Cara Monitoring Penggunaan Bandwidth Di Dalam Jaringan Yang Di Gunakan

Cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan - Halo sahabat blogger, Memonitoring atau memantau bandwidth memanglah sangat perlu dilakukan, apalaku jika misalnya kita menggunakan koneksi internet dengan batasan kuota, agar kita mengetahui jumlah kuota yang kita gunakan.

Agar dapat memonitoring bandwidth yang kita gunakan, kita membutuhkan tools yang di khususkan untuk memonitor bandwidh agar dengan mudah kita dapat memantau penggunaan upload atau download yang kita gunakan untuk mengontrol aktifitas penggunaan internet.

Nah untuk pertemuan kita kali ini, kita akan membahas beberapa aplikasi untuk memonitoring bandwidth terbaik dan populer versi troublekit agar kamu dapat mengetahui penggunaan bandwidth yang sering digunakan dalam internetan, berikut uraian ulasannya.

Cara Monitoring Penggunaan Bandwidth Di Dalam Jaringan Yang Di Gunakan



1. FreeMeter Bandwidth Monitor


Aplikasi pertama merupakan aplikasi utility sederhana, dan yang lebih menarik yang lagi aplikasi ini merupakan aplikasi portable, namun meskipun aplikasi ini sederhana aplikasi ini juga dapat menganalisis data yang ditransfer melalui antarmuka jaringan komputer dan menampilkan statistik dalam representasi secara gratis.

Secara default aplikasi ini nantinya akan muncul di jendela atas. Sehingga nantinya kamu dapat melihat grafik aktivitas lalu lintas download dan upload secara bersamaan dengan tampilan kecepatan download dan upload, waktu dan skala. Pada bagian menu konteks, di sana kamu dapat menentukan interval waktu dari pembaharuan dan unit pengukuran, ditambah dengan pilihan interface.

Selain itu aplikasi ini akan memberikan rincian log, dan juga selalu memeriksa update program. Karena aplikasi ini merupakan utilities yang kecil sehingga tidak terlalu mempengaruhi kinerja komputer.


2. ISP Monitor


Aplikasi kedua yang akan menjawab kebutuhan kamu dalam memonitoring sebuah jaringan bernama ISP Monitor. Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur yang sangat bermanfaat untuk memonitoring sebuah jaringan yaitu diantaranya pemantauan lalu lintas secara Real Time, built-in ttaffic yang mempunyai 3 mode untuk menampilkan kecepatan jaringan yang kamu gunakan.

Semua model yang terdapat pada aplikasi ini dapat kamu sesuaikan sesuai dengan kebutuhan kamu, Selain itu aplikasi ini dapat menampilkan persentase dari jumlah kuota yang digunakan dan juga dapat memungkinkan kamu untuk menyesuaikan kecepatan internet sebelum mencapai batas bandwidth atau kuota.

Maka dari itu aplikasi ini akan sesuai untuk kamu yang ingin mengontrol penggunaan kuota atau Bandwidth.


3. NetWorx


Networx merupakan aplikasi bandwidth monitoring yang dapat digunakan secara gratis. Tetapi meskipun aplikasi ini gratis di dalam nyamuk terdapat beberapa tool yang bisa dikatakan cukup tangguh. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat memungkinkan seorang pengguna internet mengetahui kecepatan dari koneksi internet yang digunakan dan juga memonitoring Berapa banyak traffic internet yang telah digunakan.

Selain aplikasi yang satu ini akan membantu kamu untuk memonitoring kuota atau bandwidth yang kamu gunakan. Aplikasi ini juga dapat memungkinkan pengguna jaringan internet untuk mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan pada sebuah jaringan internet dan juga akan memberi pemberitahuan jika ada penggunaan internet yang berlebihan.


4. Cucusoft Net Guard


Aplikasi berikutnya yaitu ada aplikasi yang sangat berguna untuk kamu gunakan dalam hal memantau penggunaan koneksi internet, dan yang lebih menariknya lagi aplikasi ini dapat menghilangkan Malware yang terkadang tidak kita sadari selalu menghabiskan kuota Bandwidth.

Selain itu cucusoft net guard dapat kamu gunakan untuk mengatur batas lalu lintas perbulan. Terlebih lagi aplikasi ini juga menyediakan fitur Forcast yang secara otomatis membantu kamu menghitung penggunaan bandwidth yang diproyeksikan selama satu periode. Dengan begitu kamu dapat menentukan penggunaan kuota tiap bulannya Apakah melebihi batas ataupun tidaknya.


5. tbbMeter


Aplikasi terakhir yang dapat saya sampaikan yaitu ada aplikasi yang dapat membantu kamu untuk memantau penggunaan internet yang bernama tbbmeter. Aplikasi yang akan membantu kamu Untuk melihat seberapa banyak komputer atau perangkat yang terhubung pada koneksi internet yang kita gunakan secara real-time. Sehingga kamu dapat memantau langsung Bagaimana penggunaan internet pada masing-masing perangkat dari hari ke hari.

Dengan tbbMeter akan membantu kamu untuk mengatur penggunaan koneksi internet, agar tidak terjadi penggunaan internet secara berlebihan apalagi jika kita menggunakan kuota atau bandwidth yang terbatas.


Dengan menggunakan 5 aplikasi di atas kamu sudah bisa mengetahui cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan internet yang kamu gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Monitoring Penggunaan Bandwidth Di Dalam Jaringan Yang Di Gunakan"

Post a Comment