Pengertian Safe Mode Pada Windows Dan Manfaatnya




Pada artikel sebelumnya kita telah membahas Bagaimana Cara Mengatasi Layar Blank Hitam. di dalam artikel tersebutk kita sudah membahas sedikit tentang safe mode, dan kali ini kita akan membahas lebih jahuh lagi tentang pengertian safe mode pada windows dan manfaatnya.

Apa Sih Safe Mode Itu?? Dan Apa Manfaat Safe Mode??
Safe mode merupakan sebuah feature windows yang memungkinkan pengguna untuk memperbaiki komputer yang mengalami crash atau kerusakan-kerusakan pada sistem operasi / OS. Namun pada saat safe mode kita tidak bisa sepenuhnya menjalankan program-program pada kompuer seperti biasanya. safe mode hanya akan menjalankan file-file dasar dan driver yang penting untuk menjalankan sistem operasi.
Ketika masuk safe mode biasanya masalah yang anda alami tidak akan muncul. dikarenakan windows tersebut membatasi berjalannya file-file dan driver yang tidak dibutuhkan untuk safe mode. sehingga memungkinkan untuk anda memperbaiki masalah kerusakan sistem.
Untuk mengetahua masalah pada komputer, bisa coba menjalankan satu persatu program untuk mengtahui program apa yang menjadi permasalahan pada komputer kita yang membuat komputer berjalan dengan tidak normal seperti biasanya.
Namun ada juga beberapa komputer yang masuk ke safe mode secara otomatis. karena mendeteksi bahwa ada yang salah dengan sistem operasi kita jika memang penyebabnya pada program / aplikasi yang kita install. jika hal itu terjadi kita bisa gunakan cara " system recovery " yang ada di control panel.

Cara untuk masuk safe mode
  1. Eject semua floppy disk, DVD atau CD dari komputer kita,
  2. kemudian restart
  3. Sebelum logo windows biasanya akan muncul F8 untuk masuk ke safe mode tergantung dari merk komputer tersebut tombol akan berbeda, namun kebanyakan biasanya F8.
  4. Jika anda memliki lebih dari satu sistem operasi di komputer maka pilihlah sistem operasi mana yang ingin anda gunakan dengan tombol panah untuk masuk ke Advanced Boot Option, lalu tekan F8
  5. Setelah muncul tampilan Advanced Boot Option, gunakan panah bawah / atas untuk masuk ke safe mode, kemudian tekan ENTER jika anda ingin memilih pilihan tersebut.
Pada tampilam safe mode muncul tulisan safe mode pada setiap pojok layar. cara untuk keluar dari safe mode anda hanya tinggal restar komputer.

Driver Yang Akan Berjalan Pada Safe Mode


  1. VGA display cards (PCI, AGP)
  2. Internal CD-ROM drives (ATA, SCSI)
  3. Mice (USB, PS/2, serial)
  4. External CD-ROM drives (USB)
  5. Keyboards (USB, PS/2, serial)
  6. Internal DVD-ROM drives (ATA, SCSI)
  7. External hard disk drives (USB)
  8. External DVD-ROM drives (USB)
  9. Floppy disk drives (internal dan USB)
Windows Services Yang Akan Dijalankan Saat Safe Mode : 

  1. Windows Management Instrumentation (WMI)
  2. Plug and Play
  3. Windows Defender
  4. Remote procedure call (WPC)
  5. Windows event log
  6. Cryptographic Services
Driver Network Dan Device Yang Akam Dijalankan Pada Safe Mode

  1. Windows Firewall
  2. Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)
  3. TCP/IP-NetBIOS Helper
  4. DNS
  5. Network adapters (wired Ethernet dan wireless 802.11x)
  6. Network connections
Tools Yang Bisa Digunakan Pada Safre Mode

  • Control Panel.
Control Panel adalah sebuah folder khusus yang berisikan perangkat lunak berupa tools untuk setting windows.
  • Recovery system
Recovery system adalah featur untuk mereset atau merestore sistem pada keadaan disaat komputer berjalan normal dengan cara mem-backup dari data yang sudah ada. jadi disarankan untuk me-backup data komputer anda untuk mencegah dari hal-hal yang tidak di inginkan.
  • Device Manager
Di dalam safe mode anda bisa juga menggunakan device manager. dieruntukan jika driver yang ada pada komputer kita mengalami kesalahan dan meng-update driver device hardware.
biasanya jika anda tidak log-on anda hanya bisa mengganti dengan setting yang berhubungan dengan akun anda saja.
Jika saat masuk meminta password masukan password untuk mulai menggunakan.
  • System Information
System Information adalah program yang akan menampilkan detail dari konfigurasi hardware dari komputer, komponen, dan driver pada sistem.
  • Registry Editor.
Registry Editor berfungsi untuk mengubah file-file registry di Windows kita. Jika ingkin menggunakan registry editor anda harus log on terlebih dahulu sebagai adinistator.
  • Event Viewer
Event Viewer Berfungsi untuk menampilkan dari detail catatan tentang sistem dan program events di komputer. anda harus log on administrator jika ingin menggunakan program ini.
  • Command Prompt
Command prompt biasanya pengguna yang sudah ahli di bidangnya untuk menggunakan ini hehe
untuk menggunakannya pun dengan cara memasukan perintah dengan kode-kode tertentu.

Sekian uraian artikel kita kali ini, jika mengalami masalah-masalah kerusakan system atau ingin mencoba silahkan bisa di coba praktekkan :-)
terima kasih, semoga bermanfaat ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments