Tips Cara Memperpaiki Keyboard Laptop Yang Sedang Bermasalah


Keyboard adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam menggunakan suatu komputer yang berfungsi untuk mengetik dan melakukan apa saja yang biasa digunakan untuk keperluan kita menggunakan lapatop. Disaat keyboard pada laptop sedang bermasalah biasanya kita tidak akan bisa melakukan kegiatan seperti biasanya, karena jika kita sedang mengerjakan sesuatu dengan laptop tanpa adanya keyboard laptop tersebut tidak akan ada gunanya kalau tidak ada keyboard. misalnya untuk masuk laptop anda perlu memasukan password yang hanya bisa diketikkan dengan keyboard pada laptop tersebut. pasti gak bakal bisa masuk kalau kejadiannya kaya gitu hehe

Untuk itulah Troublekit.blogspot.co.id di buat, belajar bersama memecahkan suatu masalah hehe
Mungkin jika anda sering menemukan masalah pada keyboard laptop ada beberapa tips langkah yang anda bisa lakukan untuk mengatasinya.

1. Dengan Cara Perbaiki Driver Keyboard

Driver Keyboard yang tidak pernah diperbarui / tidak update dan driver keyboard yang mengalami gangguan dari program lain juga bisa menjadi salah satu penyebab dari fungsi keyboard yang tidak bekerja dengan baik. untuk mengatasi hal ini anda cukup masuk ke "device manager" untuk memastikan hal tersebut. untuk masuk ke device manager anda bisa mengikit langkah berikut : Buka "control panel" -> klik "system security" -> di sana akan ada "device manager".

Jika sudah masuk akan ada di sana akan banyak sekali driver-driver yang terpasang di laptop / komputer kita. karena kita akan memastikan keadaan keyboard tentunya kita harus mencari keyboard pada menu driver tersebut, jika anda sudah menemukan driver keyboard dan menemukan tanda peringatan "segitiga kuning" maka sudah bisa dipastikan kalau driver keyboard kita sedang mengalami masalah. untuk mengatasi bisa langsung update atau reinstall driver tersebut, dan jika masih mengalami masalah anda bisa langsung ke situs web resmi dari produsen laptop yang anda miliki.

2. Membersihkan Kotoran Yang Ada Di Keyboard Laptop

Cara pertama adalah dengan cara membersihkan kotoran-kotan yang masuk ke dalam keyboard laptop anda, hal itu memang sering menjadi masalah karena kotoran tersebut kadang bisa menghambat kinerja atau fungsi dari keyboar tersebut.
kotoran-kotoran ini biasanya debu ataupun sisa-sisa makanan yang masuk ke dalam keyboard. untuk membersihkannya bisa dengan cara meiringkan laptop sambil di goyang secara lembut.
Atau anda bisa membeli pembersih keyboard laptop yang biasanya ada di klinik-klinik komputer.
Untuk memastikan fungsi dari keyboard laptop tersebut normal, bisa anda gunakan kemudian cek semua fungsi dari tombol-tombol pada keyboard. jika masalah bellum bisa teratasi anda bisa lakukan cara kedua untuk mengatasi masalah keyboard.

3. Dengan Cara Restart Laptop

Permasalahan Pada yang biasanya terjadi pada keyboard laptop berikutnya adalah tidak adanya respon dari semua tombol keyboard. Jika hal tersebut terjadi biasanya yang jadi penyebabnya ada pada driver software / perangkat lunak anda. maka dari itu jika anda mengalami hal seperti yang saya katakan tadi coba anda restart laptop kembali. biasanya jika penyebabnya hanya dari software saja yang mengalami error keyboard laptop akan bekerja dengan normal kembali.

4. Dengan Cara Me-Restore Sistem / system restore

Tidak berfungsinya keyboard pada laptop bisa juga terjadi karena pemasangan aplikasi baru yang menybabkan perubahan pengaturan pada laptop. Jika anda pernah memasang aplikasi kemudian anda mengalami masalah pada keyboard anda bisa di coba untuk melakukan system restore pada laptop. untuk masuk ke system restore anda tinggal masuk melalui "tombol start" -> kemudian klik "back up your computer".

Baca Juga : Cara Membuat System Restore Point Pada Windows 10

Kemudian klik pada menu "recover system settings or your computer" -> lalu klik "open system restore". untuk selanjutnya hanya tinggal ikuti langkah-langkah mudah berikutnya sesuai instruksi. jika proses restore system berhasil restart laptop anda.

Baca Juga : Cara Masuk Ke System Restore Dan Melakukan System Restore Windows 10

5. Perbaiki ke Tempat Servis

Cara selanjutnya perbaiki ke tempat service. apa boleh buat jika semua cara sudah dilakukan dan tidak berhasil kita harus membawanya ke tempat service. karena mungkin masalahnya bisa saja pada hardware pada laptop kita, di sana laptop akan di perbaiki oleh tenaga propesional yang akan memperbaikinya. untuk masalah hardware saya tidak menyarankan untuk anda yang belum berpengalaman coba perbaiki di rumah takutnya "Terima bongkar, tidak terima pasang" hehehe

Itulah beberapa tips dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk temen-temen yang sedang mengalami error pada keyboard laptopnya.
Terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments