TROUBLEKIT : Cara Memperbaiki Komputer Dengan Benar dan baik

Hallo sahabat troublekit, masih inget pada pembelajaran paling pertama kita tentang MENGENAL KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER ATAU BAGIAN PERANGKAT KOMPUTER BESERTA FUNGSINYA, pada waktu itu kita belajar mengenal setiap dari komponen-komponen komputer, nah pada artikel kita kali ini kita akan belajar tentang cara memperbaiki komputer dengan baik dan benar agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Ikuti Langkah-Langkah Berikut Untuk Cara Memperbaiki Komputer Dengan Baik dan Benar

1. Lepas semua kabel yang tersambung dengan komputer atau CPU kita, termasuk mouse, keyboard, printer, dan kabel lainnya.

2. Buka casing dari CPU, kumpulkan baut-baut di satu tempat agar tidak ada yang kurang atau hilang.

3. Lepaskan RAM yang ada pada slot DIMM. Bersihkan slot dan kuningan untuk konektor RAM. ketika membersihkan RAM disarankan menggunakan penghapus karet secara satu arah. kalau temen-temen ingin memeriksa kondisi ram tersebut lakukan pengecekan RAM dan temen-temen menggunakan 2 keping RAM pemeriksaan harus dilakukan satu persatu dengan cara masukan salah satu RAM ke dalam slotnya kemudian nyalakan komputer, kemudian temen-temen bisa lihat hasilnya apakah normal atau tidak secara bergantian.

4. Jika RAM sudah berfungsi dengan baik, sekarang kita akan memeriksa kondisi dari VGA eksternal. Sama halnya dengan memeriksa kondisi RAM pertama cabut terlebih dahili VGA eksternal, kemudian bersihkan slot dan kuningan pada konektor VGA tersebut dan VGA nya sama seperti saat membersihkan RAM membersihkannya dengan penghapus karet. setelah itu pasang kembali untuk memeriksa kondisi VGA dengan cara pasang kembali VGA tersebut lalu hidupkan komputer, dan lihat apakah kondisinya normal atau tidak.

5. Jika RAM dan VGA temen-temen dalam kondisi yang normal coba namun masalah masih belum teratasi. temen-temen coba lepaskan semua hardware yang tersambung dengan CPU kita, contohnya ethernet card eksternal , sound card eksternal, modem, dll. tapi jangan di lepaskan semua, temen-temen sisakan hanya memasangkan VGA dan RAM saja. jika komputer dinyalakan dan keadaan komputer bisa berjalan dengan normal, ada kemungkinan kalau hardware yang terpasang selain VGA dan RAM tadi yang menjadi masalahnya. temen-temen bisa coba pasang satu persatu dari hardware yang dilepaskan tadi, kemudian cari tahu hardware mana yang setelah kita pasang yang menimbulkan error pada komputer kita.

6. Kalau Cara ke 5 belum memberikan hasil yang temen-temen inginkan, ada kemungkinan jika terjadi kerusakan atau error pada Motherboard ataupun Processor. temen-temen bisa deh coba hardware-hardware yang temen-temen punya di CPU yang lain. untuk memeriksa processor bisa coba tes prosesor pada CPU lain yang sejenis jika ingin memastikan apakah kerusakan terjadi pada processor.

Jika memang benar prosesornya error, sebaiknya temen-temen ganti dengan proccesor baru. Tetapi, jika prosesornya dapat berjalan dengan normal pada CPU lain, bisa dipastikan terdapat kerusakan pada motherboardnya. temen-temen bisa mendatangi jasa servis komputer untuk memperbaiki masalah tersebut atau kalau gak mau pusing-pusing mikirin komputer atau kepepet karena butuh menggunakan komputer secepatnya bisa membeli motherboard baru.

Sekian Tips Cara Memperbaiki Komputer Dengan Baik Dan Benar.
Semoga bermanfaat terima kasih ^_^

Baca Juga : MENGENAL KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER ATAU BAGIAN PERANGKAT KOMPUTER BESERTA FUNGSINYA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TROUBLEKIT : Cara Memperbaiki Komputer Dengan Benar dan baik"

Post a Comment