sarankan untuk mengatasi hal ini, Jika kamu sudah menginstall program antivirus pada laptop atau komputer, sebaiknya kamu update antivirus yang kamu gunakan karena dengan adanya virus yang ada pada laptop atau komputer kita meskipun ada antivirus, biasanya dikarenakan antivirus tersebut tidak update maka dari itu kamu update lebih dahulu antivirus kamu setelah kamu update kemudian kamu bersihkan virus dengan cara scanning komputer atau laptop.

2. Mengatasi komputer lemot dengan menghapus file-file yang menumpuk


Masalah kedua yang menjadi penyebab komputer atau laptop lemot saat browsing, biasanya dikarenakan banyaknya apa yang sampah yang menumpuk, sehingga file sampah tersebut memenuhi kapasitas hardisk dan akhirnya membuat komputer menjadi lambat.

Untuk cara mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Windows yaitu Disk CleanUp. Untuk kamu pengguna Windows 7, Windows 8, dan juga windows 10. Untuk menggunakan Disk CleanUp kamu hanya perlu ketikkan Disk Cleanup pada Start menu. Setelah itu kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang ada di sana, Karena untuk menggunakan Disk Clean Up sangatlah mudah.

3. Defragmentasi hardisk


Untuk kamu yang menggunakan media penyimpanan HDD, defragmentasi merupakan hal penting yang harus kamu lakukan untuk menjaga kinerja dari laptop atau komputer. Termasuk juga untuk cara mengatasi laptop lemot saat browsing.

Untuk melakukan defragmentasi hardisk, pertama kamu masuk ke file Exploler -> Kemudian kamu Klik Kanan pada pelatih C kemudian pilih properties -> satelit properties muncul kamu Arahkan ke Tab Tools. Nantinya disana kamu akan menemukan optimize and defragment drive. Kemudian kamu klik optimis untuk melakukan defragmentasi.

4. Hapus beberapa program yang tidak kamu butuhkan


Terlalu banyak program yang tersisa pada komputer hal itu juga dapat menyebabkan kinerja dari komputer atau laptop menjadi lambat. Jika komputer lambat tentunya secara otomatis proses browsing pun akan menjadi lambat. Maka dari itu kamu harus menghapus sebagian aplikasi yang mungkin sudah tidak kamu gunakan.

5. Mengurangi program startup


Cara kelima ini masih berhubungan dengan cara ke 4, seperti yang telah kita bahas ada nomor 4 banyaknya aplikasi yang terinstall Maka hal itu akan berpengaruh terhadap kinerja komputer. Biasanya ada beberapa aplikasi yang ketika kita Nyalakan komputer akan berjalan secara otomatis, misalnya seperti antivirus, Launcher game, Cloud storage, dan program-program lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menghentikan beberapa program yang mungkin tidak kamu gunakan saat komputer berjalan dengan cara masuk ke Task Manager kalau di sana kamu pilih program yang memang kamu anggap tidak terlalu dibutuhkan. Terlebih lagi jika program tersebut memiliki startup impact high. Sebaiknya kamu disable beberapa program yang memiliki status High.

6. Melakukan multitasking


Membuka program secara bersamaan atau multitasking, Memang lah menjadi hal wajar bagi sebuah komputer atau laptop. Tetapi ketika kita melakukan multitasking secara berlebihan tentu saja hal itu akan membebani komputer sehingga dapat menurunkan kinerja dari komputer tersebut karena harus membagi tugasnya pada setiap program yang kita buka.

Maka dari itu, saya sarankan sebaiknya kamu lebih tidak salah lagi dalam melakukan multitasking.

Itulah 6 cara mengatasi laptop lemot saat browsing yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu agar browsingan menjadi lebih lancar lagi. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments