cek kesehatan hardisk eksternal dengan hardisk sentinel

Cek kesehatan hardisk eksternal - Halo sahabat blogger. Apakah pada saat ini kamu ingin mengetahui kondisi dari hardisk yang kamu gunakan, baik itu hardisk eksternal atau hardisk internal? Ada kalanya ketika kita menggunakan komputer kita merasakan performa dari komputer semakin melambat dan kurang stabil. Salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab kinerja komputer menjadi lambat yaitu hardisk yang mengalami bad sector.

Untuk mengetahui dan juga memperbaiki bad sector sistem operasi Windows kita dapat menggunakan fitur bawaan yang tersedia dari Windows yaitu Check Disk atau CHKDSK. Tetapi agar lebih memastikan lagi Apakah benar hardisk yang kita gunakan mengalami bad sector sebaiknya kamu juga mencoba menggunakan sebuah aplikasi yang bernama hardisk Sentinel untuk mengetahui kesehatan hardisk eksternal dan hardisk internal yang kamu miliki.

Kenapa kita harus menggunakan hardisk Sentinel untuk mengetahui kondisi kesehatan dari hardisk yang kita gunakan? Saya sarankan menggunakan aplikasi ini karena selain aplikasi ini dapat mengetahui kondisi dari harddisk, aplikasi ini juga dapat memperbaiki hardisk yang rusak. Aplikasi yang nantinya dapat menampilkan beberapa status dari kesehatan artis yang dimulai dari suhu, informasi hardisk, performa harddisk dan lainnya.

Cek kesehatan hardisk eksternal dengan hardisk Sentinel


Pada dasarnya hardisk baru, kita tidak perlu mengkhawatirkan kondisi dari hadis tersebut tentunya. Tetapi semakin lama habis tersebut digunakan, biasanya performa dan jaga kesehatan artis pun akan ikut menurun Seiring berjalannya waktu. Dengan menggunakan hardisk Sentinel dapat memonitoring hardisk dengan menggunakan teknologi S.M.A.R.T ( self-monitoring, analysis and reporting teknology). Dengan menggunakan teknologi tersebut, hardisk Sentinel dapat memprediksi kerusakan kerusakan yang terjadi pada hardisk sesuai dengan kondisinya seperti gambar berikut :



Nantinya aplikasi ini akan menunjukkan status kondisi dari hardisk yang terhubung dengan komputer atau laptop yang kita gunakan. Kita akan melihat status yang ditunjukkan melalui beberapa warna yang akan ditunjukkannya yaitu :
  • Warna hijau : dimana warna tersebut akan menunjukkan kondisi dari hati tersebut dalam keadaan bagus.
  • Warna kuning : menunjukkan bahwa kondisi dari hardisk tersebut kurang bagus.
  • Warna merah : untuk warna yang satu ini menunjukkan adanya kerusakan pada hardisk yang terhubung pada komputer.
Tentunya jika warna hijau yang muncul pada hardisk yang kita gunakan kita tidak perlu melakukan apapun pada hardisk tersebut. Tetapi jika warna indikator kuning ataupun merah yang muncul, kita harus memperbaikinya dengan cara berikut :

1. Pertama Masuk ke menu S.M.A.R.T
2. Kemudian Kamu cari yang berwarna merah dan kuning
3. Lalu Kemudian atur value (nilai) pada atribut yang telah mengalami kerusakan sesuai dengan nilai data yang ditampilkan

Selain itu kita juga dapat melakukan pemeriksaan hardisk sendiri yang dapat kita lakukan melalui fasilitas surface test dengan cara berikut :

1. Klik pada bagian menu Disk
2. Lalu pilih Surface Test



Nantinya Di sana akan ada 5 pilihan tes yang dapat kamu gunakan, kamu dapat memilih salah satu tes yang sesuai dengan kebutuhan. Tetapi sebelum melakukan tes pada hardisk, sebaiknya kamu memperhatikan apa yang ada pada petunjuk tersebut, karena ada beberapa tes yang memungkinkan akan menghapus semua data yang ada pada hardisk. Keren juga saran terakhir yang dapat saya sampaikan yaitu sebaiknya jangan dulu membuka program lain sebelum selesai melakukan pengecekan hardisk, karena hal tersebut akan memperlambat proses pengecekan kondisi artis yang kamu lakukan. Jika kamu ingin mendownload hardisk sentinel kamu dapat mendownloadnya pada link berikut :


Itulah cara cek kesehatan hardisk eksternal dengan hardisk Sentinel yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengetahui kondisi hardisk yang kamu gunakan. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments