Cara Mengatasi Ram Komputer Yang Tidak Terbaca Oleh Komputer



Seperti yang sudah sebelumnya kita bahas tentang komponen-komponen komputer, kali ini kita akan membahas tentang RAM, hanya untuk mengingatkan kembali RAM adalah komponen komputer yang bertugas sebagai tempat penyimpanan sementara, mesipun RAM hanya bersifat sementara namun memiliki peran yang sangat penting, jika di dalam suatu komputer tidak memiliki RAM maka dipastikan kalau komputer yang kita jalankan tidak akan berjalan dengan normal.

Mungkinkah suatu ketika anda pernah mengalami hal berikut??

  • Gagal Booting
  • Komputer lemot
  • Layar monitor tidak tampil ketika menyalakan komputer
  • Atau Sering restart sendiri
Ada beberapa faktor penyebab hal-hal tersebut, untuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi ram yang tidak terbaca oleh komputer.


1. RAM tidak bisa terbaca oleh komputer disebabkan socket RAM / RAM kotor
Salah satu penyebab kenapa RAM tidak bisa terbaca oleh komputer dikarenakan ada kotoran ataupun debu yang menempel pada bagian chips-chips RAM dan pada socket/slot RAM. Kotoran ini yang akan menghalangi jalur datanya RAM dan pada Motherboard sehingga RAM tidak bisa terbaca terbaca. Tidak hanya komponen bagian RAM saja yang bisa seperti ini dan bahkan komponen lainnya pun bisa saja tidak akan terdeteksi dikarenakan kotoran atau debu yang menempel pada socket. RAM yang tidak bisa terbaca oleh komputer biasanya ditandai dengan kode bunyi beep penjang terus menerus atau bisa berbunyi beep pendek berulang-ulang, tergantung tipe bios yang kita gunakan. Jika sudah mengalami kasus seperti ini sudah jelas RAM anda bermasalah dan minta diperbaiki atau beli Baru hehe

Solusinya

  • Cara pertama ambilah RAM tersebut dari socket yang terpasang pasang pada komputer kemudian anda bersihkan Chips RAM dengan menggunakan penghapus pensil, gosoklah chips RAM tersebut dengan penghapus dengan searah dan hati-hati jangan sampai dibolak balik sampai sekiranya bersih.
  • Cara kedua Bersihkanlah Socket/slot RAM dengan menggunakan kuas/sikat yang pas bisa masuk ke slot ram, bersihkan slot hingga benar-benar bersih, jika sudah selesai pasanglah RAM tersebut, dan bisa dilihat hasilnnya, jika sudah bersih biasanya RAM akan terbaca dan anda bisa menggunakan komputer anda dengan normal
  • Jika RAM masih belum bisa terbaca, maka anda hanya perlu melakukan hal tersebut berulang-ulang, namun bisa saja ada faktor lain selain kotor misalnya RAM tersebut rusak, jika hal di atas sudah anda lakukan dan hasilnya tetap sama, coba menggunakan RAM lain selain RAM yang dibersihkan tadi. jika RAM baru bisa terdeteksi dan RAM lama tidak terdeteksi sudah bisa diperkiraan kalau ram yang lama rusak.

2. RAM sudah di ganti namun tidak terbaca
Untuk RAM tidak terbaca sesudah menggantinya bisa dikarenakan berbagai faktor, contoh beberapa kasus RAM tidak kompatibel/sesuai dengan Motherboard sehingga hal inilah yang membuat RAM tidak bisa terbaca terbaca, RAM yang digunakan melebihi kapasitas socket/slotnya sudah jelas kalau ini tidak akan terbaca :v , RAM yang melebihi kecepatan dari frekuensi
Motherboard ini bisa menjadi salah satu penyebab RAM tidak terbaca.


Solusinya


  • Sebelum kita mengganti dan membeli RAM diwajibkan kita harus melihat dulu spesifikasi Motherboard, jika RAM melebihi/tidak sesuai spesifikasi mothernya. RAM pasti tidak akan terbaca. bahkan slot RAM pun biasanya berbeda tiap motherboard. yang harus diperhatikan adalah kita harus tahu jenis socket dari motherboard kita. Ada beberapa seri RAM tiap komputer misalnya RAM (DDR1, DDR2, DDR3, DDR4) dan tiap seri tersebut sudah disesuaikan dengan motherboard yang kita miliki. karena kecepatan frekuensi RAM harus sama dengan mainboard/motherboard dan komponen-komponen lainnya.

3. Sesudah RAM di upgrade RAM tidak bisa terbaca dan kapasitanya tidak bertambah
Kasus ini sering sekali terjadi setelah RAM komputer diupgrade, dan bahkan dalam kasus yang serupa setelah mengupgrade kadang komputer menimbulkan berbagai macam masalah. contohnya gagal booting, Blue screen, kapasitas tak bertambah, dan lain-lainnya. Hal ini dikarenakan oleh pkomponen hardware yang tidak mendukung atau bisa juga oleh software yang tidak mendukung, karena itu sebelum Anda hendak mengupgrade komputer pastikan semua komponen cocok dan sesuai dengan spesifikasi motherboard dan OS/sistem operasi yang kita gunakan, jika tidak ingin hal-hal tersebut terjadi ;-)

Solusinya
  • Jika menggunakan 2 memory/RAM 2x4GB ketika mengupgrade komputer anda pastikan Socket motherboard anda mendukung dual chanel, tripel chanel, quad chanel, lalu pasangkan kedua RAM tersebut slot yang mempunyai warna sama. untuk upgare disarankan agar 1 RAM dengan RAM yangnya sama baik dari merk ataupun serinya agar komputer anda mendapatkan hasil yang masksimal.
  • Jika mengupgrade dengan menganti RAM, disarankan untuk menggunakan 1 keping RAM dan sesuai dengan spesifikasi motherboard anda, misalnya begini anda motherboard anda hanya mampu menampung kapasitas RAM 4Gb, maka anda harus mengikuti juga dengan spesifikasi motherboard, yang artinya anda hanya bisa menggunakan maximal kapasitas 4Gb tidak bisa lebih dari itu.
  • Jika anda menggunakan 2 keping RAM dan salah satunya tidak dapat terbaca, yang harus anda lakukan adalah memerika satu persatu RAM tersebut dengan cara memasangkan salah satu ram dan bisa anda lihat mana yang bekerja di komputer anda. 
ada 2 faktor yang menyebabkan ram tidak terbaca.
  1. RAM anda rusak
  2. RAM yang tidak support dengan motherboard
Jadi sebelum membeli RAM pastikan anda mengetahui dulu spesifikasi motherboard anda seperti yang saya sebutkan tadi
Spesifikasi RAM : (DDR1, DDR2, DDR3. DDR4)

Semoga bermanfaat, kalau anda suka di tunggu koment dan sharenya.
Terima kasih :-)
Reactions

Post a Comment

0 Comments