Cara Mengatasi Wifi Yang Tidak Terdeteksi Di Laptop


Beberapa waktu lalu saya diminta teman saya untuk membetulkan masalah Wifi Yang Tidak Terdeteksi di laptop teman saya, yang secara otomatis tidak akan terkoneksikan dengan internet. setelah saya otak-atik dari laptop tersebut ada beberapa penyebab wifi pada laptop tidak bisa mendeteksi, saya juga tidak bisa menyimpulkan apa masalah sebenarnya. tapi sebelumnya teman saya mengeluh apakah laptopnya yang rusak atau jaringannya yang tidak sampai, namun dia juga berkata kalau masalah jaringan pasti sudah bisa terdeteksi karena dia mendekati asal dari sinyal koneksi wifi tersebut, dengan begitu kita bisa menyimpulkan bahwa ada masalah dengan laptopnya.

Sebenarnya cara mengatasi wifi yang tidak mau konek dengan internet pada laptop yang menggunakan sistem operasi windows 7 tidaklah begitu sulit. hanya saja kadang-kadang hal seperti ini yang biasanya akan menyusahkan kita di saat kita benar-benar membutuhkan koneksi internet dari jaringan WIFI. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mencoba hal berikut.

Baca Juga : Cara ganti password wifi indihome huawei hg8245a

Untuk pertama kali kita akan mengatasi masalah wifi yang tidak mau terkoneksi ini kita harus memperhatikan 2 faktor ini

1. Sebelum kita memeriksa apa penyebab dari hal ini apakah itu laptop atau jaringannya kita pastikan dulu kita sudah ada pada dalam jangkauan area wifi. dari faktor ini kita akan melihat apakah mungkin memang kita tidak berada pada jangkauan jaringan. atau bisa jadi karena ruangan yang anda gunakan tertutup sehingga menyebabkan jaringan wifi tidak bisa menjangkau masuk ke dalam ruangan anda.

2. Dan jika memang jaringan dari wifi tersebut normal atau dekat dengan anda dan terkoneksi pada perangkat lain baru kita bisa memeriksa untuk faktor lain sebagai penyebab wifi internet yang tidak terdeteksi pada laptop anda.

Cara Mengatasi Wifi Yang Tidak Terdeteksi Internet

Jika kedua faktor sudah pernah anda coba, berarti koneksi jaringan normal dan masalahnya ada pada laptop kita. berikut beberapa cara dan langkah mengatasi wifi yang tidak terdeteksi di windows 7.

Cara Ke 1 : Memeriksa Driver Pada Laptop

  • Periksa apakah driver WIFI pada laptop anda sudah di instal dengan benar dan sesuai dengan laptop anda. Dan jika terdapat tanda seru berarti wirelles adapter anda bermasalah.
  • Untuk memeriksa driver yang ada pada laptop anda bisa masuk ke Device Manager dengan cara klik menu Start -> Control Panel -> Device Manager -> Network adapter. coba anda periksa di bagian Network Adapter apakah ada masalah terdapat tanda seru atau apakah sudah terinstal dengan baik. Jika tidak ada masalah sama sekali dan sudah terinstal dengan benar anda bisa lanjut ke cara no 2
Cara Ke 2 : Hidupkan Wifi Internet Laptop

  • Untuk cara ke 2 ini sebenarnya bisa terjadi karena kita lupa atau bisa saja kita lupa menyalakan wifi pada laptop anda. untuk cara menghidupkan wifi pada laptop akan berbeda-beda caranya sesuai dengan setelan pabrik dari laptop itu sendiri, seperti laptop axio yang saya gunakan untuk menghidupkan wifi hanya tinggal menekan Fn+10. untuk laptop lain biasanya tombol Fn+tombol yang ada logo pemancar wifi. dan biasanya akan langsung aktif.
Cara ke 3 : Turn Wireless On Pada Windows Mobility Center

Jika masalah masih belum teratasi, anda bisa menggunakan cara satu ini :

  • Pertama kita akan masuk ke control panel. agar lebih jelas rubah pada bagian View By menjadi Large Icon, agar lebih jelas.
  • Berikutnya kita akan memilih Windows Mobility Center
  • Jika sudah masuk anda akan melihat Pada bagian wifi atau wireless dalam status wireless off, untuk meng-aktifkan wireless anda hanya perlu klik Turn wireless on. seperti gambar berikut

  • Jika sudah memilih Turn wireless on silahkan anda coba gunakan laptop anda untuk menggunakan koneksi internet.
Sekian pada perjumpaan kita kali ini pada artikel Cara Mengatasi Wifi Interet Yang Tidak Terdeteksi Di Laptop. Jika cara di atas sudah anda lakukan dengan benar masalah wifi ini pasti terselesaikan. Namun harus di ingatkan masalah wifi yang kita bahas pada kali ini adalah wifi secara teknisnya saja, berbeda dengan kasus jika masalahnya terdapat pada hardware yang ada pada laptop.
Terima kasih, semoga bermanfaat ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments