Tips Untuk Amankan Android dari Malware dan Virus

Tips untuk amankan android dari malware - Halo sahabat blogger, pernahkan ketika kamu mengunjungi sebuah situs internet, tiba-tiba saja kita mendownload sebuah file yang tidak jelas? Atau ketika kita membuka sebuah situs muncul pop-up yang terkadang menyuruh kita untuk mendownload anti virus, pengaman, atau sejenisnya? Jika demikian sebaiknya kamu hati-hati karena terkadang pada file tersebut terdapat virus atau malware yang di sisipkan pada program tersebut.

Ketika hal tersebut terjadi hp android kita mendownload aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan dan bahkan tidak jelas asal-usulnya. Tentunya kita akan mengalami banyak sekali kerugian. karena secara tidak kita sadari malware tersebut telah menghabiskan kuota internet dan juga membuat hp android kita menjadi lemot karena kehabisan kapasitas.

Jika hp android sobat troublekit mengalami hal tersebut, bisa jadi hp android kamu terkena Adware, selain itu adware biasanya menginstalkan aplikasi yang tidak jelas pada system/priv-app yang ada pada android, sehingga sistem menganggap bagian dari adware tersebut sebagai sistem hp android itu sendiri. Terlebih lagi terkadang ketika kita akan mencoba melakukan Factory Reset, kita tidak dapat melakukan hal terebut.

Tips Untuk Amankan Android dari Malware dan Virus



Jika memang misalnya HP sobat sekalian sudah kedapatan terjangkit oleh malware/Adware, sebaiknya kamu memeriksa hp android kamu dengan cara scan menggunakan antivirus yang banyak tersedia di playstore. Namun untuk mengatasi Malware/Adware saya merekomendasikan sobat sekalian untuk menggunakan MalwareBytes yang dapat kamu download di Google Playstore pada link berikut : Download MalwareBytes

Untuk kasus yang pernah saya alami, saya pernah mendapatkan 4 file yang telah di anggap sebagai malware, Tetapi file tersebut masih tetap di hapus ketika saya mencoba menghapus aplikasi tersebut. Ada kemungkinan karena sudah dianggap sebagai sistem seperti yang saya katakan tadi.

Empat file yang saya temukan tadi yaitu gmtgp.apk , dpl.apk, .gmq.apk dan .gma.apk. Dan semua file tersebut berada pada system/priv-app. selain itu jika kita melihat pada bagian Setting->App pada Tab Running Apps, nantinya akan ada 2 jenis aplikasi sama yang bernama Key Chain, Namun jika kita lihat lebih teliti lagi ada perbedaan di antara 2 Key Chain tersebut, yaitu dari Pathnya. jika Key Chain Malware/Adware memiliki path com.android.livcat.d:daemon dan juga com.android.akyassist.c:daemon. sedangkan Key Chain bawaan android yaitu android.security.KeyChain.

Jika masalah kamu benar-benar sama dengan yang saya alami, ada 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut. yaitu dengan cara pertama flashing ulang atau dengan menggunakan cara ke 2 yaitu dengan melakukan root pada hp android. Karena pada waktu itu saya tidak mempunyai kuota untuk mendownload semua bahan untuk flashing, sehingga saya menggunakan cara 2 yaitu dengan cara melakukan rooting dengan menggunakan King Root.

Setelah hp android selesai di root, saya mencoba menggunakan aplikasi king root untuk melakukan scan terhadap hp android saya. Kemudian hasilnya masih tetap sama yaitu sama menemukan 4 file yang tadi. Tetapi setelah di root saya masih tetapi tidak dapat menghapus 4 file tersebut, namun masih ada solusi yaitu dengan cara memindahkan file tersebut ke daftar block King Root sehingga aplikasi akan non-aktif dan tidak menginstal aplikasi tanpa seizin kita.

Sebenarnya cara ampuh yang dapat kamu lakukan yaitu dengan cara instal stock rom baru, namun berhubungan kuota tidak mencukupi untuk mendownload bahannya terpaksa melakukan root. Tetapi untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya kamu jangan aktifkan fitur Install from Unknow Source secara terus-menerus, agar tidak sembarang aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya tidak seenaknya terinstal.

Itu tadi tips untuk amankan android dari malware yang dapat saya ulas pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat, Terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments