Cara Menghapus Dual Boot Windows Dan Linux Dengan Mudah

Halo sahabat troublekit berjumpa lagi pada kesempatan yang terbatas ini. Untuk anda yang mempunyai dua boot sekaligus dalam 1 komputer dan ingin menghapusnya, pada kali ini kita akan membahas Cara Menghapus Dual Boot  Windows dan linux. Sebenarnya cara yang saya gunakan ini tidak hanya menghapus dual boot windows dengan linux, tapi juga menghapus dual boot dari linux dan linux atau pun menghapus dual boot windows dan windows.

Buat yang sudah tidak sabar bisa langsung ikuti langkah-langkah berikut :

Menghapus Linux dari Dual Boot Windows

Untuk anda yang ingin menghapus OS linux dari komputer dan lebih memilih windows sebagai sister operasi, silahkan simak cara berikut :

1. Pada langkah pertama ini anda membutuhkan software yang bernama EasyBCD, software ini diperlukan untuk menghapus boot leader Sistem Operasi linux, EasyBCD bisa anda download di google.

2. Setelah software EasyBCD di download, instal terlebih dahulu software tersebut.

3. setelah EasyBCD di instal pada komputer dual boot, langkah selanjutnya kita akan menghapus partisi linux, tempat dimana sistem operasi linux di instal.

4. Untuk menghapus partisi masuk ke windows explore dengan cara tombol Windows+E.

5. Setelah windows explore muncul klik kanan pada Computer atau My Computer lalu pilih Management. seperti gambar berikut


6. Setelah muncul jendela Disk Management klik kanan pada partisi linux kemudian anda pilih menu Delete Volume... sepeti gambar berikut


7. Berikutnya kita akan menggunakan EasyBCD untuk menghapus boat loader linuxnya
8. Buka aplikasi EasyBCD, dan akan muncul tampilan seperti berikut


9. Kemudian pilih pilihan BCD Deployment seperti gambar berikut :


10. Setelah itu akan muncul pilihan, anda klik saja Write MBR seperti contoh berikut :


11. Tunggu hingga selesai, dan jika sudah selesai restar komputer anda dan lihat hasilnya, jika langsung masuk ke booting windows berarti penghapusan dual boot berjalan lancar.

Menghapus Windows dari Dual Boot Linux

Jika anda ingin menggunakan Sistem operasi linux dan ingin menghapus windows. Caranya Hampire sama hanya ada sedikit perbedaan, Untuk yang mau praktek anda bisa mengikuti langkah berikut :

1. Masukan USB atau Live CD untuk distribusi linux. kemudian kita akan memulai Gsparted / partisi manajer. Cari partisi windows tempat dimana windows di instal, Jika sudah ketemu delete partisi tersebut dengan cara klik kanan kemudian pilih Delete tersebut seperti berikut.


2. Jika anda ingin merubah ukuran dari partisi linux klik kanan kemudian Pilih Resize / Move. partisi linux mendapatkan kapasitas tambahan dari sebelumnya.
3. Klik Aplly All Operation pada toobal untuk memulai proses yang sudah kita perintahkan. lalu tunggu hingga proses selesai.
4. Jika sudah selesai. mungkin pada menu boot anda akan menemukan beberapa entries dari windows, anda bisa mengabaikan hal tersebut. namun jika anda ingin membersihkan entri dari windows tersebut, anda bisa menjalankan teminal linux kemudian Jalankan : Sudo update-grub
5. Selesai. sekarang pada komputer anda hanya tersisa sistem operasi linux saja.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Cara Menghapus Dual Boot Windows Dan Linux. Semoga Bermanfaat untuk sahabat blog troublekit, terima kasih :-)
Reactions

Post a Comment

0 Comments