Cara Melihat Pemakaian Bandwidth Client Pada Mikrotik Dengan MRTG Graph

Cara melihat pemakaian bandwidth client - Halo sahabat blogger. Pada dasarnya, penggunaan umum mikrotik yang banyak orang ketahui yaitu hanyalah manajemen Bandwidth. Tetapi apakah kalian tahu bahwa mikrotik juga mempunyai fitur lainnya seperti misalnya melihat pemakaian bandwidth pada client per IP address, atau bisa juga melihat pemakaian interface tertentu pada mikrotik.

MRTG graph yang akan kita bahas Pada kesempatan kali ini yaitu mempunyai fungsi bermanfaat untuk monitoring bandwidth jaringan mikrotik dalam bentuk grafik, sehingga akan mempermudah para pengguna mikrotik untuk mengetahui ketika Kapan pemakaian bandwidth dari besar atau kecilnya, Yang pastinya hal ini akan sangat mempengaruhi dengan kecepatan internet yang kita gunakan.

Setelah kita selesai melakukan instalasi dan melakukan setting Mikrotik, biasanya Dengan begitu kita sudah dapat meninggalkan mikrotik tersebut dan membiarkannya berjalan begitu saja. Tetapi terkadang kita juga membutuhkan info pemakaian bandwidth internet di mikrotik. Tetapi jika kamu yang masih belum mengetahui cara monitoring dengan menggunakan MRTG graph, kamu dapat lihat tutorialnya di seperti di bawah ini.

Cara Melihat Pemakaian Bandwidth Client Pada Mikrotik Dengan MRTG Graph



1. Pertama kamu login terlebih dahulu di Winbox dengan menggunakan akun full Access.
2. Setelah itu pilih menu tool -> graphing
3. Di sana kamu akan menemukan interface rules, pada bagian tersebut kamu pilih interface yang nantinya akan digunakan. Kalau Saran saya sebaiknya kamu memilih semuanya/all saja agar nantinya kita dapat melihat pemakaian dari semua client yang ada pada mikrotik. Jika sudah selesai klik apply atau ok.
4. Dengan begitu nantinya kita akan melihat grafik jaringan dari pemakaian bandwidth internet pada mikrotik. Bagaimana caranya? Kamu dapat membuka web browser kemudian ketika buka IP address mikrotik/graph, atau Contohnya seperti berikut 192.168.2.1/graph. Kemudian kamu pilih interface yang akan kamu monitoring, dan nantinya akan muncul seperti gambar berikut :


Demikianlah cara melihat pemakaian bandwidth client yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan menggunakan cara ini dapat membantu kamu untuk memonitoring pemakaian Bandwidth yang ada pada mikrotik. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melihat Pemakaian Bandwidth Client Pada Mikrotik Dengan MRTG Graph"

Post a Comment