Panduan Cara Membuat Jaringan Peer To Peer Di Windows 7, 8, 10 Dengan Wifi Adapter Laptop

Panduan Membuat Jairngan Peer to Peer - Sesuai judulnya pada kali kita akan menggunakan media transmisi wireless untuk pembahasan kali ini. dengan menggunakan wireless ini kita akan membuat jaringan peer to peer yang biasanya sudah ada pada laptop atau bantuan dari wifi adapter yang ada pada laptop.

Namun apa itu jaringan peer to peer? sedikit penjelasan singkat tentang pengertian jaringan peer to peer, jaringan peer to peer merupakan sebuah jaringan dimana setiap komputer dihubungkan dengan komputer lainnya tanpa ada kontrol yang terpusat yang akan berperan sebagai server murni. Pada komputer yang ada dalam satu jaringan peer to peer memberikan layanan yang bersifat sama, yaitu komputer client bisa menjadi komputer server dan begitu pula sebaliknya komputer server bisa juga menjadi komputer client.


Pada umumnya jaringan peer to peer ini sering dijadikan sebagai media sharing file atau pun sumber daya lainnya. sama halnya seperti dengan sharing file menggunakan kabel LAN antar komputer, namun kalau untuk menghemat tempat dan biaya kita bisa menggunakan cara ini untuk sharing file. namun dengan syarat untuk sharing menggunakan jaringan peer to peer ini kita harus menyediakan laptop atau komputer yang mempunyai wifi adapter. Namun sekarang tidak usah khawatir karena biasanya laptop jaman sekarang sudah disediakan wifi adapter dari produsen laptop itu sendiri.

Cara Membuat Jaringan Peer To Peer

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mulai dapat menggunakan jaringan peer to peer kita harus mengatur koneksi jaringan dari ad hoc. yaitu dengan cara masuk ke Netwotk and Sharing Center. Buka Control Panel -> Network and Sharing Center.


atau bisa juga dengan klik kanan pada icon network yang ada pada kolom kanan bawah dan pilih Network and Sharing Center.


2. Setelah itu akan kita akan melihat tampilan jendela baru, di sana kita pilih Set up a new connection or network


3. Lalu akan ada jendela baru, disana kita pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network seperti gambar berikut. lalu tinggal klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.



4. Pada bagian berikutnya kita akan mengisi nama jaringan dan password untuk akses masuk ke jaringan yang nanti akan kita buat. namun jika anda tidak ingin memberikan password untuk akses jaringan, kita hanya perlu memilih No Authentication (Open) pada bagian Security Type. Klik Next untuk melanjutkan.



5. Tungga hingga proses selesai, untuk lama atau tidaknya disesuaikan dengan kinerja adapter wifinya dan komputer atau laptop yang kita gunakan.



6. Jika sudah selesai berarti jaringan ad hoc pun sudah bisa kita gunakan.
7. Untuk mengetahui hasilnya bisa di lihat pada icon network yang ada di pojok kanan bawah, di sana akan muncul nama jaringan yang telah kita buat. koneksikan ke jaringan tersebut dan sharing file sudah bisa digunakan.

Bagaimana? mudah bukan cara membuat jaringan peer to peer di windows? Dengan ini sharing file akan menjadi lebih mudah dan tidak terlalu memakan waktu dan banyak biaya.
semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments