Tutorial cara cloning hardisk dengan norton ghost

Cara cloning hardisk dengan norton ghost - Halo sahabat blogger. Melakukan kloning pada hardisk merupakan sebuah tindakan untuk menyalin isi dari Hard Drive yang ada pada komputer atau laptop. Yang nantinya isi dari satelit tersebut disimpan sebagai file yang berformat disk image, dan akan ditransferkan ke media penyimpanan, baik itu hardware komputer lain atau bisa juga ke media removable seperti misalnya DVD atau USB flashdisk.

Pada artikel kali ini saya akan untuk melakukan cloning hardisk dengan menggunakan software Norton Ghost. Software ini merupakan aplikasi khusus yang digunakan untuk membackup data, backup data hardisk secara sebagian ataupun secara keseluruhan. Untuk melakukan cloning hardisk ada beberapa persiapan yang harus disiapkan untuk melakukannya yaitu seperti berikut :

  • USB SD yang nantinya akan kita jadikan untuk media booting.
  • HP USB disk storage format tool dan software Norton Ghost. Bisa cari di Google
  • satu buah Hardisk yang nantinya akan kita cloning.

Jika semua persiapan yang kita butuhkan sudah kita siapkan Maka selanjutnya kita akan menuju ke langkah-langkah kloning hardisk seperti berikut.

Tutorial cara cloning hardisk dengan Norton Ghost


Membuat Media Booting Dari Flashdisk


1. Jika kamu sudah mendownload ketawa software yang kita butuhkan tadi Maka selanjutnya kamu harus memformat flashdisk tersebut. Untuk memformat flashdisk tersebut kamu buka aplikasi HP USB disk storage format tool tersebut, Kemudian untuk langkah-langkahnya kamu bisa ikuti seperti gambar berikut :


2. Setelah itu Klik tombol browse, Anda nantinya akan muncul jendela baru seperti dibawah ini 


3. Kemudian langkah selanjutnya yaitu kamu Arahkan ke folder Dos System Files, di tempat dimana kamu sudah mendownload sebelumnya. Dian lanjutkan klik ok.


4. Langkah berikutnya kamu hanya perlu klik start, untuk melanjutkan format flashdisk dan sisanya kamu hanya perlu menunggu hingga proses selesai.


5. Setelah flashdisk terformat, kemudian kamu copykan file Ghost.exe ke dalam flashdisk yang telah kita format tadi.


6. Jika sudah dicopykan berarti kita sudah berhasil membuat media booting. Dan sekarang waktunya kita untuk melakukan cloning hardisk.

Cara Cloning Hardisk Dengan Norton Ghost


1. Pertama kita harus melakukan booting terlebih dahulu dengan flashdisk yang telah berisikan program Norton Ghost yang telah kita buat tadi. Dengan cara atur mode bootingnya dengan menggunakan USB Drive pada BIOS. untuk masuk BIOS dapat kamu sesuaikan sesuai dengan motherboard yang kamu gunakan. Jika sudah simpan konfigurasinya lalu lanjutkan booting komputer atau laptop.

2. Nantinya jika komputer booting kembali akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian kamu tekan enter untuk melanjutkan.


3. Pada langkah berikutnya nantin akan muncul "About Symantec Ghost" seperi gambar berikut, yang dilanjutkan dengan menekan OK.


4. Pada Wizard berikutnya kamu pilih Local -> Disk -> To Image seperti putunjuk dibawah ini :


5. Nantinya akan muncuk jendela baru, disana kamu akan memilih drive atau partisi yang akan kamu cloning. pilih salah satunya sesuai dengan yang kamu inginkan. Dan dilanjutkan dengan klik OK.


6. Selanjutnya kamu plih drive untuk menyimpan data dari hardisk yang akan kita cloning. beri nama file tersebut agar tidak susah untuk mencarinya. Lalu klik Save.


7. Nantinya akan muncul pertanyaan yang menunjukan apakah file tersebut akan di compress? hal tersebut agar ukuran file image tersebut menjadi lebih kecil.


8. Jika sudah selesai klik Yes, kemudian proses cloning hardisk akan dimulai.


9. Di sini kamu hanya perlu menunggu hingga proses selesai.


10. Setelah file image tadi sudah berhasil maka file hasil dari cloning tersebut akan berekstensi .GHO, Kemudian jika kamu akan merestore file yang kita buat tadi, caranya hampir sama ketika kita menjalankan ghost yaitu menu Local -> Partition -> From Image.

Itulah tutorial cara cloning hardisk dengan norton ghost yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu menjadi solusi dari masalah yang sedang kamu hadapi. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial cara cloning hardisk dengan norton ghost"

Post a Comment