7 Cara Mengatasi HP Android Yang Tidak Bisa Konek Internet

cara mengatasi hp android yang tidak bisa konek internet - Halo sahabat blogger, apakah kamu pernah mengalami masalah data seluler aktif tapi tidak bisa internetan? Pada beberapa waktu lalu sayapun pernah mengalami hal tersebut, dan bahkan data seluler di hp android tidak muncul. sempat bingung juga pada waktu itu karena pada waktu itu saya baru saja membeli kuota internet, pastinya tidak mungkin juga kalau misalnya hal tersebut dikarenakan kuota internet.

Tentu saja pada saat ini internet merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi pengguna smartphone android, maka dari itu dengan adanya masalah seperti ini saya tidak dapat melanjutkan bermain game online hehe. Setelah mencari informasi ke sana kemari dan sempat bingung juga tidak bisa googling. ada seorang teman yang memang sedikit mengerti dan juga pernah mengalami hal yang sama dengan yang saya alami, pada kasusnya smartphone android tidak bisa internet telkomsel.

Setelah sharing berbagi informasi akhirnya smartphone pun dapat kembali terkoneksi dengan internet. nah untuk kamu yang megalami hal serupa, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi hp android yang tidak bisa konek internet. silahkan kamu simak pengalaman saya berikut ini.

7 Cara Mengatasi HP Android Yang Tidak Bisa Konek Internet



Cara Ke 1 Pastikan Data Internet Anda Masih Tersedia


Pada kasus pertama ini yang saya alami ternyata permintaan pembelian paket data internet belum sepenuhnya aktif oleh provider yang saya gunakan hehe. maka dari itu kamu juga pastikan bahwa data paket internet masih tersedia, dan jika kamu baru saja membeli kuota internet, sebaiknya kamu tunggu dulu beberapa saat, karena ada kemungkinan proses registrasi paket internet terhambat.

Cara Ke 2 Pastikan Data Internet Anda Dalam Kondisi Aktif


Untuk kamu yang pelupa sebelumnya telah menonaaktifkan fitur data seluller karena tidak ingin pulsa reguler terambil, kamu bisa cek pada pengaturan data seluller, dan pastikan fitur tersebut telah kamu aktifkan.

Cara Ke 3 Pengaturan Tanggal & Waktu Android


Sebelum ke tutorial yang menyarankan cara yang lebih rumit lagi, sebaiknya kamu periksa Tanggal dan waktu yang ada pada smartphone kamu. apakah jam di setting dengan benar atau tidak. Jika memang tanggal dan waktu yang ada pada smartphone kamu salah, maka akan berdampak juga pada koneksi internet yang kamu gunakan. sehingga meskipun data seluler aktif tapi tidak akan bisa internetan. untuk mengatur tanggal dan waktu kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

Buka Menu Pengaturan -> Tanggal & Waktu -> Centang pada bagian "Tanggal & Waktu Otomatis" dan agar kamu tidak perlu repo-repot lagi nantinya harus mengatur jam lagi, kamu tandai pada bagian pengaturan waktu otomatis agar waktu yang kamu gunakan sama dengan provider yang kamu gunakan.

Cara Ke 4 Pancing Sinyal Dengan Flight Mode


Untuk dapat membuat Sinyal Operator yang kamu dapatkan terasa lebih baru,  kamu dapat menyalakan Flight Mode/mode pesawat beberapa saat saja, setelah itu kamu nonaktifkan kembali mode pesawat. Tujuan dari kita melakukan cara ini yaitu utnuk merefresh dan juga memancing sinyal. karena hal tersebut saya pun menjadi ketagihan ketika tidak mendapatkan sinyal yang bagus selalu melakukan cara itu. pada saat ini biasanya mode pesawat sudah tersedia di status bar android kamu.

Cara Ke 5 Bersihkan file sampah Android


Langkah berikutnya yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara membersihkan file sampah yang ada pada smartphone Android. File sampah atau cache yang ada pada smartphone Android memanglah selalu penyebab utama dari masalah error smartphone Android, masuk permasalahan kamu yang pada saat ini tidak dapat terkoneksi dengan internet. Maka dari itu sebaiknya kita harus membersihkan file sampah yang ada pada smartphone Android, baik itu menggunakan cara manual ataupun cara praktis menggunakan aplikasi pihak ke 3. Kalau menurut saya sendiri saya lebih memilih mendownload aplikasi pihak ke 3 yaitu dengan menggunakan aplikasi Clean Master, 1 tap cleaner, CCleaner, dan aplikasi pembersih lainnya. Karena jika menggunakan cara manual kita harus masuk ke menu pengaturan setelah itu menghapus satu persatu data file cache dari setiap aplikasi.

Cara ke 6 cek pengaturan APN pada smartphone


Hal ini juga dapat menyebabkan smartphone Android tidak dapat dikoneksikan dengan internet dan bahkan jika kita tidak mengatur APN dengan benar data seluler Android pun tidak akan muncul. Secara default APN telah disetting otomatis oleh setiap provider masing-masing. Tetapi untuk memastikan agar tidak terjadi seperti yang saya alami lebih baik Kalau periksa terlebih dahulu dengan cara berikut :

Buka Menu Setting -> Wireless and Network-> Mobile Network -> Access Point Name. Dari bagian tersebut anda bisa memilih APN, kamu harus sesuaikan dengan Provider yang kamu gunakan. Atau jika mau, kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Cara ke 7 restart smartphone


Cara terakhir yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini yaitu cara yang paling ampuh untuk mengatasi hal ini semua cara di atas sudah kamu lakukan dan tidak berhasil. Matikan smartphone kemudian cabut baterai dan juga sim card yang ada pada smartphone, kemudian kamu tunggu beberapa saat, setelah itu pasangkan kembali dan kamu Nyalakan kembali smartphone Android.

Itulah 7 cara mengatasi HP Android yang tidak bisa konek internet yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments