Mengatasi Komputer Restart Sendiri Saat Booting


Mempunyai komputer yang tiba-tiba sering restart sendiri saat booting saat ini di gunakan tentu sangat menjengkelkan, apalagi saat itu sedang benar-benar di ada pekerjaan yang harus diselesaikan tapi saat komputer menyala tiba-tiba komputer restar sendiri dan tidak bisa masuk ke sistem operasinya, 

kenapa hal itu bisa terjadi? dan bagaimana cara solusi untuk memperbaikinya?

dari pengalaman saya sendiri ada beberapa faktor penyebab kenapa komputer sering restarr sendiri saat proses booting nya, kebanyakan yang sering saya temui penyebabnya tidak pernah jauh dari 2 hal ini antara software dan hadware yang sudah rusak. 

umumnya apabila kerusakan terjadi pada hadware biasanya di tandai dengan lapto atau pc akan terus menerus restart dan tidak sama sekali bisa masuk ke Windows.

tapi bisa jadi permasalahannya karena seperti hal-hal di bawah berikut
  1. Windows yg Korup Atau bermsalah
    Windows yang terus menerus restart saat booting bisa juga terjadi dikarenakan karena sistem operasi OS yg bermasalah. untuk mengatasinya bisa gunakan 2 solusi yg umum di pakai, yaitu dengan menggunakan System Restore Windows dengan cara masuk Safe Mode terlebih dahulu kemudian melakukan System Restore. bila cara tersebut gagal bisa juga dengan menginstall ulang Windows.

  2. Driver Komputer Tidak Cocok atau sesuai
    Umumnya permasalahan seperti ini bisa terjadi apabila kamu baru saja mencoba menginstall driver dan ternyata driver tersebut tidak cocok. Hal itu dapat terjadi pada  System Operasi OS Windows versi lama. Setelah selesai instalasi driver VGA atau audio, komputer selalu restart setelah selesai loading Windows.

  3. Power Supply Rusak
    Mungkin banyak yang tidak banyak menyadarinya apabila pc kekurangan daya juga tentu bisa memunculkan permasalahan Windows selalu restart saat booting. Apa bila PS Komputer Kamu memang sudah bertahun-tahun dipakai, maka ada kemungkinan kemungkinan hal ini bisa terjadi caranya bersihkan terlebih dahulu PS nya dan tes kembali.

  4. Hardisk Bad Sector
    Hardisk yg mengalami bad sector tentu tidak nya bisa membuat Windows yang tidak mau booting, bisa juga malah tiba-titba berhenti saat proses booting, atau kadang stuck saat loading windows. Dalam beberapa kejadian hardisk yang bad sektor umumnya terdengar bunyi dari hardisk. Solusi yang  bisa kamu coba apabila terjadi bad sector adalah adalah mengganti terlebih dahulu hardisk.

  5. Hardisk yg tidak Terbca
    Apabila hardisk yang tidak terbaca coba masuk terlebih dahulu ke BIOS. apabila bios sama sekali tidak mendeteksi sama sekali hardisk komputer kamu, ada kemungkinan, bisa kabel data hardisk yang rusak, atau hardisk-nya memang harus di ganti
    .
  6. RAM PC kamu yang Kotor
    apabila kamu memang sudah mencoba memeriksa 5 hal di atas dan semua baik-baik saja ada kemungkinan permasalhan terjadi dari RAM Komputer yang menjadi penyebab Windows OS restart terus menerus saat booting. Silahkan kamu bisa coba cabut dan bersihkan RAM bisa menggantinya dengan yang baru atau di coba di bersihkan terlebih dahulu dengan penghasup, bila kamu belum pernah mencoba membersihkannya dan kebingungan ada baiknya pc kamu di bawa ke tempat service.
itulah 6 tips yang umum dilakukan apabila untuk mengatasi komputer restart sendiri saat booting, semoga bermanfaat ya 
Reactions

Post a Comment

0 Comments