Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merubah Kualitas Video

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merubah Kualitas Video - Halo sahabat blogger, berbagi cerita sedikit ni masalah yang pernah saya alami tentang memperkecil atau meng-kompres video tanpa mengurangi kualitas dari video. pada waktu saya telah menggabungkan 4 video menjadi 1 video dengan menggunakan video editor adobe premiere. masing-masing dari video tersebut bisa saya hitung ukurannya masing-masing memiliki ukuran sebesar kurang lebih 20 MB. setelah di edit saya kira akan menjadi sekitar 80MB atau 100MB. tapi ternyata ukurannya malah menjadi 2GB lebih, pasti dong saya kaget awalnya di hitung-hitung kirain bakal 80-100MB tahunya jadi 2GB sangat jauh dari perkiraan gak kaya sinetron yang ceritanya bisa ditebak hehe

Kemudian saya sempat mencari cara kesana kemari untuk memberkecil ukuran dari video tersebut tanpa merubah kualitas videonya. setelah saya coba banyak cara ternyata pusing juga hehe. ada yang memang berhasil namun caranya ribet, tapi ketika masalah sudah selesai ternyata ada solusi yang cukup mudah yang dibagikan teman saya di facebook, yaitu memperkecil ukuran video dengan Handbrake. namun saya pun tidak berhenti sampai di situ saja, saya pun googling lalu mendownload dan mempraktekan apa yang teman saya bagikan di facebook karena saya berpikir cara ini mungkin bisa digunakan kembali nanti jika dibutuhkan.

Untuk anda yang mempunyai masalah hal yang sama, saya sarankan untuk menggunakan software Handbrake ini untuk memperkecil ukuran video tanpa menurunkan kualitas dari video, dan cara menggunakannya anda bisa lanjutkan membaca artikel ini.

Cara Memperkecil Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

1. Pertama anda harus mempunyai software handbrakenya terlebih dahulu, bisa di cari di download di situs resminya dengan cara copy dan paste link berikut : https://handbrake.fr/
2. Setelah di download anda install terlebih dahulu softwarenya, kemudian jalankan aplikasinya Handbrakenya.
3. Setelah Handbrake sudah terbuka, sekarang kita masukkan file yang ingin kita rubah atau kompres, dengan cara klik tombol Source dan pilih Filenya.


4. Untuk contoh kasus saya, seperti gambar di bawah saya akan mengkompres file yang berukuran 2GB yang saya sebutkan tadi.

5. Langkah berikutnya kita akan mementukan folder atau destinasi untuk video yang sudah kita kompres, untuk contohnya saya akan menyimpan hasil kompres videonya, dan  saya akan memberi nama file tersebut dengan Video Compress.mp4.


Selanjutnya kita atur video codec seperti gambar dibawah.


Jika sudah kita atur semuanya klik tombol start pada toolbar aplikasi.


Pada bagian ini anda hanya tingga menunggu hingga selesai. lama atau tidak nya tergantung dari komputer anda.


Setelah selesai, kita lihat video tersebutdi folder di folder destinasi yang kita setting tadi. dan anda akan melihat perbedaan yang sangat jauh berbeda antara ukuran kedua video dengan yang sebelumnya kita belum kompres.



Namun meskipun berbeda ukuran kualitas dari video tidak berubah, kualitas video masih dengan kualitas yang baik.
Demikian Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merubah Kualitas Video dari saya. Semoga bermanfaat.
Reactions

Post a Comment

0 Comments