Cara Membuat desain cover buku online

Desain cover buku online - Halo sahabat blogger, jika kita bicara tentang Ebook/buku fisik biasa, tentunya tidak jarang sebuah sampul merupakan pandangan pertama yang menarik hati agar si pembaca menginginkan membaca ebook atau buku tersebut. Memang tidak dapat kita pungkiri lagi, bahwa untuk membuat cover/sampul buku membutuhkan sedikit keahlian dalam membuat sebuah desain. 

Untuk membuat desain cover buku, kita membutuhkan juga software tambahan yang harus kita instal pada komputer, seperti misalnya Photshop, CorelDraw, atau aplikasi pembuat cover buku lainnya. Namun jika kamu tidak tertarik menggunakan aplikasi yang harus di instal terlebih dahulu pada komputer atau laptop karena suatu alasan, kamu dapat membuat desain cover buku secara online.

Membuat cover buku secara online pun memanglah banyak situs yang menyediakan jasa untuk membuat desain cover buku/ebook. Namun saya mempunyai rekomendasi situs untuk membuat cover buku online yang mudah, yaitu melalui situs Canva. Dan jika kamu masih bingung menggunakan canva untuk membuat cover buku, kamu bisa ikuti langkah-langkah sederhana berikut.

Cara Membuat desain cover buku online 


1. Pertama kamu harus kunjungi situs Canva terlebih dahulu tentunya pada link berikut : Kunjungi Canva.
2. Setelah itu kamu login terlebih dahulu, kamu dapat menggunakan pilihan akun, yaitu dengan menggunakan Akun Google atau Akun Facebook.
3. Lalu setelah login, pada bagian halaman dasboard kamu klik bagian "More..." yang ada pada tab Create a design.
4. Di sana kamu akan menemukan pilihan layout yang tersedia seperti gambar di bawah, atau kamu dapat membuat sendiri ukuran pixelnya. dengan cara memilih "Use Custom Dimensions".


5. Setelah menentukan desain cover, selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman baru panel editor, pada halaman editor ini tersedia berbagai macam tools yang dapat kamu gunakan untuk mendesain cover buku sesuai dengan keinginan kamu. Dan semua tools yang ada di sana sangat mudah untuk digunakan.
6. Tools yang tersedia disana yaitu Element, Layout, Text, Tombol upload foto, Background, dan lainnya. Jika kamu memiliki beberapa desain yang ingin kamu tambahkan kamu hanya perlu klik Tombol "Upload"


7. Jika desain yang telah kamu tambahkan berhasil di upload, selanjutnya kamu bisa atur desain tersebut dengan cara menggeser pada bagian layout yang tadi kamu buat. Di sana kamu dapat sesuaikan ukurannya sesuai dengan keinginan kamu. Dan juga terdapat beberapa menu lainnya seperti yang dapat kamu lihat pada gambar berikut ketika menyesuaikan desain yang kamu upload.


8. Berikutnya jika kamu ingin menambahkan beberapa teks untuk mempercantik desain, kamu hanya perlu klik pada bagian "Text" dengan berbagai macam gaya Font di dalamnya.
9. Selanjutnya kamu hanya perlu menyesuaikan ukuran dan posisi dari teks tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan.


10. Pada menu lainnya yang dapat kamu gunakan untuk membuat cover buku, saya kira kamu tidak akan kesulitan untuk menggunakan tools online untuk membuat cover buku yang satu ini jika kamu mempunyai kemampuan dasar editing.
11. Jika kamu sudah selesai membuat desain, kamu dapat mendownload atau menyimpan desain yang telah kamu buat tadi. ke dalam bentuk format JPG, PNG atau bisa juga dalam bentuk PDF. Dan juga secara otomatis desain yang kamu buat akan tersimpan pada akun yang kamu gunakan untuk membuat desain tersebut.


Itulah Cara membuat desain cover buku online yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini.  dengan cara di atas kamu dapat membuat cover buku dengan cepat, sederhana, dan juga keren sesuai dengan kreatifitas kamu. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments