Cara Membuat System Restore Point Pada Windows 10



Halo sahabat blogger troublekit, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat Membuat system restore point di windows 10.
Sebelumnya saya akan jelaskan sedikit manfaat dari system restore point. system restore point berguna ketika sistem operasi yang kita gunakan mengalami kerusakan atau error. sehingga memungkinkan kita untuk mengembalikan sistem konfigurasi sistem operasi pada keadaan sistem operasi tersebut pada saat kondisi semula atau pada saat komputer masih berjalan dengan normal.

Kapan Seharusnya Kita Membuat Restore Point??
Kalau saya sendiri biasanya membuat restore point pada saat komputer dalam keadaan yang prima, Misalnya kita bisa membuat restore point sesudah intall ulang komputer, atau ketika komputer sedang tidak mengalami kerusakan system. di dalam restore point terdapat settingan dari sistem file, driver, dan registry file. maka dari itu ketika saat kita mengalami kerusakan sistem terhadap komputer kita, kita bisa mengembalikan settingan tersebut dan kinerja komputerpun akan kembali seperti ketika kita membuat system restore point tersebut.

Apa Saja Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Membuat System Restore Point


  • Langkah pertama kita buka System Properties kemudian klik "System protection", kalau temen-temen kesulitan mecarinya di windows 10 ini untuk mencarinya bisa lebih mudah lagi, dengan cara klik menu start lalu ketikkan "SystemPropertiesProtection" seperti contoh gambar dibawah.
  • Setelah itu akan muncul tab seperti berikut :

  • Jika sebelumnya bagian ini belum di utak-atik maka secara default akan status dari drive protection adalah off, sehinggal perlu di konfigurasi kembali untuk mengaktifkannya, dengan cara klik pada "Configure" lalu klik turn on pada pagian "Turn on system protection", untuk max usage itu adalah kapasitas dari penyimpanan system restore point, kita atur tidak usah terlalu besar cukup sekitar 10-15% saja. jika selesai klik "OK".


  • Setelah mengatur untuk pengaktipan disk dan kapasitasnya kemudian klik "Create", dan beri nama untuk restore point tersebut agar mempermudah kita mengingatnya misal "Restore Point Install Ulang".

  • Setelah itu pembuatan restore point akan di proses. tunggu hingga proses selesai.

Selamat temen-temen sudah membuat system restore point windows 10.
Jika suatu saat sistem pada komputer mengalami masalah, temen-temen bisa coba gunakan system restore untuk pengembalikan konfigurasi semula. :-)
Terima kasih semoga pembelajaran kita kali ini memberikan manfaat ^_^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat System Restore Point Pada Windows 10"

Post a Comment