Cara Memaksimalkan Kinerja RAM Laptop Dan PC Dengan Readyboost

Cara memaksimalkan kinerja ram laptop dan pc dengan readyboost - Halo sahabat blogger, Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi tips seputar laptop dan komputer windows 10, yaitu cara menghemat RAM agar komputer tidak lemot. Penyebab dari komputer lemot jika bukan sistem yang mengalami masalah, terkadang hardware pun dapat menjadi salah satu penyebabnya. termasuk RAM, karena ram sangat mempunyai peran penting untuk kinerja sebuah komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara yang akhirnya nanti akan di proses oleh processor.

Tentu dari pernyataan di atas kita semua pasti sudah memahaminya, bahwa jika performa RAM turun, secara otomatis kinerja dari komputer pun akan menjadi lambat. untuk mengantisipasi hal tersebut maka sebaiknya kamu simak artikel ini sampai selesai agar mengetahui cara meningkatkan komputer dengan cara menghemat RAM seperti berikut.

Cara Memaksimalkan Kinerja RAM Laptop Dan PC Dengan Readyboost


Cara kerja dari fitur Readyboost ini yaitu dengan cara memanfaatkan kecepatan dari data pada flashdisk ya hampir sama kecepatannya dengan kecepatan RAM. 


Fitur ini telah pertama kali dikenalkan sejak adanya Windows Vista, dan hingga saat ini pada windows 10 pun kamu dapat menggunakan fitur Readyboost. Untuk menggunakan fitur readyboost kita membutuhkan USB flashdisk yang mempunyai kriteria seperti berikut :

  1. Ruang penyimpanan 256 MB
  2. Kecepatan akses kurang dari 1 ms
  3. Kecepatan baca 2,5 MB/detik
  4. Kecepatan tulis 1,75 MB per detik
Untuk cara mengaktifkan fitur readyboost kamu hanya perlu klik kanan pada USB flashdisk yang ada pada file explorer, Kemudian kamu pilih properties lalu navigasikan ke tab readyboost.

Nantinya kamu akan melihat beberapa tombol yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan atau pun juga menonaktifkan fitur readyboost, Selain itu kamu juga dapat menentukan seberapa besar kapasitas yang akan kamu gunakan untuk menggunakan fitur readyboost.

Kapasitas yang dapat kamu gunakan Jika kamu menggunakan format FAT32 yaitu hanya 4 GB. Sedangkan untuk flashdisk dengan format NTFS Maka kapasitas yang dapat kamu gunakan dapat mencapai 32 GB.

Pada dasarnya dengan mengaktifkan fitur readyboost bukan berarti kamu dapat menambahkan RAM, tetapi dengan menggunakan fitur tersebut setidaknya akan memperbaiki kinerja dari komputer.

Dalam beberapa kasus jika kita mengaktifkan fitur readyboost, akan menurunkan load Time hingga mencapai 75%. Tetapi jika kamu menggunakan SSD fitur ini secara otomatis akan dinonaktifkan oleh Windows. Karena Hard Drive SSD telah mempunyai performa yang lebih baik dari usb flashdisk.

Itulah cara memaksimalkan kinerja ram laptop dan pc dengan readyboost yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk memaksimalkan kinerja RAM. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments