Cara Melindungi CD/DVD Agar Tidak Bisa Di Copy

Cara melindungi CD/DVD agar tidak bisa di copy - Halo sahabat blogger, Pernahkah pada pada suatu ketika kamu meminjamkan sebuah CD atau DVD hasil dari karya pribadi kepada seseorang atau teman? Namun meskipun kamu meminjamkan CD atau DVD tersebut kamu tidak ingin File atau data yang terdapat pada CD atau DVD tersebut dicopy paste.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan Bagaimana caranya agar CD/DVD yang didalamnya terdapat File atau data penting agar tidak bisa di copy paste begitu saja oleh orang lain tanpa izin dan sepengetahuan dari kita sebagai membuat dari CD atau DVD tersebut. Tentunya kita harus memproteksi atau mengunci CD atau DVD tersebut agar tidak di copy oleh orang tersebut.

 Agar kita dapat melakukan pengujian terhadap CD atau DVD. Kita membutuhkan 4 aplikasi untuk memproteksi CD atau DVD tersebut, berikut adalah software yang akan kita butuhkan untuk melakukan hal tersebut :
  • Nero
  • Clone
  • CD Secure
  • WTM CD Protect
Untuk mendownload software / aplikasi di atas kamu bisa cari di google ya. Dan jika kamu sudah mendownload semua aplikasi di atas, untuk tutorialnya kamu bisa ikut langkah-langkah berikut.

Cara Melindungi CD/DVD Agar Tidak Bisa Di Copy



  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengelompokkan data-data yang akan kamu burning ke dalam satu folder agar nantinya mudah untuk kita jadikan CD atau DVD.
  2. Setelah itu kamu copykan 2 - 3 file image error yang tersedia di dalam wtm CD protect. Untuk lebih jelasnya file tersebut ada pada folder Image-imp pada direktori C:\Program Files\Wtm CD Protect\Imp-Image\Image-Imp.
  3. Di sana kamu pilih beberapa file *.imp, yang saya rekomendasikan yaitu copy file image5.imp, image6.imp dan image7.imp. Keterangannya Semakin tinggi angka imagenya, Maka akan semakin tinggi juga tingkat dari enkripsinya, Namun semakin besar juga kapasitas yang akan dibutuhkan.
  4. Setelah itu kamu pastekan file tersebut di dalam folder yang telah berisikan data – data yang akan di burning tadi.
  5. Kemudian siapkan 1 buah CD/DVD kosong untuk media burning, lalu masukkan pada CD/DVD Writer, dan di lanjutkan dengan membuka aplikasi CD Secure dan kemudian kamu isi form – form yang tersedia sesuai dengan keinginan. Hal tersebut berujuan untuk membuat file ISO.
  6. Setelah file ISO berhasil dibuat, Kemudian buka file ISO tersebut dengan menggunakan software yang sama. Lalu kamu pilih folder mana yang ingin kamu sembunyikan agar file atau folder tersebut tidak dapat dilihat oleh orang lain meski bagaimanapun caranya. Setelah Selesai save kembali ISO nya. Kemudian tutup aplikasi CD secure-nya.
  7. Sekarang lanjutkan dengan membuka aplikasi Nero untuk melakukan burning ISO ke dalam CD yang kosong tadi. Pada Nero Burning Rom, kamu pilih menu Recorder-Burn Image. Kemudian Setelah selesai melakukan burning, kamu masukkan kembali CD tadi, lalu lanjutkan buka aplikasi Clone CD.
  8. Tujuan menggunakan aplikasi Clone CD yaitu utnuk membuat file image dari CD tersebut. Lalu Buatlah image dari CD tersebut.
  9. Beeikutnya Buka aplikasi WTM CD Protect, Lalu kamu masuk ke menu Option yang bertujuan untuk memilih tingkat enkripsi, Pada bagian ini kamu pilih sesuai file image error yang telah di copy tadi. Misal kamu telah mengcopy file image5.imp maka di menu option kamu hanya dapat memilih enkripsi pilih level 5 saja.
  10. Setelah itu save option, pindah ke menu Image File. DI sini kamu pilih file image yang telah dibuat dari Clone CD, lalu klik pada bagian menu Protect.
  11. Setelah semua proses berhasil, keluarkan CD yang ada isinya tadi, Lalu ganti dengan CD kosong. Kemudian selajutnya berpindah ke aplikasi Clone CD, di sana pilih menu Write Image To Disc. kemudian Pilih file image yang telah kita proteksi oleh WTM tadi.
  12. Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu burn image tersebut dengan menggunakan Clone CD. Nantinya kamu hanya perlu ikuti perintah – perintah yang tersedia.
  13. Jika semua proses sudah 100%, masukkan kembali CD yang kedua tersebut, kemudian kamu coba copy data yang telah di proteksi tadi untuk mengetahui hasilnya.
Itulah Cara melindungi CD/DVD agar tidak bisa di copy yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melindungi CD/DVD Agar Tidak Bisa Di Copy"

Post a Comment