Jenis-Jenis RAM Komputer Dan Fungsinya



Jenis-Jenis RAM Komputer Dan Fungsinya - Mungkin sebagian orang biasanya hanya mengenal RAM dari spesifikasinya yaitu DDR1, DD2, DDR3, atau DDR4. namun tahukah anda kalau ada beberapa jenis RAM yang mungkin belum anda ketahui.
Lalu apa sajakah itu?? tapi tenang dulu ya, sebelum ke pembahasan lebih lanjut alangkah baiknya mengerti dulu apa maksud / pengertian dari RAM itu? RAM kepanjangan dari random acces memory yang merupakan bagian dari komponen perangkat keras / hardware komputer yang bertugas sebagai penyimpanan data sementara. dan data tersebut akan hilang ketika komputer off atau mati. atau RAM juga bisa disebut media penyimpanan volatile.
Meskipun saat ini RAM jenis non-volatile sudah dikembangkan namun ada sebagian jenis penyimpanan non-volatile ini tidak mengijinkan untuk operasi tulis, namun memungkinkan untuk akses untuk operasi baca. contohnya " read only memory (ROM) " yang ada pada BIOS komputer dan NOR-flas atau flash memory.

Berikut Ada Bereberapa Jenis-Jenis RAM Yang Biasa Digunakan
  • VRAM
VRAM atau VideoRAM, biasa dikenal sebagai MPDRAM atau " Multiport Dynamic Random Access Memory " , jenis RAM digunakan hanya untuk adapter 3D akselerator atau video. Istilah multiport tersebut berasal dari fiturnya sendiri yang biasanya jenis RAM ini memiliki dua port akses independen, yang menjadikan prosesor CPU dan grafis dapat mengakses RAM secara bersamaan. VRAM terdapat pada kartu grafis dan datang dalam bentuk berbagai format. Jumlah VRAM merupakan faktor yang menentukan resolusi dan warna yang muncul pada layar. VRAM juga berperan untuk menyimpan informasi grafis, seperti data grafis geometri 3D dan peta tekstur. Hrga VRAM multiport yang Original / asli cenderung lebih mahal, sehingga saat ini banyak kartu grafis yang menggunakan SGRAM ataupun Synchronous Graphics RAM untuk pengganti. Namun untuk keccepatan SGRAM memiliki kecepatan yang hampir sama dengan VRAM maka dari itu banyak yang menggantikan VRAM dengan SGRAM.
  • CMOS RAM
CMOS RAM merupakan istilah untuk sejumlah kecil memori pada komputer. Berfungsi untuk mempertahankan isi dari memory, seperti data waktu dan tanggal data yang terhubung dengan perangkat, dan lain-lain.
  • SRAM / Static Random Access Memory
SRAM adalah RAM yang menggunakan beberapa transistor, sekitar 4-6 buah per sel memorinya, tetapi SRAM tidak mempunyai kapasitor di setiap sel. SRAM biasanya digunakan untuk cache.
  • DRAM / Dynamic Random Access Memory
DRAM diperlukan untuk refresh refresh secara konstan, karena memiliki sel memori yang terpasang antara transistor dan kapasitor.
  • FPM DRAM / Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory
FPM DRAM merupakan bentuk asli dari DRAM. jenis memory ini menunggu ketika semua proses penempatan data berdasarkan kolom / baris dan kemudian membaca setiap bit-bit data tersebut sebelum dilanjutkan ke bit-bit berikutnya. Transfer rate maksimum dari cache L2 adalah sekitar 176 MBps.
  • EDO DRAM / Extended Data-Out Dynamic Random Access Memory
Merupakan pengembangan dari FPM DRAM sehingga untuk EDO RAM tidak menunggu semua pengolahan bit seperti FPM RAM. ketika alamat dari bit pertama sudah diposisikan, EDO DRAM mulai mencari kebit berikutnya. EDO DRAM mempunyai kecepatan 5% lebih cepat dari FPM DRAM. Transfer rate maksimum cache L2 bisa mencapai sekitar 264 MBps.
  • SDRAM/ Synchronous Dynamic Random Access Memory
SDRAM memanfaatkan konsep mode burst untuk meningkatkan kinerja lebih. Hal ini dilakukan dengan tetap berada di baris berisi bit yang diminta dan bekerja cepat melalui kolom, membaca setiap bit untuk kelanjutannya. Singkatnya adalah sebagian besar waktu data yang sangat dibutuhkan oleh CPU akan di urutan. Kecepatan SDRAM 5% lebih cepat lagi dari EDO RAM dan merupakan RAM yang paling umum digunakan pada perangkat desktop kita saat ini. Transfer rate maksimum dari SDRAM cache L2 mencapai sekitar 528 MBps.
  • DDR SDRAM / Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM
DDR Hampir mirip fungsinya seperti SDRAM, hanya saja DDR RAM memiliki bandwidth yang lebih tinggi, dengan kecepatan yang lebih besar. Transfer rate maksimum cdari ache L2 mencapai sekitar 1.064 MBps
  • RDRAM / Rambus Dynamic Random Access Memory
RDRAM merupakan kelanjutan dari DRAM sebelumnya. yang dirancang oleh Rambus, RDRAM memakai modul memori Rambus in-line (RIMM), mirip dengan pin DIMM standar yang memiliki ukuran dan konfigurasi. Hal yang membuat RDRAM sangat berbeda adalah berkecepatan tinggi khusus dengan sebutan saluran Rambus. Chip memori dari RDRAM bekerja secara paralel untuk dapat mencapai data rate 800 MHz, atau hingga 1.600 MBps. Karena RDRAM beroperasi dengan kecepatan tinggi, RAM ini dapat menghasilkan lebih banyak panas dibandingkan dengan jenis chip lain. Namun dilengkapi dengan heatsink untuk membantu mengurangi kelebihan panas pada chip Rambus ini, yang akan terlihat seperti lapisan tipis panjang yang berdungsi untuk menyerap panas. Ada juga yang dikhususkan untuk notebook dangan SO-RIMM dengan ukuran yang lebih kecil.


  • Credit Card Memory

Credit Card Memory adalah modul memori dari DRAM mandiri yang dihubungkan ke slot khusus untuk digunakan pada notebook.

  • PCMCIA Memory Card
PCMCIA Memory Card adalah modul dari DRAM mandiri lainnya yang digunakan untuk notebook. jenis ini harus bekerja dengan komputer notebook dan tidak eksklusif dengan menggunakan sistem bus sesuai konfigurasi pada kartu memori tersebut.

Sekian untuk Artikel Jenis-Jenis RAM Komputer Dan Fungsinya, semoga bisa menjadi pelajaran yang bermanfaat ya.
Terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments