Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer / Laptop Yang Perlu Diketahui

Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer / Laptop Yang Perlu Diketahui - Selamat datang kembali di blog troublekit 😊
Seperti biasa kita akan belajar bersama memecahkan suatu masalah pada komputer, pada kali ini kita akan membahas fungi tombol-tombol pada keyboard / tombol-tombo shortcut yang ada pada keyboard kita. fungsi keyboard ini akan sangat berguna untuk mempercepat atau mempermudah mengakses sesuatu pada komputer kita.


Fungsi Tombol Keyboard Secara Umum

Kalau secara umum keyboard adalah alat input berupa huruf, angka, dan simbol-simbol yang nantiya akan diproses oleh cpu, jadi pada saat anda mengetik sesuatu pada keyboard, keyboard tersebut akan mengirimkan data elektrik ke pc melalui kabel lalu akan di proses oleh komputer.

Tombol Kombinasi Pada Keyboard

Tombol Kombinasi atau tombol shorcut pada keyboard merupakan kombinasi dari beberapa tombol yang sangat berguna untuk mengurangi penggunaan mouse agar pekerjaan kita lebih cepat dengan cara menekan tombol tertentu secara bersamaan untuk memerintah komputer agar menuju proses yang kita inginkan.

Ada beberapa shortcut yang biasanya sangat dibutuhkan dalam penggunaan komputer sehari-hari, yaitu sebagai berikut :


  • Ctrl + C ( copy / Menyalin )


shortcut ini berguna untuk menyalin file atau text, tujuannya adalah untuk membuat salinan dari dari file atau data yang ingin kita gandakan dengan cara : Pilih file atau text yang kita ingin gandakan kemudian tekan tombol Ctrl lalu disusul dengan tombol C.


  • Ctrl + X ( Memindahkan / CUT )


Jika Tombol Ctrl+C untuk menyalin / menggandakan file berbeda dengan Ctrl+X ini. shortcut yang bertujuan untuk memindahkan file dari 1 tempat ke 1 tempat yang lain dengan shortcut Ctrl+V.


  • Ctrl + V ( Menempelkan )


Kalau ini temennya dari Ctrl+C dan Ctrl+X. tugasnya adalah menempalkan file atau text yang sudah di copy / cut.


  • Ctrl + A ( Memblock Semua / File atau Text )


Shortcut yang befungsi untuk memblock seluruh file atau text di sebuah aplikasi.


  • Ctrl + Z ( Mengulang / UNDO )


Ctrl+Z berfungsi untuk mengulang atau membatalkan apa yang kita lakukan kejadian-kejadian tertentu, misalnya kita menggunakan suatu software atau sedang mengetikan sesuatu dan kita membuat suatu kesalahan, kesalahan tersebut bisa kita kembalikan dengan cara menekan tombol Ctrl+Z.


  • Ctrl + Y (  REDO )


Hampir sama dengan undo, hanya saja shortcut ini kebalikan dari Ctrl+Z.


  • Ctrl + F ( Mencari )


Shortcut ini berguna untuk mencari sesuatu di sebuah aplikasi, contoh kita ingin mencari text di sebuah dokumen word, kita tidak perlu bersusah-susah mencari hanya tekan shotcut Ctrl+F lalu ketikan kata / text yang kita cari.


  • Shift + cursor atas, kanan, bawah, atau kiri


Shortcut yang berfungsi sebagai penanda sekaligus penahan block pada file atau text yang kita pilih sehingga kita tidak usah menahan Ctrl dan memperbanyak klik dari mouse.


  • Alt+tab ( berpindah Tab / aplikasi )


Shortcut yang berfungsi untuk berpindah dari suatu aplikasi ke aplikasi lainnya. contoh saat kita sedang menggunakan browser lalu kita ingin menggunakan media player hanya untuk memindahkan musik yang kita dengarkan lalu kembali ingin menggunakan browser, hal itu akan sangat jika temen-temen menggunakan Alt+tab.


  • Ctrl + S ( Menyimpan )


Shortcut yang berguna untuk menyimpan data dari pekerjaan kita, namun tidak di semua aplikasi bisa menyimpan data dari pekerjaan kita, ada juga aplikasi yang menggunakan proses penyimpanan secara manual, misal di dalam aplikasi sebuah game, kadang game tersebut tidak mengijinkan untuk penggunaan Shortcut ini.


  • Ctrl + P ( Print )


Shortcut untuk menampilkan menu print untuk di cetak, biasanya shortcut ini muncul di beberapa aplikasi yang mengijinkan untuk mencetak file, seperti Microsoft office, Photoshop, dan masih banyak lagi.


  • Ctrl + W ( Menutup tab )


Shortcut yang perfungsi untuk menutup suatu tab dalam aplikasi, kalau lebih umumnya digunakan pada penggunaan browser atau aplikasi yang mampu menambah tab dalam aplikasi tersebut


  • Ctrl + Shift + T ( Membuka tab yang baru tertutup )


Shotcut yang berfungsi untuk membuka ulang tab yang tertutup baik itu secara sengaja atau tidak disengaja namun biasanya asalkan aplikasi tersebut tidak di tutup akan bisa di buka kembali.


  • Windows icon + E ( Membuka windows explorer )


Shortcut yang berfungsi untuk membuka file explore, jadi kita tidak perlu berlama-lama mencari aplikasi windows explore jika windows explore tidak ada di desktop atau taskbar.


  • Windows icon + R ( Membuka Run)


Shortcut yang berfungsi untuk membuka run, jadi kita tidak perlu berlama-lama mencari aplikasi run hanya tinggal menggunakan shortcut tersebut.


  • Alt + F2 ( Menutup Aplikasi / program )


Shortcut yang berfungsi untuk meutup aplikasi dengan cepat biasanya tombol ini digunakan untuk keadaan darurat. misal program hank atau lainnya.


  • Ctrl + N ( membuka halaman baru atau tab baru )


Shortcut yang berfungsi untuk membuka halaman atau tab baru pada aplikasi tertentu.


  • Ctrl + Home dan Ctrl + End ( memindahkan posisi cursor )


Shortcut yang berfungsi untuk memindahkan cursor ke bagian awal dan ke akhir sebuah document.


  • Ctrl + O ( membuka file )


Shortcut yang berfungsi untuk membuka file pada pada aplikasi tertentu contoh : berguna untuk membuka file microsoft word.

Mungkin hanya itu saja yang saya tahu untuk shortcut tombol keyboard yang sering saya gunakan saat menggunakan komputer.
Semoga Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer / Laptop Yang Perlu Diketahui ini berguna untuk temen-temen.
Terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments