Kelebihan Dan Kekurangan Dari Windows 32-bit dan 64-bit



Halo sahabat blogger troublekit, pada kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem 32-bit dan 64-bit.
Mungkin ketika temen-temen akan menginstal suatu program kalian pernah membaca pesyaratan sepesifikasi untuk menginstal program tersebut, dan biasanya disana akan tertuliskan minimal sepesifikasi untuk sistem 32-bit ataupun 64-bit. Namun buat temen-temen yang mungkin masih bertanya-tanya apa sih yang disebut-sebut sistem 32-bit dan 64-bit itu?? temen-temen tenang aja pada kali ini kita akan sedikit lebih jauh mengenal sistem 32-bit dan 64-bit.

Sistem 32-bit dan 64-bit

Sistem 32-bit dan 64-bit bisa disebut sebagai kemampuan dari Processor atau CPU dalam menangani bit-bit informasi.
Di dalam sebuah Processor ada sebuah tempat untuk penyimpanan data sementara yang diberi istilah Register, register ini yang berpengaruh cepat atau lambatnya proses pengeksekusian suatu informasi, dalam hal ini tentu saja register 64-bit dapat bekerja lebih baik dibandingkan dengan 32-bit. Selain itu mereka juga mempunyai perbedaan dalam memanfaatkan kapasitas RAM, untuk sistem 32-bit hanya dapat mengakses RAM dengan kapasitas maksimal 4GB saja, dan untuk 64-bit secara teori dapat menggunakan RAM Minimal 4GB hingga 17 juta GB, sehingga jika untuk menangani sebuah tugas 64-bit dapat bekerja lebih cepat.

Apa hubungannya antara Processor 32-bit dan 64-bit dengan sistem operasi yang kita digunakan? 

Untuk dapat memaksimalkan kinerja sebuah komputer, tentunya kita harus mnyesuaikan sistem operasi dengan masing-masing jenis processornya. misalnya saja jika processor kira sudah mendukung untuk sistem 64-bit kita juga sebaiknya menggunakan versi sistem 64-bit untuk sistem operasi windowsnya. memang kita bisa menginstall sistem 32-bit untuk processor yang mempunyai sistem 64-bit, namun untuk 64-bit tidak bisa di install untuk processor yang memeiliki sistem 32-bit pada processornya.

Cara Mengetahui Komputer Yang Dapat Menggunakan Sistem 32-bit dan 64-bit

Cara ke 1

Tentu kita akan bertanya apakah komputer saya support dengan sistem 32-bit atau 64-bit? Jawabannya akan kita ketahui pada sistem properties.
lalu bagaimana caranya?? untuk mengetahui hal itu temen-temen ikuti langkah berikut :

1. Buka windows explore kemudian klik kanan pada "My computer" untuk windows 7, kalau untuk windows 10 klik kanan Pada "This PC", kemudian klik "Properties". seperti gambar berikut




2. Akan muncul windows baru seperti dibawah, dan lihat pada bagian yang saya tandai dengan kotak.


3. Pada bagian "System type" anda akan melihat jenis operasi yang kita gunakan, dan yang bertuliskan "x64-based processor" artinya kita bisa menggunakan sistem dari 64-bit.

saya menggunakan sistem 32-bit dikarenakan kurang memenuhi spesifikasi dari 64-bit, RAMnya kurang 1 GB hehe
Selain processor yang mendukung RAM juga berpengaruh jika ingin menggunakan sistem 64-bit, untuk minimal RAM 4GB untuk 64-bit.

Cara ke 2

Dengan cara menggunakan software securable, Software yang berukuran kecil ini bisa sangat membantu untuk memeriksa apakah komputer kita bisa digunakan untuk sistem 64-bit. Kalian hanya cukup membuka aplikasi tersebut kemudian kalian bisa lihat hasilnya dari sana, jika tampilan seperti gambar berikut berarti komputer kalian bisa menggunakan sistem 64-bit.


Pada kesimpulannya kelebihan dan kekurang dari sistem 32-bit dan 64-bit ini tergantung dari aplikasi atau software yang ingin kita instal, kadang ada aplikasi yang mendukung dengan sistem 32-bit dan tidak mendukung untuk sistem 64-bit begitupula sebaliknya.

Terima kasih semoga bermanfaat untuk temen-temen yang sedang mencari Kelebihan Dan Kekurangan Dari Windows Sistem 32-bit dan 64-bit .
Reactions

Post a Comment

0 Comments