Cara Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector dan Soft Bad Sector + Cara Merawat Hardisk Agar Tidak Terkena Bad Sector


Seperti yang saya janjikan pada artikel saya sebelumnya di artikel MENGENAL KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER ATAU BAGIAN PERANGKAT KOMPUTER BESERTA FUNGSINYA kita akan membahas tentang masalah yang biasa dialami oleh komponen-komponen komputer, untuk yang pertama kita akan membahas Hardisk.



Dalam kasus masalah hardisk ada yang namanya hardisk BAD SECTOR DAN SOFT BAD SECTOR.
Apa yang biasanya terjadi dengan hardisk yang mengalmi masalah tersebut??
biasanya hardisk yang mengalami bad sector terdapat kerusakan yang dapat mengakibatkan kegagalan OPERATING SYSTEM atau disebut OS, contohnya gagal booting atau komputer tidak menyala seperti biasanya dikarenakan hardisk tersebut terkena bad sector.
dan tentu saja hal itu sangat merugikan dan menghambat pekerjaan kita dan terlebih lagi kita tidak bisa membuka file atau data penting di dalam hardisk kita.

Sebelum kita membahas Cara mengatasi hardisk yang terkena BAD SECTOR DAN SOFT BADSECTOR kita harus tahu dulu apa itu BAD SECTOR DAN SOFT BAD SECTOR.

Cara Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector dan Soft Bad Sector


  • BAD SECTOR

Hardisk yang terkena bad sector tidak dapat diperbaiki dikarenakan terjadi kerusakan fisik hardisk tersebut, penyebab dari masalah tersebut bisa diakibatkan karena terjadinya head crash pada hardisk, dimana terjadi satu gesekan pada platter yang berakibat kerusakan permanen pada hardisk.



  • SOFT BAD SECTOR
Hardisk yang mengalami soft bad sector tentu berbeda dengan bad sector, soft bad sector masih bisa diperbaiki dengan cara yang bisa dilakukan tanpa software tambahan atau dengan kata lain bisa dilakukan dengan sotfware bawaan dari windows/OS komputer tersebut dengan "CHKDSK"


Berikut penjelasan singkat cara mengatasi soft bad sector dengan "CHKDSK"



1. Masuk ke windows explore atau bisa tekan tombol ( windows + E pada keyboard )

2. lau Klik kanan pada partisi atau disk yang akan kita perbaiki lalu pilih properties.



3. Pada tab pilihan tools lalu kita memilih pilihan check now



4. Pilih/ceklis pada check disk option seperti gambar berikut lalu pilih start




5. Selanjutnya tinggal kita tunggu proses perbaikan hingga selesai, oh iya ketika proses sedang berlangsung disarankan agar tidak menggunakan komputer agar proses tidak terganggu, 1 pesan penting orang sabar di sayang tuhan :v

Dan yang selanjutnya cara agar hardisk kita tidak terkena bad sector


1. Kita harus memastikan suhu yang ada pada computer agar terjaga suhunya pada suhu dingin suhu normal. sebuah computer biasanya maksimal 45 sampai 48 derajat, dan bisa dilihat pada sistem bios. diusahakan jangan melebihi susu tersebut dikarenakan dapat mengakibatkan overheat.

2. Matikan komputer dengan benar jangan sampai memutuskan aliran listrik pada komputer kita secara mendadak.

3. Gunakan power supply yang memiliki kualitas yang bagus, mahal dikit gak apa-apa kayanya daripada hardisk dan file yang ada didalam hardisk tidak terselamatkan :-( hehe

4. Jangan sampai hardisk terkena benturan fisik dengan keras karena dapat mengakibatkan kerusakan pada hardisk.

5. Instal antivirus pada computer kita dan selalu update anti virus tersebut untuk menghindari serangan malware-malware baru.

6. Yang terakhir gunakan disk fragment dalam waktu yang berkala, untuk yang belum tahu disk fragment kita akan bahas pada pembahasan selanjutnya ya ;-)

Sekian tips singkat yang bisa saya bahas tentang cara memperbaiki hardisk yang terkena bad sector dan soft bad sector untuk kali ini, terus ikuti blog ini ya untuk dapatkan info komputer tebaru.
Terima kasih :-)
Reactions

Post a Comment

0 Comments