Cara Reset BIOS Dengan Mudah Untuk Pemula



Cara Reset BIOS Dengan Mudah Untuk Pemula - BIOS, kalau dari namanya mungkin untuk pemula dalam hal lebih dalam mengetahui tentan komputer pasti terdengar sedikit aneh, apalagi mungkin jika memang langsung berhubungan dengan BIOS tersebut. Seperti yang pernah saya rasakan dulu ketika pertama kali ingin lebih jauh mengenal komputer dan juga dasarnya, mendengar nama BIOS ini begitu terasa asing di telinga ketika teman saya akan istal ulang komputer saya. tapi tenang kalau jaman sekarang sih kayanya sudah banyak pemula yang sudah mengenal tentang BIOS ini.

Ngomong-ngomong soal bios pada kali ini kita akan belajar tentang cara reset bios pada komputer dengan mudah bahkan untuk pemula sekalipun. namun sebelum kita ke pembahasan inti kita akan membahas tujuan dan apa manfaat dari reset BIOS ini

Tujuan Dan Manfaat Reset BIOS :

1. Reset BIOS sangat dibutuhkan jika terdapat kesalahan pada pengaturan BIOS, bertujuan untuk mengembalikan pengaturan BIOS ke pengaturan semula.

2. Reset BIOS dibutuhkan ketika motherboard tidak dapat bekerja ketika kita sudah upgrade atau downgrade processor, dikarenakan pengaturan BIOS yang lama masih mendeteksi atau membaca ratio processor lama dan bus clock. untuk yang kedua ini mungkin pemula tidak usah khawatir, karena biasanya pada motherboard versi terbaru sudah ada fitur untuk mendeteksi BIOS secara otomatis.

3. Jika BIOS yang anda punya diberikan password dan anda lupa passwordnya untuk inilah reset BIOS akan sangat bermanfaat. menghapus password adalah cara yang paling mudah untuk anda menghilangkan password pada BIOS tersebut.

Jika anda sudah tahu apa tujuan dan manfaat dari mereset BIOS kita akan langsung menuju pembahasan inti, yaitu Cara Mereset BIOS

Cara Reset BIOS Untuk Pemula :

1. langkah pertama anda harus melepaskan semua sumber listrik dari komputer, termasuk kabel power supply dari motherboard

2. Tunggu beberapa saat agar semua listrik sudah tidak ada lagi pada motherboard. agar proses lebih cepat anda bisa menekan dan menahan tombol power beberapa saat. hal ini bertujuan akan tegangan listrik yang tersisa dapat keluar dan habis.

3. Anda cari jumper clear atau tombol yang bertuliskan CLR CMOS yang ada pada motherboard, biasanya jumper clear berada dekat dengan baterai CMOS. biasanya Jumper ini terdiri dari 2 jenis tipe, yaitu tipe 2pin dan 3pin.
Jika menggunakan tombol tekan tombol clear tersebut. untuk tipe jumper menggunakan 2 pin, anda hanya tinggal melepas atau jumper kedua pinnya. namun jika tidak memiliki jumper yang anda lakukan adalah menggeser pin tersebut dengan obeng agar pinnya bisa bergeser dari posisinya.
dan untuk ipe 3 pin, anda hanya perlu memindahkan posisi dari jumper ke sisi lainnya



4. Jika cara 3 sudah dilakukan anda hanya perlu mengembalikan pin tersebut ke posisi awal mereka.

5. Terakhir, pasang kembali motherboard dan semua komponen yang berada pada CPU, kemudian nyalakan komputer. anda bisa melihat ke setting BIOSnya untuk melihat hasilnya, jika BIOS sudah berhasil di reset BIOS akan kembali ke pengaturan semula

Cukup mudah bukan Cara Reset BIOS Komputer, Namun pada pengalaman saya dulu pertama melakukan reset BIOS sedikit kesulitan menemukan lokasi dari clear jumper. namun untuk sahabat troublekit semoga tidak banyak menemukan kesulitan.
Terima kasih sudah berkunjung di blog kecil saya, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk sekarnag dan ke depannya ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments