Penyebab Kartu Memori Tidak Terbaca Di HP Android

Penyebab kartu memori tidak terbaca di hp android - halo sahabat blogger. Pada dasarnya kerusakan sebuah kartu memori, baik itu MMC, micro SD, katapun memori-memori lainnya, mulai kita rasakan ketika ada beberapa Vario yang tidak dapat dibaca. Terkadang meskipun Dapat dibaca Namun kita tidak dapat membuka file tersebut.

Jika kamu juga pernah mengalami hal ini, sebaiknya kamu jangan panik terlebih dahulu, karena hal ini sudah sangat wajar, dan sering sekali dialami oleh para pengguna smartphone.

Penyebab dari kartu memori yang error, dapat dikarenakan beberapa alasan tertentu seperti misalnya sistem smartphone Android kita error ataupun kartu memori kita telah terjangkit oleh virus. Tentunya dengan adanya hal tersebut kita pun Sebagai pengguna Android akan merasa sangat kesal, kalau kita tidak dapat mengakses file-file yang ada pada kartu memori tersebut.

Tetapi meskipun kartu memori yang kita miliki error, kita tidak dapat memastikan bahwa kartu memori yang kita miliki tersebut rusak dan benar-benar tidak dapat digunakan lagi. Maka dari itu Sebelumnya kamu harus mengetahui penyebab dari kartu memori rusak atau error. Karena dengan begitu kita akan mengetahui apakah kartu memori yang kita miliki itu dapat diperbaiki ataupun tidak.

Penyebab Kartu Memori Tidak Terbaca Di Android



Penyebab kartu memori tidak terbaca pada HP Android dapat terjadi karena beberapa alasan yang umum sering sekali terjadi seperti alasan berikut.
  • Smartphone Android yang panas berlebihan
  • Sering berpindah-pindah hp
  • Kesalahan ketika mengeluarkan atau memasukkan memori
  • Slot kartu memori smartphone Android error
  • System error
  • Memory card terkunci
  • HP Android terjangkit virus
  • Kartu memori kotor

Hal tersebut merupakan penyebab penyebab yang umumnya sering terjadi, ada kartu memori ketika tidak terbaca di HP Android. Jika memang kartu memori kamu tidak terbaca maka sebaiknya kamu mencoba menggunakan cara-cara berikut untuk memperbaiki kartu memori yang rusak tidak terbaca.

Cara ke 1 : jika memory card kotor


1. Keluarkan kartu memori dari smartphone Android kamu, Tetapi kamu harus dipastikan bahwa smartphone Android telah dimatikan
2. Bersihkan tembaga pada kartu memori dengan menggunakan penghapus pensil. Gosokkan pelan-pelan secara searah sampai bersih.
3. Jika sudah bersih maka kamu masukkan kembali kartu memori ke dalam slot smartphone Android, dan kamu lihat apakah kartu memori tidak terdeteksi atau tidak.
4. Jika misalnya kartu memori belum juga dapat terbaca kamu bisa lanjutkan ke Langkah kedua.

Cara ke 2 : jika system error


1. Ketika HP Android gak mau menyala, coba kamu masuk ke menu setting -> memori atau penyimpanan -> kemudian kamu format memori atau micro SD. Hal tersebut bertujuan untuk menghapus semua data yang ada pada memori, agar memory card bersih.
2. Hal ini kita lakukan jika memang kerusakan sistem yang terjadi, tetapi jika kerusakan fisik yang terjadi, berarti memory card sudah rusak.
3. Tetapi Meskipun begitu, tidak ada jaminan bahwa memory card yang kamu miliki rusak sepenuhnya, Jika kamu masih merasa belum yakin bahwa mereka kamu belum sepenuhnya aku dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara ke 3 : periksa memori melalui PC atau laptop


1. Pertama hubungkan smartphone Android kamu ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel data.
2. Pastikan smartphone Android kamu setting dalam mode mass storage dan bukan media transfer.
3. Pada Windows Explorer atau File Explorer, Klik Kanan pada kartu memori yang ada pada hp Android kita, kemudian pilih properties, lalu Arahkan ke tab tools, kemudian pilih menu error checking, jangan lupa Beri tanda checklist pada kedua pilihan yang tersedia, Kemudian kamu pilih start untuk memulai proses pemeriksaan.
4. Jika sudah selesai Klik Kanan lalu eject, lalu kamu dapat memeriksa kartu memori tersebut Apakah sudah terbaca atau belum.
5. Jika misalnya kartu memori masih belum dapat terbaca, coba kamu format melalui PC atau laptop.

Cara ke 4 : coba pindahkan kartu memori ke hp lain


Jika misalnya ketika cara diatas sudah kamu lakukan dan kartu memori tidak dapat terbaca. Maka kamu harus mencoba memindahkan kartu memori tersebut ke HP Android atau perangkat media lain, jika memang misalnya kartu memori tersebut tidak terbaca di HP Android lain, maka sudah dapat dipastikan bahwa memory card yang kamu gunakan sudah rusak. Atau jika misalnya kartu memori tersebut dapat digunakan pada HP Android lain, Ada kemungkinan slot kartu memori pada HP Android yang kamu gunakan rusak. Tetapi untuk memastikan Apakah benar slot kartu memori yang rusak, kamu juga harus memasukkan kartu memori lain ke HP Android yang kamu gunakan untuk memastikannya.

Itulah penyebab kartu memori tidak terbaca di hp Android yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan juga menambah wawasan. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments