Mengenal Jenis-Jenis Port Jaringan Dan Fungsinya

Halo sahabat troublekit, pada kesempatan kali ini kita akan membahas Jenis-Jenis Port Jaringan Dan Fungsinya. jadi keingetan ni waktu liat modem pengen ngebahas jenis-jenis port.

Sebelum ke pembahasan lebih jauh kita harus tahu pada dasarnya port ini terbagi menjadi setidaknya 2 jenis port yang sudah dikenal pada terminology komputer. yaitu port fisik dan fort logic. seperti yang kalian tahu port pada umumnya berfungsi sebagai penghubung dalam suatu komputer yang memiliki perang yang cukup penting.

Penjelasan Port Fisik Dan Port Logic

Port Fisik
Port fisik adalah jenis port yang dapat kita lihat dan rasakan secara fisik, dan tentunya kita juga pasti telah melihat beberapa jenis port fisik. fort fisik berfungsi untuk menghubungkan antara beberapa komponen sekaligus secara fisik atau bisa dirasakan oleh indera kita.
Contoh : untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya dengan menggunakan kabel.

Port Logic
Jika port fisik dapat dirasakan oleh indera kita langsung secara fisik, tentunya akan sangat berbeda dengan port logic ini, kebalikan dari port fisik yang bisa dirasakan oleh indera kita untuk port logic ini tidak dapat dirasakan oleh indera kita secara fisik, misalnya kita tidak bisa memegang memegang ataupun melihatnya.
tetapi pada dasarnya fungsinya sama saja berfungsi untuk dapat menghubungkan antara satu perangkat dengan satu perangkat lainnya dengan bantuan protocol atau media lainnya.

Pada sebuah jaring suatu komputer, baik itu port fisik atau port logic keduanya adalah jenis port yang selalu bekerja secara bersamaan. yang artinya port logic dan fisik membutuhkan satu sama lain dan saling berhubungan. makan sebuah jaringan tidak akan terbangun atau berfungsi jika salah satu dari port tersebut.

Mungkin yang perlu anda ketahui tentang port menurut saya sudah cukup, sekarang kita kembali pada intinya, yaitu mengenal jenis-jenis port dan fungsinya.

Jenis-Jenis Port Dan Fungsinya

1. Port 21

Port 21 ini digunakan untuk menyambungkan koneksi FTP server (File Transmission Protocol). biasanya FTP banyak digunakan pada LAN untuk mengirim atau menyambungkan berbagai file pada satu komputer dengan komputer lainnya. Port ini merupakan bagian port logic.

2. Port 22

Port 22 ini merupakan port logic. port yang digunakan untuk mengaktifkan Secure Shell atau SSh di dalam jaringan suatu komputer.

3. Port 23

Masih merupakan port logic yang mungkin sudah kita kenal dengan sebutan port telnet. telnet atau disebut juga telecommunication network ini dikenal karena dapat membantu komputer untuk dapat saling terhubung dengan berbasis protocol telnet.

4. Port 25

Port ini adalah port yang bisa dibilang cukup penting untuk pengiriman email. port ini berfungsi untuk membangun dan menghubungkan sebuah jaringan yang menggunakan protocol Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), SMTP adalah protocol yang berperan untuk mengirim email antar jaringan.

5. Port 2525

Fungsi dari Port 2525 hampir sama dengan port 25, dengan menggunakan port 2525 ini memungkian client untuk dapat saling mengirimkan pesan atau email pada komputer dalam satu protocol yang sama yaitu protocol SMTP. port ini merupakan bagian dari fort logic.

6. Port 110

port ini masih termasuk bagian dari port logic dalam sebuah jaringan komputer. untuk port 110  ini tidak berbeda jauh dengan port 25 dan port 2525 yang sudah kita sebutkan, yaitu perperan untuk kepentingan surat menyurat atau email. namun hanya berbeda dari protokolnya saja, jika port 25 dan 2525 menggunakan protocol SMTP, port 110 ini menggunakan protocol Internet Message Access Protocol (IMAP4) atau Post Office Protocol (Pop3).
Peran dari protocol tersebut berfungsi untuk mengakses mailbox dan memerima email.

7. Port 119

Port Logic 119 ini berfungsi untuk membangun dan mengakses sebuah jaringan yang telah terhubung dengan NNTP server, NNTP server merupakan protocol yang dapat terhubung ke dalam server news di dalam suatu jaringan.

8. Port 389

Port 389 ini adalah port yang menghubungkan protocol Directory Access Protocol atau LDAP. Protocol LDAP adalah sebuah protocol yang biasanya digunakan untuk agar dapat melakukan akses terhadap tujuan atau direktori, misalnya nama, no.telpon ataupun alamat.

9. Port 3389

Dari namanya port logic ini sedikit mirip dengan port yang kita bahas sebelumnya, namun port ini di khususkan untuk remote desktop dalam jaringan komputer, namun kemampuan dari port ini hanya ada pada WinX saja.

10. Port 143

Untuk port logic ini port yang berhubungan dengan Protocol IMAP4, sama halnya dengan protocol 110 pun menggunakan IMAP4, namun Berbeda dengan port 110 port 143 ini bertugas hanya mengambil data, informasi atau email hanya menggunakan 143, dan tidak dapat menggunakan protocol POP3. 

11. Port 443

Port 443 ini berfungsi untuk menjalankan suatu server yang aman atau disebut juga SSL (secure Server Layer). Jika ingin menggunakan suatu server dengan aman, anda bisa menggunakan port 443.

12. Port 445

Fungsi port ini pada sebuah jaringan yaitu digunakan untuk berbagi file antau komputer misalnya untuk sharing printer ataupun berbagai file dan resourece lainnya dalam waktu yang bersamaan, namun ada kelemahan dari menggunakan port ini untuk sharing resource yaitu file ataupun hardware pada komputer biasanya mudah terkena virus.

13. Port 1503 dan Port 1720

Port yang satu ini berfungsi untuk memungkinkan kita melakukan hubungan terhadap Microsoft NetMeeting dan VOIP. maka dengan begitu dapat membantu anda melakukan telepon dengan bantuan dari internet.

14. Port 5631

Port 5631 adalah port logic dalam sebuah jaringan komputer, yang berperan untuk menghubungkan Perangkat komputer dimana saja.

15. Port 3306

Port 3306 adalah port yang biasa bigunakan oleh para programmer dalam melakukan proses menejemen database atau basis data. Port ini merupakan port yang terhubung dengan program MySQL.

16. Port 80

Port ini adalah sebuah port yang digunakan untuk menguhubungkan koneksi web server. web server itu sendiri adalah sebuah server yang dibuat untuk memenuhi keperluah sebuah situs atau website tertentu. yang berguna untuk menghubungkan koneksi antara web server dengan client.

17. Port 81

Untuk port ini secara fungsional kegunaanya sama dengan port 80. port 81 hanya sebagai alternatife dari port 80.

Demikian pembahasan kita tentang Jenis-Jenis Port Jaringan Dan Fungsinya. Jujur saya sendiri pusing kalau masalah jaringan, tetapi jika dipelajari sedikit-sedikit pasti ga bakalan pusing sih. hehe
Terima kasih sudah berkunjung pada pembelajaran kali ini, jika artikel ini bermanfaat tolong di share y :-)
Reactions

Post a Comment

0 Comments