Cara Mudah Encrypt File PDF Menggunakan PDF XChange

Cara encrypt file PDF menggunakan PDF XChange Viewer - Halo sahabat blogger, pada beberapa waktu lalu saya menerima sebuah email yang menanyakan bagaimana cara encrypt atau mengunci file PDF agar tidak tidak bisa di copy atau paste. Nah pada kali ini Troublekit akan mencoba berbagi tutorial cara mengunci file PDF dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama PDF Xchange Viewer.

Karena beberapa alasan, beberapa orang memilih agar filenya tidak dapat di salin dengan mudah. Maka dari itu, dengan menggunakan aplikasi gratis PDF Xchange Viewer dapat membantu untuk menangani hal tersebut. Pada dasarnya software ini hanya digunakan oleh sebagian orang untuk dapat membuka file PDF saja, namun tidak banyak orang yang mengetahui juga bahwa software yang satu ini memiliki fitur yang berfungsi untuk mengamankan file PDF agar tidak di modifikasi secara sembarangan.

Jika kamu ingin mengetahui cara menggunakan aplikasi ini untuk mengunci file PDF kamu bisa ikuti tutorialnya seperti berikut.

Cara Mudah Encrypt File PDF Menggunakan PDF XChange


Cara Status Proteksi File PDF


Sebelum kita berlanjut ke tutorial, sebaiknya kita mengetahui status dari file yang akan kamu proteksi dengan langkah-langkah berikut :

1. Pertama kamu harus download dan instal terlebih dahulu aplikasi PDF Xchange Viewer pada link berikut : Download PDF Xchange Viewer

2. Setelah aplikasinya terinstal, selanjutnya kamu buka aplikasi PDF Xchang Viewer yang dilanjutkan dengan membuka file PDF yang akan kamu kunci/modifikasi.


3. Kemudian kamu pilih menu File lalu pilih Document properties. atau agar lebih mudah kamu bisa langsung menekan Ctrl+D pada keyboard.


4. Pada jendela baru yang muncul, selanjutnya navigasikan ke menu Security, nantinya disana kamu akan melihat status keamanan dari file PDF yang kamu buka. pada contoh berikut kita melihat bahwa fitur secutiry tidak diaktifkan, sehingga semuanya bertuliskan "Allowed".


5. Jangan tutup dulu jendela Document propertiesnya karena masih bagian dari tutorial.

Cara Proteksi File PDF Menggunakan PDF Xchange Viewer


Setelah kita mengetahui status dari file PDF yang kita ingin proteksi, maka sekarang kita akan lanjutkan ke tutorial cara mengunci File PDF seperti berikut :

1. Di sana kamu pasati akan melihat menu yang bertuliskan "Secutiry Method". Untuk file PDF yang tidak di proteksi akan menunjukan Status "No Security". jika kamu ingin memproteksi file yang sedang kamu buka pada saat ini, kamu hanya perlu mengganti menu tersebut menjadi "Password Security". Encryption Method sendiri nantinya akan mengikuti versi PDF yang nanti bisa dipilih.


2. Nanrtinya kamu akan diminta untuk memilih compatibiliy dengan versi PDF yang sesuai.


3. Setelah kamu merubah Compatibility-nya, sekarang saatnya untuk setting tingkat keamanan sesuai dengan yang kamu inginkan.

4. Kemudian kamu pilih komponen mana saja ingin kamu proteksi dengan cara memilihnya pada bagian "Select Document Components to Encrypt", Untuk Setting defaultnya "All Document", sehingga dengan setting default akan memproteksi file tersebut secara keseluruhan.


5. Lalu pada bagian "Passwords and Permissions" kamu beri tanda pada bagian "Required a password to open the document", kemudian kamuu isikan password sesuai dengan keinginan kamu, agar setiap kali ada seseorang yang ingin membukanya orang tersebut harus menggunakan password untuk dapat mengakses file tersebut.



Jika setiap kali file tersebut mengalami perubahan dan kamu ingin file tersebut meminta password kamu bisa memberi tanda centang pada bagian "Required a password to change permissions for the document". Lalu masukkan password untuk mengakses file PDF tersebut.


6. Proteksi selanjutnya yaitu jika kamu tidak ingin ada orang yang mencetak atau print file tersebut, kamu hanya perlu mengubah "Printing Allowed" menjadi "Not Allowed".

Dengan begitu kamu sudah berhasil memproteksi file PDF tersebut agar tidak di copy atau paste oleh orang lain. Sebenarnya masih ada pengaturan lanjutan yang bisa kamu lakukan untuk mengunci file PDF dengan aplikasi ini, namun saya pikir proteksi dasar pun sudah cukup agar file PDF yang kamu miliki tidak disalin dengan mudah oleh orang lain. kamu bisa coba sendiri jika ingin menelusuri fitur-fitur proteksi lainnya.

Terima kasih itu tadi Cara encrypt file PDF menggunakan PDF XChange Viewer pada artikel ini. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Encrypt File PDF Menggunakan PDF XChange"

Post a Comment