Cara Mengetahui Aplikasi Yang Menghabiskan Banyak Baterai Di Windows 10

Cara Melihat Aplikasi Yang Menguras Banyak Baterai - Assalamualaikum Wr.Wb, Halo sahabat blogger pada kali ini kita akan membahas tentang cara mengetahui aplikasi apa saja yang menguras baterai pada laptop di Windows 10, sebelum kita ke pokok permasalahan kita akan membahas terlebih dahulu tentang battery use. Apa itu battery use? Battery use adalah sebuah fitur yang dimiliki oleh Windows 10, dimana fitur ini yang akan menunjukkan penggunaan baterai dari laptop yang kita gunakan. Jadi kita akan dapat mengetahui aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan baterai di laptop. Fitur ini juga merupakan bagian dari battery saver, awal mula fitur ini asalnya berasal dari Windows Phone, namun setelah Windows 10 dirilis fitur ini menjadi bagian dari desktop Windows 10.

Cara menemukan fitur battery use


Dikarenakan fitur ini yang hanya ada di Windows 10 dan belum ada pada versi Windows yang sebelumnya, sehingga kita tidak akan bisa menemukannya pada control panel, terkecuali kemungkinannya pada versi windows update-an terbaru. Nah kalau tentang letak dari fitur ini, fitur ini berada pada aplikasi setting.
Dengan cara klik start->setting->battery saver Anda akan menemukan fitur battery saver ini. Atau kalau yang lebih mudahnya lagi Anda bisa ketikan Battery Saver pada pencarian menu start.


Setelah jendela setting muncul, pada bagian kolom kanan Battery saver disana kita akan melihat fitur battery use.

Menganalisa penggunaan daya


Pada bagian ini kita akan menganalisa dari penggunaan baterai yang kita gunakan dari waktu sebelumnya. Disini kita dapat menganalisa dari penggunaan baterai dalam rentang waktu 24 jam hingga 1 minggu terakhir.
Pada gambar berikut kita bisa melihat persentase penggunaan dari system, display, dan penggunaan dari wifi. Dari gambar berikut kita bisa lihat seberapa banyak baterai yang habiskan dari penggunaan sistem, display, dan WiFi.


Di sana kita juga akan melihat In use dan juga background, yang akan menunjukkan Berapa banyak dari penggunaan daya pada aplikasi yang sedang berjalan atau digunakan, dan juga. Penggunaan daya yang berjalan pada latar belakang.

Agar baterai kita tidak cepat habis kita dapat menonaktifkan aplikasi apa saja yang berjalan pada background dengan klik pada bagian change background app setting. Kemudian kita lihat kira-kira aplikasi apa saja yang mungkin tidak kita perlukan. Jika kita sudah mengetahui aplikasi apa saja yang tidak kita perlukan nonaktifkan aplikasi tersebut karena hal ini akan sangat membantu untuk menghemat baterai pada laptop.


Pada jendela bagian battery use Scroll kebawah dan kita akan menemukan bagian yang paling penting, disana kita akan menemukan daftar dari aplikasi yang berjalan atau yang kita gunakan, dan juga akan menampilkan persentase penggunaan baterai dari setiap aplikasi.

Jika sebuah aplikasi tidak muncul pada bagian ini, sudah dipastikan bahwa aplikasi tersebut tidak digunakan di dalam periode waktu tertentu, sehingga tidak mempengaruhi dari penggunaan daya baterai. Untuk daya baterainya kita bisa melihat dari persentase yang bisa dilihat pada angka-angka disamping aplikasi tersebut.


Jika anda ingin melihat detail lebih jauh tentang penggunaan daya baterai yang digunakan, Anda bisa ditilang dengan cara mengklik aplikasi tersebut. Contohnya kita akan melihat penggunaan daya dari Windows Media Player atau mungkin aplikasi lainnya yang ingin kalian ketahui, tujuan kita melihat dari penggunaan daya tersebut pastinya tentu saja kita akan melihat persentase dari penggunaan system, display, dan WiFi yang saat berjalan ataupun pada background.



Pada beberapa aplikasi di Windows 10 Mungkin kalian akan melihat kata "allowed". Contohnya seperti aplikasi search, store, photo, setting, dll. Hal itu yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut telah diizinkan untuk berjalan pada background. Jika kalian ingin menonaktifkan aplikasi tersebut, pada beberapa aplikasi kita akan menemukan "details", nah pada bagian tersebut kita bisa mencabut izin dari aplikasi untuk berjalan pada background, sehingga aplikasi tersebut tidak akan berjalan lagi pada background.


Dengan adanya fitur ini akan sangat membantu kita untuk mengetahui aplikasi yang paling banyak menguras baterai pada laptop. Karena kita juga bisa mengetahui aplikasi apa saja yang sedang kita gunakan dan aplikasi yang berjalan pada background. Dan juga kita bisa mencabut izin dari aplikasi tersebut untuk berjalan pada background.

Kalau saya sarankan Anda bisa menurunkan dari kecerahan layar untuk menghemat dari penggunaan baterai.

Sekian pembahasan kita pada kali ini tentang Cara Mengetahui Aplikasi Yang Paling Banyak Menghabiskan Baterai pada laptop di windows 10. Terima kasih semoga artikel kali ini bisa membantu sahabat agar baterai laptopnya tidak cepat habis.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Reactions

Post a Comment

0 Comments