Tutorial Cara Mengatasi Hardisk Yang Tidak Bisa Diformat

Cara mengatasi hardisk yang tidak bisa diformat - Halo sahabat blogger, Pernahkah pada suatu ketika kamu mendapatkan sebuah masalah, yang mana hardisk eksternal yang kamu miliki ketika dihubungkan dengan komputer ataupun laptop, hardisk eksternal tersebut meminta kamu untuk melakukan format? Nah kejadian tersebut pernah saya alami, Pada awalnya karena tidak ada data-data penting di dalam hardisk external, Saya memutuskan untuk melakukan format, tetapi ketika Saya ingin melakukan format terhadap hardisk eksternal yang Minta format, malah terjadi sebuah kesalahan, Sehingga hadis tersebut tidak dapat saya format.

Jika kamu mengalami hal tersebut juga, ada cara sederhana yang dapat kamu gunakan untuk memperbaiki hardisk yang tidak bisa diformat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Tutorial Cara Mengatasi Hardisk Yang Tidak Bisa Diformat


1. Pertama kamu hubungkan hardisk yang mengalami masalah tersebut ke komputer ataupun laptop.
2. Selanjutnya kamu harus masuk ke computer management, yaitu dengan cara ketikan computer management pada pencarian menu Start.
3. Setelah komputer management muncul, kamu pilih disk management yang ada di bawah menu storage.


4. Setelah itu kamu lihat dimana harddisk yang mengalami masalah tersebut berada. Saya contohkan sebagai F:

  • Kemudian kamu Klik Kanan pada hardisk tersebut Kemudian kamu pilih delete volume.

  • Setelah itu kamu Klik Kanan pada bagian yang seperti pada gambar berikut, Kemudian kamu pilih offline.

5. Setelah itu kamu lepas hardisk eksternal tersebut dan kemudian pasangkan kembali. Tetapi kamu jangan keluar komputer management terlebih dahulu.
6. Setelah itu kamu Klik Kanan pada kotak yang seperti pada gambar berikut Kemudian kamu pilih online, selanjutnya kamu Klik Kanan pada hardisk eksternal yang mengalami masalah tersebut, nantinya kamu pilih format


7. Jika jendela format muncul, pada bagian 'allocation unit size' kamu pilih default. Dan juga kamu jangan Beri tanda pada bagian 'perform a quick format'. Setelah pengaturan selesai klik ok.


8. Kemudian kamu tunggu prosesnya hingga selesai.

9. Biasanya jika hardisk eksternal sudah diformat, hadis tersebut nantinya tidak akan muncul di my computer atau this PC. Untuk memunculkannya kamu kembali ke computer manchange drive letter and Path'.
agement, kemudian kamu Klik Kanan pada hardisk yang tidak muncul di my computer atau this PC. Lalu kamu pilih '
10. Untuk menu selanjutnya kamu bisa atur sesuai dengan keinginan kamu, dan jika sudah selesai kamu klik ok.

Jika kamu sudah melakukan cara diatas dengan benar maka hardisk eksternal yang kamu punya akan terformat sepenuhnya dan juga akan terdeteksi pada my computer atau this PC.

Itulah tutorial cara mengatasi hardisk yang tidak bisa diformat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments