Tips Cara Mengatasi Kinerja Komputer Lambat

Cara mengatasi kinerja komputer lambat - Halo sahabat blogger, permasalahan kinerja komputer yang semakin melambat tentunya akan membuat aktivitas kita dalam menggunakan komputer anda saja sangatlah lama untuk diselesaikan. Karena hal ini banyak sekali pengguna komputernya ataupun laptop yang mengeluhkan Apa penyebab kinerja komputer dan laptop menjadi lemot?

Pada dasarnya setiap permasalahan pastilah ada penyebabnya, Begitu juga dengan kinerja komputer yang lambat ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan komputer atau laptop menjadi lambat. Lalu Bagaimana cara agar komputer atau laptop tidak lemot? Kamu jangan khawatir, Maka dari itu Pada kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab dan cara mengatasi kinerja komputer yang lambat. Berikut ulasannya.

Tips Cara Mengatasi Kinerja Komputer Lambat



1. Laptop atau komputer lambat karena kekurangan memory


Hal yang paling utama yang biasa menyebabkan komputer lambat, dikarenakan RAM yang ada di komputer berukuran kecil dan tidak sesuai dengan yang kita butuhkan untuk menjalankan sebuah komputer atau laptop.

Maka dari itu hal yang harus kamu perhatikan yaitu kapasitas memori yang kamu gunakan, agar mempercepat kinerja komputer atau laptop.

2. Komputer lambat karena terlalu banyaknya program yang terinstal


Pengalaman yang terjadi pada komputer saya pribadi, hal ini sering terjadi karena saya selalu ingin tahu dan mencoba program untuk saya jadikan tutorial pada blog ini. Dan terkadang karena lupa program-program yang sudah terinstal di komputer tidak saya hapus ketika selesai menggunakannya. Dan akibatnya komputer yang saya gunakan kinerja nya menjadi sangat lambat.

Maka dari itu, Jika kamu seseorang yang suka penasaran dengan mencoba program atau aplikasi pada komputer, sebaiknya kamu jangan lupa untuk menghapus aplikasinya jika sudah tidak kamu gunakan.

3. Komputer lambat saat booting


Jika kamu mengalami kinerja dari komputer menurun ketika melakukan booting ataupun ketika menyalakan komputer atau laptop. Hal itu biasanya terjadi karena banyaknya program startup yang berjalan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menonaktifkan beberapa program yang dianggap tidak kamu butuhkan ketika saat melakukan start up ataupun booting. Untuk caranya kamu hanya perlu membuka Task Manager -> kemudian Arahkan ke tab startup. Kemudian di sana kamu lihat aplikasi apa saja yang berdampak dapat menurunkan kinerja komputer saat booting pada bagian startup Impact. Program yang memiliki status startup impact High, sebaiknya kamu nonaktifkan atau disable jika memang benar aplikasi tersebut tidak kamu butuhkan.

4. Terlalu banyaknya temporary file


Temporary file ataupun file sampah merupakan penyebab yang sudah sering terjadi pada setiap komputer atau laptop. Jika kamu tidak membersihkan temporary file yang ada pada komputer maka dampak yang terjadi adalah kinerja komputer lambat. Maka dari itu kita harus rajin-rajin membersihkan temporary file ataupun file sampah dengan cara berikut :

Pertama kamu ketikan Disk CleanUp pada pencarian Start menu. Setelah itu kamu pilih partisi mana yang ingin kamu bersihkan, setelah kamu memilih partisi mana yang ingin kamu bersihkan kamu klik ok dan ikuti instruksi selanjutnya dari program Disk CleanUp.

5. Komputer lambat karena terjadi masalah pada harddisk


Faktor berikutnya biasanya jarang sekali kita perhatikan, yang terjadi pada hardisk sehingga menyebabkan kinerja komputer lambat yaitu kapasitas hardisk yang mulai menipis, artis yang fragment, dan hardisk yang error atau bad sector.

Untuk cara mengatasinya jika kinerja komputer lambat karena kapasitas hardisk yang penuh kamu harus mengupgrade hardisk tersebut. Selain itu kamu juga harus defragmen pada hardisk yang mengalami fragmentasi. Dan yang terakhir untuk hardisk yang mengalami bed sektor kamu bisa menggunakan tools untuk mengatasi hardisk yang terkena bad sector.

6. Komputer lambat karena adanya virus.


Biasanya Untuk masalah ini, selain kinerja laptop ataupun komputer menurun. Terkadang komputer juga selalu melakukan restart sendiri ataupun ketika kita menggunakan sebuah program-program tersebut tidak berjalan dengan semestinya.

Dan untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kamu bersihkan virus tersebut dengan antivirus yang sudah kamu update terlebih dahulu.

7. Komputer lambat karena masalah hardware yang panas


Penyebab terakhir yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini biasanya Hal ini dikarenakan hardware sudah tidak mampu menanggung beban lagi karena terlalu panas. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu menggunakan kipas tambahan agar suhu hardware yang ada pada komputer tetap terjaga.

Itulah 7 tips cara mengatasi kinerja komputer lambat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments