Fungsi Dari Hardisk / Hard Drive Pada Komputer / PC



Yang mau belajar masuk yu sini. ^_^
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Harddisk / Hard Drive. karena di artikel saya sebelumnya sudah pernah belajar tentang komponen-komputer pasti sebagian sudah ada yang paham inti dan fungsi dari Hardisk / Hard Drive.namun kali ini kita akan menjelaskannya sedikit lebih detail lagi tentang Hardisk, dari pada berlama-lama yu langsung ke pembahasan.

  • Fungsi dari hard disk itu apa sih?

Peran dari sebuah hard disk yaitu melakukan penyimpanan. Semua data-data yang anda simpan di komputer semua akan tersimpan di dalam sebuah hard disk. dari mulai data dokumen, musik, film/video, program software dll. semua aman tersimpan didalam Hardisk anda.
Namun jangan lupa untuk mencadangkan file anda di flashdisk atau harddisk lain, untuk mencegah jika hardisk anda rusak mungkin saja data-data di dalam hardisk tidak bisa terselamatkan atau hilang bersama hardisk tersebut. di usahakan hal itu jangan terjadi pasti nyesek deh kalo kejadian :-( hehe

  • Seberapa besarkah kapasitas hardisk yang kita butuhkan??

Kalau bicara seberapa besar ini tergantung dari kebutuhan kita dan kemampuan kita belinya hehe
karena jika kita memang mempunyai file yang banyak untuk di simpan pastinya kita pun akan membutuhkan hardisk yang besar juga.

Satuan kapasitas harddisk di hitung menggunakan byte dari mulai yang kecil MB (megabbyte) 1MB = 1juta byte , GB(gigabyte) 1GB = 1milyar byte , dan TB (terabyte) 1TB = 1trilyun byte.
jadi kira-kira mana kapasitas hardisk yang anda butuhkan ??

  • Jenis-jenis sambungan Hard disk

Ada 4 jenis sambungan untuk penghubung antara Hardisk dengan komputer anda :

1. Sambungan USB
Sambungan USB ini adalah sambungan umum yang biasanya digunakan secara eksternal. untuk sambungan USB kita tidak perlu repot-repot mempersiapkan apapun. dengan menyambungkan antara hardisk dan komputer otomatis Hardisk siap untuk digunakan.

2. Sambungan FireWire
Sambungan ini Hampir sama dengan sambungan USB, namun urnuk FireWire memliki kecepatan jauh lebih cepat dibandingkan dengan USB, Sehingga proses tranfer/pemindahan data pun tidak akan berlangsung terlalu lama. 

3. Sambungan SATA
Sambungan SATA adalah sambungan internal standar yang biasa digunakan untuk hard disk internal. kecepatan sambungan SATA ini bisa dibilang memiliki kecepatan transfer paling tinggi di antara 2 sambungan di atas.

4. Sambungan eSATA
Sambungan eSATA ini kurang umum digunakan namun sambungan eSATA ini memiliki  kinerja yang cukup tinggi dan biasanya umum ditemukan di PC. Sambungan eSATA mempunyai kecepatan kinerja yang hampir sama dengan Hard Drive internal.

  • Pentingkah Kecepatan Sebuah Hard Disk Itu?

Ketika Anda mulai menyalakan komputer Anda, membuka sebuah file, mendengarkan musik, atau hal lainnya dengan komputer anda. sadarkah Anda sedang menggunakan hard disk tersebut. di dalam hardisk ada sebuah piringan yang berputar guna sedang memproses yang sedang anda lakukan pada komputer/file anda, jadi semakin cepat piringan itu perputar maka semakin cepat pula proses pencarian file yang kita cari berlangsung dan cepat untuk ditemukan.

Untuk pembahasan kali ini saya cukupkan sampai di sini.
Terima kasih sudah berkunjung dan belajar bersama di troublekit.blogspot.co,id.
Reactions

Post a Comment

0 Comments