Cara Memperbaiki PS2 Hardisk No Data Tidak Bisa Booting

Cara memperbaiki ps2 hardisk no data - Halo sahabat blogger. Apakah pada saat ini kamu sedang mengalami masalah hardisk PS2 tidak bisa booting? Atau hardisk PS2 yang terpasang pada PS2 tidak bisa masuk menu game? Mungkin untuk kamu yang baru pertama kali mengalaminya, tentunya kamu pasti akan merasa khawatir jika terjadi hal seperti itu bukan.

Mulai sekarang kamu Hilangkan rasa khawatir tersebut untuk sejenak, karena Pada kesempatan kali ini, Saya akan mencoba memberikan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadi solusi cara memperbaiki hardisk PS2 yang macet tidak bisa booting.

Untuk masalah PS2 no data, biasanya terjadi karena tidak ada tegangan masuk ke NA. NA itu sendiri merupakan sebuah konektor untuk hardisk yang menghubungkan ke mainboard console Play Station.

Lalu pertanyaannya, Sebenarnya apa yang menyebabkan PS2 menjadi no data dan macet sehingga PS2 cuma muncul Matrix? Rangkuman dari jawaban tersebut yaitu seperti berikut ini :

1. Hardisk error atau mati.
2. Hardisk terlepas dari network adapter.
3. Settingan boot mode berubah.
4. NA Rusak.
5. Dan juga Fuse mati.

Itulah penyebab penyakit yang biasanya terjadi ketika artis PS2 no data. Nah, untuk cara mengatasi hardisk PS2 tidak bisa booting kamu bisa bacq selengkapnya hingga selesai.

Cara Memperbaiki PS2 Hardisk No Data Tidak Bisa Booting



1. Periksa sambungan HDD dan NA


Apakah kamu sering melepas hardisk dengan Network adapter? Jika iya, maka hal tersebut akan menjadi penyebab hardisk PS2 no data, sarana komersial antara habis dengan Network adapter menjadi longgar. Dengan kondisi konektor yang longgar, meskipun semuanya PS2 yang kita gunakan terbentur kabel konektor akan terputus dengan sendirinya.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini kita buka baut Network adapter atau NA, lalu keluarkan artis tersebut dan pasangkan kembali ke posisi semula dengan benar. Dengan melakukan hal tersebut maka biasanya hardisk PS2 no data dapat teratasi.

Baca Juga :
Hardisk ps2 tidak terbaca di winhiip
Cara mengatasi hardisk ps2 tidak terbaca di komputer

2. Hardisk error atau mati


Dengan kondisi hardisk error atau mati, Makasih sudah bisa memastikan bahwa pastinya akan terjadi masalah PS2 no data, PS2 tidak dapat membaca menu game, dan bahkan tidak bisa booting.

Untuk mengetahui apakah hardisk yang ada pada PS2 tersebut error, coba kamu ganti hardisk tersebut dengan hardisk lain jika memang kamu mempunyai cadangan hardisk lain. Jika hardisk sudah diganti dan kondisi PS2 normal, maka memang harddisk error atau mati lah masalahnya.

3. Settingan boot mode berubah


Masalah ketiga ini biasanya jarang sekali disadari oleh para pengguna PS2, yaitu pengaturan boot mode berubah menjadi DEV1. Dengan berubahnya boot mode, makanan cina tampilan pada layar ketika PS2 dinyalakan akan datang setelah melewati loading matrix.

Cara setting hardisk ps booting mode, yaitu dengan cara masukkan stik ke slot PS2, lalu nyalakan playstation. Jika logo matrix muncul, kemudian tekan segitiga dan O. kemudian kamu lihat pada tab BOOT MODE, jika memang pengaturan boot berubah ke DEV 1, maka tentunya kamu harus menggantinya ke DEV2. Jika sudah selesai kemudian simpan pengaturan, dan restart playstation anda.

4. Perbaiki NA rusak atau error


Untuk mengetahui NA yang ada pa PS2 kamu error atau tidak, coba kamu pinjam NA dari mesin playstation lain yang kamu miliki. Jika playstation sudah dinyalakan dan bisa menampilkan game, berarti NA yang kamu gunakan error dan harus memperbaiki atau alternatifenya mengganti NA jika kerusakan parah.

Cara memperbaiki, coba kamu buka semua baut yang ada di plat NA, kemudian bersihkan kaki-kaki soket jika kotor penuh kotoran. Solder ulang kaki-kakinya jika memang sudah kelihatan longgar.

5. Fuse mati


Pada kasus ini ada 2 fuse yang dapat menyebabkan PS2 hardisk no data, dan juga hanya tampilan browser saja ketika setelah matrix. Fuse yang dimaksud letaknya ada di dekat soket NA. coba kamu liat kode fuse di mainboard, fuse yang saya maksud yaitu Fuse 7 dan fuse 10. Fuse 7 adalah sebuah pengaman tegangan arus yang berukuran 5 volt, sedangkan untuk fuse 10 yaitu pengaman arus yang memiliki ukuran tegadangan 12 volt untuk NA dan HDD.


Jika ada kerusakan pada salah satu fuse tersebut, maka kamu harus mengganti Fuse tersebut dengan yang baru. Solusi tersebut merupakan solusi yang dapat saya berikan.

Mungkin hanya itu saja masalah yang sering sekali terjadi ketika hardisk ps2 no data yang menyebabkan kenapa ps2 hanya menampilkan browser saja setelah matrix, atau pun juga tidak dapat masuk ke menu game. Meskipun pada nyatanya masih ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Dengan ini saya akhiri perjumpaan kita pada artikel cara memperbaiki ps2 hardisk no data tidak bisa booting yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu mengatasi masalah seputar PS2. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

1 Comments

  1. Ps saya di cek dibkomputer masi ad data.tibah di ps tampil no data..kira kira ap penyebagnya itu kak..

    ReplyDelete