5 Penyebab Komputer Restart Sendiri Terus-Menerus Dan Solusinya




5 Penyebab Komputer Restart Sendiri Terus-Menerus Dan Solusinya - Pernahkah kalian merasakan kecewa dan resah bercampur ketika mengerjakan tugas atau pas asiik-asiiknya maen game tiba-tiba komputer restart sendiri terus-menerus berulang kali?? Pasti luar biasa keselnya kan?? hehe

Kadang kita bingung apa yang salah dengan komputer saya (panik)??
- Nah pas banget di kesempatan kali ini saya akan coba berbagi pengalaman saya tentang cara mengatasi komputer yang restart sendiri dan mengetahui penyebab dari komputer restart sendiri.

Lalu apa saja yang harus anda lakukan?? 
- Yang harus anda lakukan hanya perlu menyimak baik-baik artikel ini ya, hehe

Ada 5 Faktor Penyebab Komputer Restart Sendiri

  • Hardisk Yang Terkena Bad Sector
Penyebab computer restar sendiri dan bahkan terjadi bluscreen, biasanya biasanya terjadi karena hardisk yang kita gunakan hardisk mengalami bad sector.
Solusinya adalah dengan cara " Check disk " pada pastisi hardisk, kalau memang terjadi bad sector pada hardisk biasanya komputer/PC akan kembali normal.

  • VGA Overheat/Rusak


Selain Hardisk ada juga masalahnya terdapat pada VGA card. Saat VGA overheat dikarenakan kipas VGA yang melambat sehingga tidak cukup kuat untuk mendinginkan VGA tersebut maka terjadilah restart sendiri.
Dan untuk mengetahui apakah VGA kita rusak biasanya hanya tinggal di lihat dari monitor kita, jika layar di monitor seperti gambar di atas sudah bisa dipastikan kalau masalah tersebut rusak.

  • Power supply

Power supply adalah penyalur sumber listik pada komputer kita, Jika aliran listrik pada power supply tidak stabil maka komputer pun tidak akan menyala secara normal dan dapat menyebabkan restart sendiri biasanya hal ini di karenakan fan atau kipas di dalam power supply melambat/macet karna debu, untuk mengatasinya bersihkan kipas tersebut lalu tambahkan pelumas sedikit saja pada kipas tersebut.

  • Processor Terlalu Panas
Processor merupakan komponen komputer yang paling penting bisa di bilang otaknya komputer. processor Juga bisa jadi penyebab komputer restart sendiri. dikarenakan suhu dari processor tinggi dan pasta di yang terdapat pada processor sudah kering karena terlalu lama. nah bagaimana kita tahu kalau suhu processor itu tinggi? Caranya cukup mudah bisa di lihat suhu temperaturnya pada system bios.
Solusinya : Pertama anda hanya cukup membersihkan prcessornya, lalu mengganti pasta yang kering tadi dengan pasta yang baru.

  • RAM Yang Kotor
Kalau yang ini biasanya biasanya anda hanya perlu melihat pada bagian slot RAM atau pada kuningan yang terdapat di bagian RAM. masalahnya hanya ada pada bagian itu.
yang harus anda lakukan hanya membersihkan bagian kuningan pada ram dengan penghapus pensil seperti gambar berikut.


Namun pada ram ini anda harus mengenali kondisi pada RAMnya apakah hanya kotor atau rusak?
biasanya ram yang rusak komputer kita tidak akan mampu menampilkan gambar dilayar monitor / saat booting akan tertahan di logo windows.

Demikian Pembahasan kita tentang 5 Penyebab Komputer Restart Sendiri Terus-Menerus Dan Solusinya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat untuk teman-teman.
Terima kasih :-)
Reactions

Post a Comment

0 Comments