Kelebihan Dan Kekurangan Windows Defender Windows 10

Kelebihan dan kekurangan windows defender - halo sahabat blogger, seperti yang kita ketahui pada saat ini telah banyak sekali jenis virus yang dapat menyerang komputer atau laptop yang kita gunakan. dimulai dari virus yang terbilang tidak terlalu berhaya hingga sampai virus yang sangat berbahaya. kalau bicara masalah virus untuk pengguna windows pasti tahu yang namanya windows defender.


Windows defender merupakan sebuah program antivirus yang bawaan yang telah tertanam pada sistem operasi windows, baik itu windows XP, windows 7, Windows 8, dan Juga Windows 10. lalu apakah windows defender saja cukup ampuh? untuk menangani virus dan malware tentu saja kamu tidak usaha khawatir dengan kinerja windows defender, karena windows defender juga tidak kalah hebat jika dibandingkan dengan antivirus lainnya misalnya seperti Avast, AVG, kaspersky, SmadAV, dan antivirus lainnya. selain itu juga sesuai dengan judulnya pada kali ini kita akan membahas kekurangan dan kelebihan dari windows defender seperti berikut :

Kekurangan Dan Kelebihan Windows Defender


Kelebihan windows defender


Sebagai program antivirus bawaan dari windows tentu saja windows defender memiliki kelebihan dibandingkan dengan antivirus lainnya, seperti berikut :

1. Memberi Peringatan


Windows defender akan memberikan kita notifikasi yang secara langsung saat kita membuka sebuah file atau folder. sehingga akan memperingatkan kita ada file atau data yang terindikasi sebuah virus atau pun malware.

2. Membersihkan Secara Maksimal


Windows Defender akan membasmi seluruh virus yang ada pada komputer dengan maksimal. namun tidak seperti antivirus yang lain, meskipun secara menyeluruh tetapi windows defender tidak akan melakukan kesalahan saat menghapus file langsung, seperti misalnya file sistem yang terhapus oleh antivirus. sehingga kita tidak perlu takut akan terjadi error setelah kita melakukan pembersihan virus dengan windows defender. karena siapa lagi yang tahu tentang isi sistem file window selain windows defender itu sendiri.

3. Windows Defender Akan Meminta Restart


Jika di dalam komputer windows defender mendapatkan sebuah virus, windows defender akan langsung membersihkan virus tersebut jika memang virus tersebut benar-benar dianggap berbahaya. Setelah pembersihan selesai windows defender akan menyarankan untuk merestart komputer. merestart komputer ini merupakan proses yang sangat direkomendasikan ketika akan menghapus virus.

4. Antivirus Yang Ringan Untuk Windows


Windows defendere juga merupakan salah satu program antivirus yang ringan untuk digunakan. sehingga tidak akan terlalu memberatkan kinerja dari komputer atau laptop.

Kekurangan Windows Defender


Dibalik kelebihan pastinya akan ada kekurangannya. yaitu seperti berikut :

1. Tidak Terlalu Teliti


Jika kamu akan melakukan scanning virus dengan windows defender, nantinya akan ada 2 pilihan yang bisa kamu pilih, yaitu "Quick" dan "Full". Quick scan merupakan tipe scanning secara cepat, tetapi hal ini membutuhkan banyak sekali kinerja dari processor. dan untuk Full scan adalah tipe scan secara menyeluruh, dengan pilihan full scan windows defender akan mencari virus di semua partisi hardisk, tetapi melakukan scanning dengan cara ini membutuhkan waktu yang relatif lama, tergantung dari berapa besar file yang ada di dalam hardisk. tetapi meskipun begitu kadang windows defender kurang teliti hingga melewatkan virus-virus yang kecil. tentu saja hal kecil pun jika dibiarkan akan mempunyai resiko nantinya.

2. Melemahkan Komputer Jika Memiliki Antivirus Selain Windows Defender


jika 1 program antivirus windows defender saja dapat menghabiskan cukup banyak processor saat sedang bekerja. kamu bisa membayangkan jika pada komputer kita terdapat 2 antivirus, pastinya akan membuat kinerja komputer ataau laptop menjadi lambat karena akan memakan lebih banyak lagi processor. dan nantinya processor akan menjadi cepat panas.

Itulah kelebihan dan kekurangan wiindows defender dibandingkan dengan antivirus lainnya yang dapat saya sampaikan. semoga artikel ini dapat membantu kamu memilih antivirus yang cocok untuk kamu, apakah windows defender atau antivirus lainnya ? 
Semoga bermanfaat, Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments