Langkah-langkah Mengamankan Data Di Android Dengan Enkripsi

langkah-langkah mengamankan data di android - data-data yang tersimpan pada handphone Android yang kita gunakan baik itu nomor telepon, foto, SMS dan lain-lainnya. Seperti yang kita ketahui hal tersebut merupakan sesuatu yang penting bagi kita. Maka dari itu, tentunya kita tidak ingin ada orang lain mau copy ataupun membaca file saya atau data yang ada pada smartphone Android kita.

 Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara mengamankan data di Android dengan menggunakan enkripsi data. Pada tutorial kali ini saya akan memberikan tutorial enkripsi data di Android dengan menggunakan Android versi 4.4 KitKat. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah-langkah Mengamankan Data Di Android Dengan Enkripsi


1. Langkah pertama kamu harus menyetel PIN, pola, atau bisa juga kata sandi untuk mengunci layar.
2. Karena proses melakukan enkripsi data pada Android dapat berlangsung hingga beberapa jam, sebaiknya kamu sambungkan charger agar proses enkripsi tidak berhenti di tengah jalan, karena hal tersebut akan beresiko semua data yang ada pada smartphone Android kita hilang.

Jika semua persiapan sudah dipersiapkan, maka sekarang kita lanjut ke cara mengamankan data di Android dengan menggunakan enkripsi berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Pada smartphone Android yang kamu gunakan, buka menu setting.
2. Kemudian pada bagian pribadi, pilih keamanan.
3. Setelah itu pilih enkripsi Tablet atau enkripsi ponsel yang ada pada bagian enkripsi.
4. Kemudian kamu baca informasi yang muncul dengan teliti seputar tentang enkripsi.
5. Biasanya jika baterai kurang dari indikator yang ditentukan, maka tombol enkripsi tidak akan dapat kita akses. Maka dari itu sudah saya sarankan tadi untuk menghubungkan charger pada smartphone Android ketika akan melakukan enkripsi.
6. Jika kamu ingin melakukan enkripsi pada tablet atau smartphone Android yang kamu gunakan, silahkan kamu tahu tombol enkripsi tadi.
7. Setelah itu masukkan pola, sandi, atau pin yang kamu gunakan lalu sentuh melanjutkan untuk melanjutkan proses enkripsi.
8. Langkah terakhir yaitu sentuh kembali pada bagian enkripsi Tablet atau enkripsi ponsel.

Note : ketika proses enkripsi berjalan, jangan sampai kamu menghentikan proses enkripsi tersebut, karena hal tersebut akan menimbulkan resiko kehilangan sebagian data dan yang lebih parahnya lagi kamu dapat kehilangan semua data-data yang ada pada smartphone Android.

Ketika proses enkripsi sedang berjalan, pada layar smartphone Android kamu akan memunculkan tampilan dari proses enkripsi. Selain itu smartphone Android akan restart berkali-kali ketika sedang melakukan enkripsi.


Nantinya jika proses enkripsi selesai, kamu akan diminta agar memasukkan sandi, pola, atau PIN sebagai pengunci layar. Sehingga jika nantinya kamu akan mengakses perangkat smartphone Android, kamu harus memasukan keamanan tersebut.

Demikian langkah-langkah mengamankan data di Android dengan enkripsi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian, terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments