tutorial cara backup data android ke komputer

Cara backup data android ke komputer - kebanyakan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android tidak disediakan petunjuk untuk melakukan backup dan mengembalikan data-data seperti misalnya SMS, panggilan, kontak, foto, aplikasi, dll. Kebanyakan produsen hanya menyediakan petunjuk menggunakan perangkat secara dasar saja. Melakukan backup terhadap data-data yang ada pada smartphone Android tentunya sangat penting bagi kita, untuk menghindari kehilangan data-data penting yang kita miliki, karena jika kita sampai kehilangan data-data tersebut kita dapat mengembalikannya Jika data backup telah kita buat.

Kebanyakan pengguna smartphone Android akan melakukan backup ketika dalam beberapa kondisi seperti misalnya ingin melakukan factory reset tanpa kehilangan data, ingin menyimpan data-data lama sebelum kamu menjual smartphone Android kamu, membeli smartphone baru dan ingin mentransfer data tersebut ke perangkat smartphone android kamu yang baru, dan mungkin hal-hal lainnya yang menyebabkan kamu ingin melakukan backup data pada smartphone Android.

Dengan pernyataan yang saya Sebutkan diatas tentunya melakukan backup sangatlah penting untuk kita agar data-data yang ada pada smartphone tetap terjaga dengan aman, dan tempat yang aman untuk melakukan backup yaitu menyimpan data backup tersebut pada komputer atau laptop yang kita miliki. Berikut adalah tutorialnya

Tutorial cara backup data Android ke komputer


Untuk melakukan backup data dari Android ke komputer kita akan membutuhkan bantuan dari sebuah aplikasi yang bernama easy backup & restore. Aplikasi ini akan sangat membantu kita untuk melakukan backup data-data seperti misalnya SMS ,kalender, log panggilan dan konten-konten lainnya. Selain dapat membackup nantinya kamu juga dapat mengembalikan data-data yang telah kamu backup dengan sangat mudah. File data backup pun nantinya akan disimpan dengan menggunakan format file zip, sehingga akan sangat mudah juga untuk kamu membukanya pada perangkat komputer atau laptop.

Selain itu aplikasi ini juga mempunyai Manager aplikasi, dimana fitur tersebut dapat kita gunakan untuk mengirim aplikasi ke perangkat lain. Meskipun terkadang aplikasi tersebut mengalami masalah kompatibilitas, sesuai dengan spesifikasi perangkat smartphone Android yang kita kirim aplikasi tersebut. Cara backup menggunakan aplikasi ini kamu dapat ikuti langkah-langkah berikut.

1. Pertama kamu download dan install terlebih dahulu aplikasi easy backup & restore, kemudian nantinya akan muncul sebuah Pop-up yang menanyakan apakah kamu akan melakukan backup? Jika kamu ingin melakukannya kamu hanya perlu memilih Yes.
2. Setelah itu Kemudian kamu pilih konten-konten apa saja yang ingin kamu backup, disana Akan terdapat beberapa pilihan konten yang dapat kamu backup.


3. Selanjutnya, kamu tentukan tempat kamu ingin menyimpan data-data backup tersebut Kemudian kamu beri nama file tersebut agar kamu mudah untuk menemukannya. Jika sudah selesai kamu hanya perlu klik Ok. Dan dengan begitu kamu sudah berhasil membuat data backup smartphone Android kamu.
4. Yang selanjutnya kamu hanya perlu menyimpan data backup tersebut komputer kamu hanya perlu menyimpannya ke komputer saja, untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti kamu membutuhkan data backup dari smartphone Android kamu.
5. Jika kamu ingin mengembalikan data dari data yang telah kamu backup, kamu dapat melakukannya dengan cara klik restore, Kemudian kamu pilih file backup yang telah kamu buat. Nantinya aplikasi akan memproses pengembalian data dari data backup tersebut.

Itulah tutorial cara backup data Android ke komputer yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments