MENGENAL KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER ATAU BAGIAN PERANGKAT KOMPUTER BESERTA FUNGSINYA


Assalamualaikum.wr.wb

Pada artikel pertama saya ini saya akan coba membahas tentang mengenal komponen komponen komputer atau hardware komputer, namun sebelum kita beranjak lebih jauh tentang komputer pertama kita bahas dulu komponen-komponen komputer atau bisa disebut dengan hardware/perangkat keras komputer, karena di jaman sekarang ini anak-anak pun sudah mengenal komputer entah itu dari TV, sekolah ataupun warnet, kalau yang belum tahu kayanya harus sering maen ke warnet hehe
yosh lalu apa saja sih bagian-bagian perangkat dari komputer itu??

Kita mulai dari CPU singkatnya kalau panjangnya CENTRAL PROCESSING UNIT.
Didalam CPU kita akan menemukan beberapa bagian hardware/komponen dari komputer yaitu :

  • Casing 

Casing Merupakan bagian luar komputer yang berfungsi sebagai pelindung bagian dalam komputer atau bisa disebut baju dari komputer itu sendiri.
  • Motherboard
Motherboard yang juga disebut mainboard ini bagian komputer berupa papan dan bagian yang sangat penting. ko penting ?? karena motheboard bisa disebut sebagai penghubung hardware/perangkat komputer lainnya seperti system BIOS, Chipset (pengaturan koneksi input/output), RAM, VGA card,prcessor dan beberapa input tambahan sebagai pendukung komputer yang kana kita bahas berikutnya.

Baca Juga : Kerusakan Motherboard Dan Cara Memperbaikinya
Baca Juga : Cara Mengatahui Spesifikasi Motherboard Di PC Tanpa Membongkar CPU
  • Processor


Processor merupakan bagian otak dan pengendali dari komputer yang bekerjasama dengan perangkat lainnya. kecepatan processor diuku dengan heartz dalam hitungannya ada Mhz(Mega Heart) dan Ghz(Giga Heartz) processor yang semakin besar maka akan semakin cepat juga kinerja dari komputer yang kita gunakan.

Baca Juga : Tips Cara Mengoptimalkan Kemampuan Processor AMD jenis APU
  • RAM (Random Acces Memory)

RAM ( Random Acces Memory ) Seperti yang kita tahu dari namanya RAM berfungsi sebagai Tempat penyimpanan sementara. jadi ram hanya berfungsi menyimpan data program yang kita jalankan untuk sementara waktu ketika komputer kita menyala. dan juga dikarenakan bersifat sementara ram tidak memili kapasitas memori yang terlalu besar.

Baca Juga : Jenis-Jenis RAM Komputer Dan Fungsinya
Baca Juga : Cara Mengatasi Ram Komputer Yang Tidak Terbaca Oleh Komputer
Baca Juga : Cara Menambahkan Ram Laptop Dan Komputer Menggunakan Flashdisk

  • VGA card

VGA card (Video Graphics Accelerator)  adalah bagian komputer yang berperan penting untuk menampilakn apa yang ada dilayar kita/output proses untuk ke monitor. biasanya layar tidak akan menapilkan apa-apa jika slot VGA card tidak terpasang dikomputer karena VGA berfungsi debagai pengolah data grapish yang ditampilkan pada layar monitor kita kecuali jika VGA yang sudah terpasang dari produsen motherboard atau disebut VGA onboard. 

  • Harddisk Driver (HDD)

Harddisk adalah bagian yang memegang peranan sebagai penyimpanan data sekunder yang berisi piringan magnetis.
Berbeda dengan RAM, Hardisk menyimpan data secara permanen namun bisa kita akses kapan saja dan hardisk juga tempat dimana sistem operasi di simpan. untuk kapasitasnya sendiri berukuran sangan besar.

  • Power Supply


Nah ini Dia bagian yang super penting hehe
kenapa penting?? karena power supply berfungsi sebagai penyalur istrik untuk komputer kita, jadi kalau komputer tidak ada power supply komputer tidak akan menyala.
hitungan power supply di hitung dengan menggunakan satuan watt.
  • CD ROM/ DVD ROM


CD-ROM adalah sebuah piringan optik untuk membaca/memindahkan dari ke sebuah CD (compact disc). yang pada dasarnya digunakan untuk menginstal sebuah sistem oprasi. namun sekarang kebanyakan menggunakan flashdisk sih, hehe
  • Keyboard


Keyboard berfungsi sebagai alat untuk mengetikan sesuatu di komputer kita.
gak banyak yang bisa saya jelaskan dari keyboard ini, intinya saya menulis artikel ini pun menggunakan keyboar untuk membuat kata-kata wkwkwk
  • Mouse



Mouse berfungsi untuk mengendalikan atau memindahkan cursor yang ada di monitor.
sama halnya dengan keyboard saya gak bisa banyak yang bisa saya jelaskan pada bagian mouse hehe

  • Monitor

Monitor adalah output dari komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar. dan monitor pun beragam dari mulai resolusi gambar hingga warna sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna komputer



Nah sekian pembahasan kita kali ini mengenal komponen komponen komputer atau hardware komputer, lain kali kita akan membahas satu persatu komponen dari komputer dan mengatasi masalah yang biasa terjadi pada bagian-bagian tersebut.
semoga bermanfaat, Terima kasih :-)
Reactions

Post a Comment

0 Comments